LOGO
,

Arsitektur dan Teknologi Terbaru dalam Prosesor Intel Sandy Bridge-E dan Chipset X79

Part: 1 2

Sudah tiga tahun berlalu sejak Intel memperkenalkan platform kelas enthusiast mereka yang menggabungkan prosesor Intel Core i7 9xx dan motherboard chipset Intel X58. Platform ini memang bertahan cukup lama karena walaupun tidak memperkenalkan chipset terbaru selama tiga tahun, hanya di kelas inilah Intel merilis prosesor six-core mereka dengan codename Gulftown.

Kini Intel kembali memperkenalkan platform kelas enthusiast terbaru mereka yang dilengkapi prosesor dengan arsitektur terbaru, chipset model terbaru, dan tentu saja setumpuk feature dan teknologi terbaru lainnya. Mari kita lihat lebih jauh apa saja yang ditawarkan Intel untuk pengguna di platform kelas enthusiast terbaru mereka.

Arsitektur Sandy Bridge-E

Prosesor Intel Sandy Bridge-E menggunakan arsitektur prosesor teranyar yang dimiliki Intel yaitu Sandy Bridge. Arsitektur yang juga digunakan pada prosesor “Intel Core i” kelas mainstream seperti Core i7 2700K dan beberapa tipe turunannya.

Gambar di atas adalah wujud die prosesor Intel Sandy Bridge-E. Jika diperhatikan baik-baik, terdapat hal unik di gambar di atas. Prosesor Intel Sandy Bridge-E ternyata memiliki delapan buah core prosesor. Walaupun begitu, tipe prosesor Intel Sandy Bridge-E di kelas desktop hanya memiliki maksimal enam buah core prosesor. Untuk versi delapan core hanya tersedia di kelas server.

Sandy Bridge-E dibangun dengan menggunakan 2,27 miliar transistor. Intel menggunakan proses 32 nm untuk menempatkan keseluruhan transistor ke dalam die prosesor berukuran 435 mm2. Kotak besar di tengah die prosesor adalah L3 Cache dengan ukuran 15 MB. Untuk ukuran L1 Cache Data, L1 Cache Instruction, dan dan L2 Cache adalah 32 KB, 32 KB dan 256 KB untuk setiap core prosesor, sama seperti prosesor Intel Sandy Bridge kelas mainstream.

Di gambar die prosesor di atas, kita tidak menjumpai adanya unit GPU yang berarti prosesor Intel Sandy Bridge-E tidak memiliki graphics card terintegrasi, Intel HD Graphics. Ini berarti feature Intel Quick Sync yang berguna untuk mempercepat proses transcoding video absen di platform ini.

Berbeda dengan prosesor Intel six-core generasi sebelumnya ataupun prosesor Intel Sandy Bridge kelas mainstream, kontroler memori di Sandy Bridge-E kini mendukung konfigurasi quad-channel memory. Tipe memori yang didukung adalah DDR3 dengan kecepatan memori hingga 1600 MHz.

Selain peningkatan di kontroler memori, Intel pun melakukan peningkatan di kontroler PCI Express. PCI Exprees di prosesor Intel Sandy Bridge-E kini mendukung bandwidth sebesar 8 GT/s atau sesuai dengan spesifikasi PCI Express 3.0. Jumlah jalur PCI Express yang tersedia adalah sebanyak 40 buah. PCI Express 3.0 menawarkan bandwidth dua kali lipat lebih besar dibandingkan PCI Express 2.0.

Tipe Prosesor Sandy Bridge-E

Intel telah mempersiapkan tiga tipe prosesor Intel Sandy Bridge-E, yaitu Core i7 3960X, Core i7 3930K, dan Core i7 3820. Saat ini, baru dua tipe pertama yang dapat ditemukan di pasaran. Untuk tipe terakhir diperkirakan baru tersedia pada kuartal awal tahun 2012.

Intel Core i7 3960X merupakan tipe teratas sekaligus tercepat dan diposisikan untuk menggantikan prosesor Intel six-core generasi sebelumnya, Core i7 980X dan Core i7 990X. Prosesor ini memiliki clock speed sebesar 3.3 GHz (Turbo: 3.9 GHz) dengan ukuran L3 Cache sebesar 15 MB. Pengguna bisa mendapatkan prosesor ini dengan harga $990 per seribu unit.

Dijual dengan harga $435 lebih rendah dibandingkan Core i7 3960X terdapat Core i7 3930K. Prosesor ini memiliki clock speed sebesar 3.2 GHz (Turbo : 3.8 GHz) dengan ukuran L3 Cache sebesar 12 MB.

Dibandingkan kedua tipe pertama yang merupakan prosesor six-core, Core i7 3820 merupakan prosesor quad-core. Prosesor ini memiliki clock speed sebesar 3.6 GHz (Turbo: 3.9 GHz) dengan ukuran L3 Cache sebesar 10 MB. Belum ada kepastian harga untuk prosesor ini.

Gambar di atas merupakan kemasan prosesor Intel Sandy Bridge-E. Kemasan berwarna hitam digunakan untuk tipe Core i7 3960X.

Overclocking

Pada prosesor Intel Sandy Bridge kelas mainstream, meng-overclock prosesor menjadi hal yang hampir mustahil dilakukan. Menaikkan BCLK (Base Clock) sedikit saja dapat mengakibatkan clock komponen lain seperti PCIe dan SATA berubah yang mengakibatkan kerja komponen terganggu. Cara lain meng-overclock adalah dengan menaikkan multiplier prosesor namun cara ini hanya bisa dilakukan pada prosesor Intel seri “K”.

Pada prosesor Intel Sandy Bridge-E, Intel memberikan perubahan pada cara meng-overclock prosesor yaitu adanya pilihan untuk mengubah multiplier BCLK. Nilai dasar BCLK sebesar 100 MHz dapat dikalikan dengan multiplier BCLK dengan besaran 1.0x (100 MHz), 1.25x (125 MHz), 1.66x (166 MHz), atau bahkan 2.5x (250 MHz).

Selain itu prosesor Intel Sandy Bridge-E juga dilengkapi nilai multiplier yang tidak dikunci. Pada Core i7 3960X dan Core i7 3930K nilai multiplier maksimal adalah 57. Sedangkan pada Core i7 3820 nilai multiplier maksimal adalah sebesar 43.

Part: 1 2

Comments

  1. iVVeL says:

    ayow
    si merah!!!
    jangan sampai ketinggalan sama intel
    h0h0h0h0h0

  2. TyranT says:

    Ternyata ada core yang tidak dipakai… Kalo sabar nunggu yang full core aja mah. :-p

  3. puri tomang foto says:

    uuuhhhh…….. cakap sekali neh mobo keren2 bro,,,,,, ngiler.com

  4. […] telah menyajikan preview singkat prosesor terbaru Intel yaitu Sandy Bridge-E. Kami bahkan telah menguji sedikit kemampuan overclocking prosesor ini di kecepatan 5 GHz!! […]

  5. sb says:

    sekali2 beli yg bener2 high end kan oke jg, make 6 tahun jg rasanya kinerja ga ketinggalan

  6. […] telah menyajikan preview singkat prosesor terbaru Intel yaitu Sandy Bridge-E. Kami bahkan telah menguji sedikit kemampuan overclocking prosesor ini di kecepatan 5 GHz!! […]

Random Articles
Back to Top