LOGO

Bermain Game dengan Sony Ericsson Xperia Play

Part: 1 2

Perkembangan ponsel sebagai produk teknologi komunikasi memang kian mengagumkan. Jika di masa lalu ia hanya diandalkan sebagai perangkat bicara jarak jauh yang efektif, kini ponsel tampil sebagai sebuah perangkat terintegrasi yang mumpuni. Ponsel, khususnya smartphone, yang diperkuat dengan sistem operasi memuat beragam fungsi krusial bagi kehidupan manusia modern saat ini. Tidak hanya untuk meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan, namun juga menyediakan  pengalaman yang lebih menyenangkan lewat fungsi multimedia yang kaya. Salah satunya adalah video game.

Spesifikasi smartphone yang kian bertenaga dari masa ke masa membuat perangkat ini tak ubahanya sebuah komputer mini dalam genggaman. Dengan dukungan kekuatan di balik komponen yang membangunnya, beragam fungsi multimedia yang dahulu mustahil dapat dilakukan dengan ponsel seperti bermain video game menjadi mungkin untuk dilakukan. Kita tidak hanya membicarakan game dengan visualisasi dua dimensi, tetapi juga dunia yang dibangun dari model tiga dimensi. Beberapa bahkan mampu menampilkan kualitas yang lebih baik daripada konsol game di generasi pendahulu. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak perusahaan ponsel yang mulai melirik fungsi ini sebagai nilai utama yang hendak dijual. Salah satunya adalah Sony Ericsson.

Menggabungkan ponsel dan gaming memang bukanlah sebuah konsep yang baru di industri ini. Nokia asal Finlandia pernah mencoba melakukanya lewat serangkaian ponsel bertajuk N-Gage yang memang didesain sebagai sebuah perangkat gaming portable. Namun sayangnya, produk ini terhitung gagal di pasaran karena dukungan pengembang perangkat lunak dan pelayanan yang kurang maksimal dari Nokia sendiri. Konsep yang sama kini berusaha dihidupkan oleh Sony dengan Xperia Play mereka. Sebuah ponsel yang kerap dikenal sebagai “Playstation Phone”. Sebuah nama besar yang tentu akan membawa ekspektasi yang tinggi.

Dengan mengusung sistem operasi Android, Xperia Play sudah pasti menyediakan beragam game berkualitas sebagai amunisinya. Pilihan untuk menggunakan sistem operasi buatan Google ini menjadi langkah awal yang patut diacungi jempol, setidaknya menjanjikan dukungan developer yang masif sebagai pondasi utama. Pertanyaannya kini, apa yang membuat Xperia Play berhak menyandang predikat sebagai sebuah ponsel gaming dibandingkan dengan ponsel Android yang lain? Apakah dengan sekadar menghadirkan game pad terintegrasi? Atau ia memang menawarkan pengalaman bermain yang berbeda? Hal inilah yang akan kita kupas lebih jauh.

Hadirkan Gamepad untuk Gaming Experince Lebih Baik

Kedua lingkaran di tengah menjadi analog-stick

Sebagai langkah awal untuk memastikan pengalaman bermain yang lebih baik, Sony mengintegrasikan sebuah gamepad di Xperia Play. Bagi Anda yang sudah famiiar dengan perangkat gaming Sony, maka desain gamepad ini tidak akan terlihat asing. Benar sekali, Anda akan merasakan aura Playstation yang kental darinya. Penempatan dan desain yang dihadirkan akan mengingatkan Anda pada kontroler Playstation maupun PSP.

Anda akan menemukan tombol d-pad yang akan berfungsi sebagai tombol navigasi utama, tombol r1-l1 di tepi, empat action button, tombol start-select, dan sebuah tombol menu. Menariknya lagi, Xperia Play juga menyediakan dua buah “Analog-stick” yang ditempatkan di tengah dalam bentuk dua buah lingkaran kecil. Berbeda dengan analog stick di kontroler konvensional, analog stick di Xperia Play dibangun dari teknologi peka sentuhan yang cukup inovatif.

Dukungan Ratusan Game yang Sudah Dioptimalisasi!

Dengan ratusan game yang sudah dioptimalisasi, Xperia Play tampil lebih maksimal

Tersedia juga di menu Xperia Play

Perkembangan kemampuan perangkat keras ponsel memang semakin mengagumkan, apalagi kini banyak developer raksasa juga mulai melihatnya sebagai sebuah pasar yang potensial untuk digali. Namun sayangnya, hanya sedikit yang mampu menghadirkan pengalaman bermain yang maksimal dan nyaman. Kelemahan pada skema kontrol dan keterbatasan ponsel untuk menyediakan media yang tepat untuk mengakomodir hal tersebut menjadi kelemahan yang paling krusial. Sebagian besar ponsel masih mengusung teknologi layar sentuh dan keypad yang harus diakui seringkali tidak nyaman untuk memainkan game-game tertentu, khususnya yang bergerak di lingkungan tiga dimensi secara aktif. Oleh karena itu, gamepad menjadi pilihan yang paling masuk akal.

Untungnya, gamepad yang ditawarkan oleh Xperia Play ini berfungsi sangat maksimal.  Terdapat ratusan game yang kini sudah teroptimalisasi dengan Xperia Play. Jadi, Anda tidak perlu lagi berkutat dengan ribetnya memainkan game dengan layar sentuh atau keypad, karena kini mereka dapat dimainkan dengan gamepad yang Anda miliki. Anda bahkan dapat mencari list game yang sudah teroptimalisasi Xperia Play dengan cukup mudah di Android Market. Langkah awal yang membuktikan keseriusan Sony untuk menjadikan Xperia Play sebagai sebuah mesin gaming alternatif yang mumpuni.

Part: 1 2

Comments

  1. zhe says:

    tango donk.. visual game Xperia Play dg Vita bagusan mana??

  2. [...] layar lebar saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Sebut saja Sony Ericsson Xperia Neo, Neo V, Play, dan Arc S. Walaupun memiliki layar yang besar, hal tersebut tidak membuat beberapa orang yang [...]

Random Articles
Back to Top