in: Games | November 11, 2011 | by: Pladidus Santoso

Bermain Game dengan Sony Ericsson Xperia Play

Menjajal Beragam Game yang Tersedia

Gamepad dan optimalisasi yang dihadirkan tentu akan menjadi sebuah konsep indah belaka jika tidak mampu dibuktikan secara nyata. Oleh karena itu, cara yang terbaik untuk membuktikan hal tersebut adalah dengan menjajal secara langsung beragam game yang mampu dimainkan oleh Xperia Play. Untuk membuktikan apakah perangkat ini mampu menampilkan pengalaman mobile gaming yang lebih baik atau tidak, beberapa game sengaja dipilih untuk diperbandingkan. Apakah Xperia Play akan mampu memenuhi ekspektasi yang ada?

Dead Space

Dead Space

Menggerakkan Isaac dengan kontrol analog tentu lebih mudah daripada menggunakan layar sentuh

Dead Space merupakan salah satu game survival-horror yang mendapatkan beragam pujian karena kualitas yang mampu ia hadirkan di versi konsol dan PC. Dengan popularitas yang sedemikian tinggi, tidak heran jika franchise ini juga hijrah untuk perangkat mobile. Visualisasi dan detail yang ditampilkan sangat memanjakan mata.

Jeroan di dalam Xperia Play sudah pasti menjamin Dead Space berjalan mulus tanpa halangan. Sebagai sebuah game third person shooter dengan lingkungan tiga dimensi yang harus dijelajahi secara aktif, memainkan Dead Space dengan memanfaatkan layar sentuh seringkali membuat tidak nyaman dan frustrasi. Namun sensasi yang berbeda akan gamer dapatkan begitu memainkan game ini dengan Xperia Play. Sebagai salah satu game yang sudah dioptimalisasi, memainkan Dead Space dengan gamepad membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah untuk dinikmati. Tangan gamer yang cekatan akan terlena dengan skema kontrol yang mirip dengan Playstation. It’s a lot better with gamepad!

Star Legends MMORPG

Action, skill, dan item kini dapat diakses dengan gamepad Xperia Play! Jauh lebih mudah dikuasai!

Anda bisa merotasi kamera dengan analog kanan

Bagi Anda yang sudah membaca review kami sebelumnya, nama Star Legends MMORPG tentu tidak terdengar asing. Game online dalam genggaman ini memang mampu tampil memesona, menawarkan sebuah gameplay game online konvensional yang dapat Anda akses di manapun dan kapanpun. Sebagai game yang dikembangkan untuk sistem operasi Android dan iOS, ponsel layar sentuh tampaknya menjadi media yang paling sering digunakan untuk memainkan game ini. Melakukan tap pada layar untuk menggerakkan karakter, memintanya menyerang, atau mengeksekusi skill tertentu tentu cukup merepotkan, apalagi jika jari Anda cukup besar.

Sebagai salah satu game yang dioptimalisasi untuk Xperia Play, memainkan Star Legends MMORPG di perangkat buatan Sony ini harus diakui jauh lebih nyaman. Xperia Play mengintegrasikan shortcut serangan dan item dengan kontrol pada gamepad, sehingga Anda lebih mudah mengaksesnya tanpa perlu menyentuh layar sama sekali. Anda bisa menyerang dengan menekan tombol kotak, skill di tombol segitiga, start dan select untuk item, dan sebagainya. Sayang seribu sayang, mereka tidak menyediakan shortcut untuk berinteraksi dengan NPC maupun player lain, dimana Anda tetap harus melakukan tap untuk mengaksesnya.

Crash Bandicoot – Playstation Pocket

Long time no see, Crash!

Sayangnya layanan ini masih terbatas pada region tertentu


Salah satu kekuatan utama Xperia Play terletak pada fitur Playstation Pocket nya yang eksklusif. Fitur yang nantinya akan memungkinkan pengguna Xperia Play untuk memainkan kembali game-game berkualitas Playstation 1 ini memang sangat menarik, khususnya bagi kalangan gamer. Kami sendiri sempat menjajal Crash Bandicoot yang fenomenal di perangkat ponsel ini dan berjalan dengan cukup baik. Semua skema kontrol mampu diadaptasikan dengan baik. Playstation Pocket menjadi fitur potensial yang semakin memperkuat citra Xperia Play sebagai sebuah ponsel gaming yang mumpuni. Sayangnya, ketika hendak menjajal game Playstation 1 yang lain, kendala muncul dari layanan yang tidak tersedia karena terbatasi oleh sistem region. Ini berarti, pengguna Xperia Play di Indonesia belum akan mampu memaksimalkannya.

Kenyamanan Bermain

Desainnya terasa kurang ergonomis untuk gaming

Salah satu faktor yang patut diperhitungkan dari sebuah perangkat video gaming adalah kenyamanan yang ia hadirkan. Tidak hanya dari segi performa secara keseluruhan, tetapi juga menyangkut hal dasar seperti bentuk dan penampilan secara fisik. Desain Xperia Play yang mirip dengan salah satu handheld Sony, PSP Go, memang memperkuat kesan ponsel gaming yang kentara, tapi potensial berujung blunder. Gamer tampaknya tak akan mampu memainkan game dengan Xperia Play dalam waktu yang lama. Desainnya yang tipis memang menguntungkan sebagai sebuah ponsel, namun sebagai perangkat gaming? Justru sangat merugikan.

Ketipisan ini akan membuat tangan Anda terasa kurang nyaman ketika menggenggamnya. Posisi jemari yang sudah terbiasa mendarat pada tombol L1-R1 akan justru akan membuat tangan jadi aneh, terasa seperti sedang mengepal kurang sempurna. Berada dalam posisi ini dalam waktu yang lama? Sudah pasti akan membuat jemari Anda kelelahan. Kekurangan juga terkadang dirasakan pada sisi kiri-kanan analog yang kurang responsif ketika ditekan, berbeda dengan analog konvensional pada kontroler.

Apakah kelemahan ini akan berpengaruh siginifikan terhadap pengalaman bermain Anda secara keseluruhan? Untungnya, tidak. Walaupun Anda merasakan sedikit ketidaknyamanan karenanya, dampak yang dihasilkan tidaklah terlalu berpengaruh selama Anda tidak memainkannnya dalam waktu lama tanpa istirahat. Masalah pada sisi analog juga dapat teratasi ketika Anda mulai beradaptasi dengan fungsi gerak sentuh yang membutuhkan Anda untuk sedikit menggeser jari agar dapat bergerak. Terlepas dari kedua hal tersebut, Xperia Play adalah sebuah “ponsel” yang luar biasa.

Ponsel Gaming Terbaik: Yes! Pengganti Handheld? No!

Dengan beragam fitur yang ia hadirkan serta optimalisasi yang ia bawa para game-game Android dalam jumlah yang masif, Xperia Play harus diakui sebagai salah satu ponsel gaming terbaik di pasaran saat ini. Bagaimana pun, memainkan sebuah game dengan menggunakan gamepad akan jauh lebih baik dibandingkan mengandalkan layar sentuh atau keypad. Inovasi ini akan membuat gamer merasakan pengalaman mobile gaming yang jauh lebih maksimal dan tentu saja, lebih mudah untuk dikuasai. Apalagi Xperia Play menyediakan fitur seperti Playstation Pocket di dalamnya yang semakin memperkuat daya tarik yang ia miliki. Sayang desainnya yang kurang ergonomis menjadi satu nilai kelemahan dari keseluruhan kelebihan yang dimiliki Xperia Play.

Walaupun mampu menampilkan sensasi gaming yang mumpuni, Xperia Play tetaplah sebuah ponsel yang menjadikan fungsi multimedia seperti game sebagai bagian yang terintegrasi, dan tidak lebih. Agak sedikit berlebihan jika merujuknya sebagai sebuah perangkat gaming murni. Telepas dari desain yang ia tawarkan, Xperia Play tidak menjadikan game sebagai fungsi utama yang ia jalankan, tetapi hanya merupakan fitur tambahan yang diperkuat sebagai nilai jual utama. Oleh karena itu, ia tidak berada dalam posisi untuk menandingi atau menggantikan fungsi sebuah handheld seperti PSP yang memang murni didesain untuk memainkan sebuah game. Keduanya memiliki fungsi unik dan berbeda. Namun harus diakui, Xperia Play akan menjadi perangkat pelengkap yang cukup menarik untuk dimiliki oleh seorang gamer, ataupun orang awam yang membutuhkan perangkat gaming mobile yang lebih maksimal.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES