in: News | November 2, 2011 | by: Ernest Dimitria

Mercedes-Benz dan Toyota Integrasikan Smartphone dengan Sistem Infotainment Mobil

Dengan berbagai macam feature yang disuguhkan dalam smartphone saat ini, sejumlah perusahaan manufaktur mobil mulai menciptakan sebuah sistem informasi dan hiburan yang dapat terintegrasi dengan smartphone pengendara. Sistem infotainment ini akan memudahkan para pengendara dalam mengoperasikan smartphone-nya dengan lebih aman dan nyaman, serta memainkan konten multimedia melalui layar dan speaker mobil. Dua pemain besar di industri otomotif, Mercedes-Benz dan Toyota, telah mengembangkan sistem serupa.

Mercedes-Benz manfaatkan kesaktian iPhone

Perusahaan manufaktur mobil asal Jerman ini menghadirkan sebuah sistem infotainment yang dikembangkan khusus bagi para pengguna iPhone. Berdasarkan video yang beredar di YouTube, pengguna hanya perlu memasukkan iPhone mereka ke dalam slot yang tersedia dalam mobil A-Series dan pengoperasian smartphone pun dapat dilakukan menggunakan kontrol COMAND. Pengguna dapat mengakses aplikasi, konten multimedia, dan Facebook melalui layar monitor yang dilengkapi dengan user interface yang futuristik. Untuk memastikan keamanan saat mengendara, email yang diterima akan dibacakan langsung oleh sistem, sehingga perhatian pengemudi tidak teralih ke layar monitor. Kapan sistem ini akan hadir di pasaran?

Duplikasi tampilan smartphone oleh Toyota

Sistem infotainment Toyota Touch Life memanfaatkan teknologi MirrorLink Car Connectivity Consortium yang memungkinkan pengendara untuk mengakses smartphone melalui layar sentuh in-dash mobil. Namun, ada sejumlah limitasi, seperti duplikasi tampilan smartphone ke layar mobil hanya tersedia untuk smartphone Nokia berbasis Symbian Belle. Aplikasi Nokia Car memungkinkan pengguna untuk mengakses fungsi navigasi dan konten audio ketika sedang berkendara. Untuk menjaga keamanan berkendara, sistem ini memblokir aplikasi lainnya hingga mobil berada dalam keadaan berhenti dan diparkir.

Tampaknya perusahaan manufaktur mobil semakin sadar terhadap pentingnya sebuah smartphone bagi kehidupan pengguna—baik yang menggunakan fungsi standar smartphone, email, bisnis, konten multimedia, hingga jejaring sosial. Dengan kehadiran sistem infotainment yang terintegrasi dengan smartphone, proses komunikasi pengguna dapat terus berjalan dan kegiatan menyetir pun semakin menyenangkan dengan akses konten hiburan dalam smartphone.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES