Android Apps – Astro File Manager: Menjelajah Perangkat Android

Reading time:
November 20, 2011

Setiap produsen handphone atau tablet yang menggunakan Android sebagai platform biasanya tidak pernah menyertakan aplikasi untuk menjelejahi produknya. Menjelajah yang dimaksud di sini adalah mengatur, mengedit, menghapus, atau melihat isi dari perangkat Anda layaknya pada sebuah desktop dengan Windows Explorer.

pERTAMA

Melihat kebutuhan ini, kami mencoba untuk mereview sebuah aplikasi bernama Astro File Manager yang memiliki kemampuan untuk meng-eksplore isi dari perangkat Android Anda. Dengan kemampuan yang menarik dan tentunya tersedia gratis, Anda dapat melakukan berbagai hal untuk me-manage data, baik yang berada pada internal atau eksternal memory.

Platform SonyEricsson Xperia X10 Mini Pro

Procesor : 600 MHz

Ram : 160 MB

Network : HSDPA, WiFi

Bluetooth : 2.0 A2DP

GPS : AGPS Support

Display : 240 x 320 Touchscreen

OS : Eclair 2.1.1

Instalasi

Astro File Manager adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi management file yang berada pada Android Market. Apps ini dapat didownload secara langsung tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun. Dengan kapasitas file yang tidak terlalu besar, software ini tidak akan banyak terlalu banyak memakan ruang internal memory yang tersisa pada perangkat Android Anda. Sementara untuk proses instalasi aplikasi ini berlangsung tanpa ada masalah dan tidak perlu untuk me-root perangkat Android.

Feature

Dari sekian banyak software file management yang ada, ketertarikan kami pada aplikasi ini menyangkut dengan feature yang ditawarkan oleh Metago. Pada Astro File Manager, kami menemukan berbagai hal menarik yang dapat memudahkan Anda untuk mengatur atau me-manage file-file baik yang berada pada internal atau eksternal memori. Berikut beberapa feature yang disertakan :

Standar fungsional – sebagaimana layaknya explorer lainnya yang memiliki standar pengoperasian seperti membuat folder baru, mengedit nama folder, menghapus folder, copy dan paste file atau folder, dan lainnya. Software ini juga memiliki fungsional tersebut dan dapat berjalan dengan lancar tanpa ada masalah yang mengganggu.
Standard Feature

Search – Astro Explore memanjakan penggunanya untuk mencari berbagai file yang telah disimpan dalam memori internal dan eksternal perangkat Android Anda. Proses searching dengan menggunakan software ini cukup cepat. Tidak semua explorer manager memiliki fungsional ini untuk membantu proses pencarian.

View Method – Bila Anda merasa tampilan dengan thumbmail mengganggu dan kurang efisien untuk mata, Anda dapat menggantinya menjadi list view. Fungsi ini sangat mirip dengan Windows Explorer yang berada pada desktop pc.

Preference – Untuk setting lebih lanjut Anda dapat memasuki menu preference yang telah tersedia. Di sini beberapa setting seperti Home Directory, Cache, Home Icon, dan beberapa hal lainnya dapat disesuaikan dengan keinginan dengan cara yang lebih mudah.
Preference

Extention – Kemampuan ini merupakan salah satu unggulan dari Astro. Berbagai ekstensi yang telah didukung dapat diedit atau ditambahkan sesuai dengan dukungan yang telah diberikan aplikasi ini.

Sort – Untuk merapikan tampilan dan memudahkan Anda membaca file, aplikasi ini menyediakan fasilitas sort baik itu ascending atau descending. Pengurutan ini disesuaikan dengan type, nama file, tanggal, atau ukuran file.

Sort

Selain dari apa yang telah ditawarkan di atas, beberapa feature tambahan yang dapat membantu Anda mempermudah memanage file pada perangkat tersedia dan dihadirkan dengan baik dalam utility ini. Untuk mempertahankan aplikasi agar tetap dinikmati tanpa mengeluarkan bayaran, pihak developer menyertakan komersial ads pada bagian bawah utility ini.

Pengujian

Dengan paduan warna yang tepat, mata Anda dapat menikmati program ini dengan nyaman. Pada bagian atas terdiri dari sederetan tool yang siap dipergunakan dan dapat disliding ke kanan atau ke kiri. Sementara di bagian tengah merupakan isi dari device. Pada bagian bawah dapat Anda lihat sebuah komersial ads.

Ketersedian beberapa tool tambahan merupakan nilai lebih yang jarang dimiliki oleh para pesaingnya, selain itu aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk multi selected file dengan beberapa aksi seperti copy, paste, edit, delete, dan lain sebagainya.

Dengan bantuan Bluetooth, software ini dapat membuat sebuah jaringan mini antar handphone. Kemampuan lainnya yang cukup mengesankan adalah tersedianya aplikasi pembuka atau pembuat zip file yang mendukung ekstensi file tar dan rar.

Network

Untuk sebuah file manager, Astro File Manager memang patut mendapatkan dua jempol akan feature dan kinerjanya. Aplikasi ini juga mampu membuat sebuah backup file. Kelebihan yang jarang dimiliki oleh para pesaingnya.

zIP

Support

Metago sebagai pihak developer mengklaim bahwa Astro File Manager merupakan salah satu aplikasi terbaik dari sepuluh aplikasi yang paling banyak diunduh oleh pengguna Android. Aplikasi ini menyediakan support pada situs resminya di http://support.metago.com/. Anda tidak perlu ragu untuk mengunjungi situsnya bila mengalami kesulitan dengan utility ini.

sUPPORT

Kesimpulan

Bila Anda membutuhkan sebuah aplikasi file manager untuk mengatur file-file yang berada pada perangkat Android, maka tidak ada salahnya melirik aplikasi ini. Walaupun dilengkapi dengan feature yang sangat mumpuni oleh Metago, aplikasi ini tetap tersedia secara gratis.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…