in: Features - Overclocking | November 17, 2011 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Preview Core i7-3960X dengan 4-way SLI dan Motherboard X79 ASUS Rampage IV Extreme

Setelah melakukan pengujian overclock sederhana dengan motherboard Intel DX79SI kini saatnya kita mencicipi board X79 lain dengan konfigurasi sedikit lebih rumit. Motherboard dengan chipset X79 memiliki satu fitur unik yang tidak dimiliki motherboard P67 maupun Z68, yakni dukungan mode nVIDIA 4-way SLI. Chipset Intel terakhir yang memiliki dukungan fitur ini adalah Chipset X58, dengan syarat adanya 2 (dua) buah chipset NF200 yang terpasang pada motherboard tersebut, misalnya saja motherboard EVGA X58 4-way SLI Classified yang kami gunakan untuk memasuki urutan 6 Futuremark ORB dalam 3DMark11 P-Score beberapa waktu lalu.

Sayangnya, 2 buah chip NF200 yang terpasang di motherboard X58 tersebut seringkali memberi tambahan ‘latency’ pada komunikasi dari VGA Card  ke PCIe controller, menyebabkan skornya agak kurang optimal. Platform X79 yang baru rilis ini, mengizinkan ke-4 VGA Card  dalam mode 4-way SLI untuk berkomunikasi langsung pada PCIe controller yang terdapat pada CPU Sandy Bridge-E, dengan konfigurasi 16x 8x 8x 8x. Atas dasar inilah, maka platform X79 menjadi platform yang paling ideal untuk menjalankan mode 4-way SLI.

Nah, kami mendapat kesempatan untuk menguji secara singkat mode 4-way SLI ini di motherboard X79 paling ganas saat ini, yaitu ASUS Rampage IV Extreme.

System Specification

Men-setup sistem 4-way SLI bukanlah hal yang mudah, namun tangan kami sudah gatal untuk memasang 4 (empat) buah MSI GTX 580 Lightning yang ada di lab kami untuk meraih skor benchmark setinggi-tingginya! Berikut ini setup sistem kami:

CPU : Core i7-3960X (Engineering Sample)

Motherboard : ASUS Rampage IV Extreme

RAM : Kingston HyperX Grey 2133Mhz 4x 2GB

VGA : 4x MSI GTX580 Lightning

Storage : Kingston SSDNow V 64GB

PSU 1 : Corsair AX1200 (untuk CPU, Motherboard, Fan , VGA1 dan VGA2)

PSU 2 : Corsair HX1050 (VGA 3 dan VGA 4)

CPU Cooling : Intel Liquid Cooling RTS2011LC

Target Benchmark : 3DmarkVantage P-score dan 3DMark11 P-Score

Tadinya kami ingin menguji sistem ini di game-game terbaru, Battlefield 3 misalnya, tapi kami sadar bahwa sistem seperti ini punya tujuan yang lebih tepat, mencetak record-breaking score pada benchmark 3D! Maka dari itu tanpa menunggu lama kami langsung menggenjot sistem kami sekuat-kuatnya untuk mencapai hasil semaksimal mungkin.

Kami sadar bahwa CPU kami  sangat tersiksa mengingat ada 4 VGA terpasang PCIe Controllernya , dan ini menyebabkan pencapaian clock 5 Ghz tidak dimungkinkan. Akhirnya kami menggunakan ‘Chiller mod’ pada Liquid Cooling kami. Tidak terlalu sulit, intinya kami hanya menempelkan sebuah LN2 Container (pot) untuk RAM pada radiator watercooling kami, tepat di bagian selang inlet/oulet, menuang LN2 pada pot tersebut, dan membuat suhu reservoir watercooling kami berada di suhu 9 C. Di BIOS saat idle, CPU kami menunjukkan temperatur sekitar 21 C. Ini termasuk dingin mengingat kami menggunakan VCore lebih dari 1.5V!

Akhirnya dengan modifikasi ‘akal-akalan’ ini, kami kembali berhasil menyentuh clock 5 Ghz dengan stabil pada saat 4-way SLI dijalankan.

Berikut result awal kami :

* klik untuk memperbesar *

3DMarkVantage – P

3Dmark11 – P

Kesimpulan sementara

Seperti yang sudah kami duga, 4-way SLI di platform X79 menunjukkan performa MONSTER! Kami berhasil menyentuh P22000-an pada 3DMark11 dan P65000-an pada 3DMarkVantage, sungguh skor yang tidak bisa dianggap enteng. Skor tersebut merupakan skor tertinggi yang pernah kami lihat di lab kami sampai saat ini!

Sayangnya, saat kami ingin melanjutkan test dengan seluruh sistem didinginkan secara extreme, stok Liquid Nitrogen kami sudah tinggal 3 liter. Untuk menjalankan setup ini lagi dengan semua CPU+ GPU di-LN2-kan, kami membutuhkan setidaknya 50-60L, yang berarti, pengujian ini harus ditunda sejenak. Side story : Kasihan, ada rekan kami yang sangat kecewa sampai-sampai tidak bisa tidur karena kehabisan LN2 di saat yang sangat tidak tepat ini.

Masih banyak sekali yang harus dikaji dalam penggunaan setup 4-way SLI ini, dari konsumsi daya, performa pada game, dan tidak lupa juga skor maksimal yang bisa kami dapat setelah CPU dan semua GPU yang ada didinginkan dengan LN2. Kami akan kembali lagi dengan hasil yang lebih ekstrim lagi, tunggu saja ya? Ciao!

Tags: