PC Murah Harga 3 Jutaan untuk Fotografer

Reading time:
November 29, 2011
PC for Photographer

Fotografi digital sudah menjadi hobi yang ditekuni oleh banyak orang. Selain kamera (DSLR), sebuah komputer untuk mengolah hasil foto menjadi perangkat wajib bagi para fotografer ini. Masalahnya, setelah membeli perangkat kamera yang canggih, biasanya sudah tidak banyak dana yang tersisa untuk membangun komputer yang kencang.

Kenapa desktop PC? Ya, sebenarnya sebuah notebook sudah bisa menjalankan software pengolah foto. Akan tetapi, dengan dana yang sama Anda tidak akan bisa memperoleh performa notebook yang setara dengan desktop PC. Jadi, untuk dana terbatas, desktop PC tetap menjadi pilihan terbaik untuk mengolah foto.

Prosesor

sandybridge kwartet sandybridge

Untuk prosesor kami memilih perwakilan baik dari Intel dan AMD yang menggunakan dual dan quad core. Dari kubu Intel, kami memilih dari keluarga Sandy Bridge, yaitu Pentium G 840 dan Core i3 2100. Sedangkan dari AMD diwakili dari keluarga Deneb dalam bentuk Phenom II X2 560 BE dan X4 945. Performa prosesor sangat penting dalam pengolahan foto. Walaupun begitu, hal tersebut tidak berarti Anda harus membayar harga yang berlebihan. Keempat prosesor yang kami pilih mewakili keseimbangan antara performa dengan harga.

Motherboard

Motherboard juga merupakan komponen yang penting dalam sebuah PC Desktop. Semakin banyak fitur yang diusung oleh sebuah motherboard, maka semakin mahal harga yang harus dibayarkan. Kunci dalam pemilihan motherboard adalah mencari yang benar-benar kita butuhkan sehingga tidak usah mengeluarkan dana yang berlebih. Salah satu fitur penting yang ingin kami ketengahkan dalam pemilihan motherboard untuk sistem ini adalah tersedianya USB 3.0. Fitur ini sangat penting ketika Anda harus memindahkan foto lebih cepat dari memory card dengan menggunakan card reader yang telah mendukung USB 3.0 atau peripheral lainnya yang menggunakan koneksi USB 3.0.

H61MU3S3m
H61M/U3S3

Untuk platform Intel, kami memilih ASRock H61M/U3S3. Mengapa kami memilih motherboard tersebut? Kami merasa chipset H61 sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna awam. Ditambah dengan disediakannya fitur USB 3.0 dan eSATA dengan harga yang cukup terjangkau (kurang lebih 800 ribu pada saat tulisan ini diturunkan), membuat motherboard ini menjadi pilihan yang tepat bagi sistem yang akan kita bangun ini.

b20101207 2
Biostar A880GU3

Untuk menyusun sistem AMD, pilihan kami jatuh kepada Biostar A880GU3. Chipset 880G memiliki performa yang cukup mumpuni untuk mendukung dua prosesor pilihan kami. Fitur USB 3.0 pun tersedia pada motherboard ini, ditambah dengan tersedianya dua buah slot PCI yang memungkinkan upgrade dalam bentuk add-on card untuk peripheral-peripheral tambahan.

RAM

kingston hyperx t1 ram

Melihat hasil pengujian dari artikel terdahulu mengenai efek RAM pada kinerja Adobe Photoshop, kami memilih untuk menggunakan RAM berukuran total 8 GB. Mengapa tidak 4 GB saja? Mengingat harga RAM saat ini tergolong murah, penggunaan RAM besar menjadi pilihan yang logis. Lagipula, software imaging akan bekerja lebih cepat dengan menggunakan RAM besar.

Casing dan PSU

Gigabyte GZ F series 1

Untuk dana yang cenderung terbatas ini, kami menggunakan acuan casing+PSU Gigabyte GZ-F1 480W. Harganya yang cukup terjangkau (kisaran di bawah Rp300.000,-) mengizinkan kami untuk menyisihkan dana untuk komponen lainnya. Tidak ada salahnya juga, apabila preferensi Anda ada di casing jenis lain. Akan tetapi, pastikan bahwa harganya tidak melampaui Rp300.000,-.

Hard disk

LargeCapacityDrives 02

Harga hard disk yang melambung tinggi membuat pilihan perangkat ini menjadi sangat terbatas. Kapasitas 320 GB memang tidak bisa dianggap besar. Akan tetapi, mengingat limitasi dana yang tersedia, kami memilih untuk menggunakannya. Kapasitas 320 GB sudah cukup besar untuk pengerjaan foto dan menyimpan sebagian besar hasilnya. Pastikan saja bahwa Anda memilih jenis hard disk yang mengutamakan performa, bukan konsumsi daya, karena hard disk yang cenderung mengutamakan konsumsi daya rendah akan memberikan performa yang rendah pula.

Optical Drive

AA76547a

Dengan banyaknya foto yang dihasilkan, proses backup akan menjadi sangat penting, terutama dalam kondisi harga hard disk yang melambung tinggi seperti saat ini. Salah satu cara backup yang sederhana adalah dengan menggunakan DVD. Oleh sebab itu, pada PC eknomis untuk fotografer ini kami tetap menyarankan sebuah DVD-RW.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…