Review Ace Combat – Assault Horizon: Inovasi Gameplay Rasa Hollywood

Reading time:
November 2, 2011

Hilangnya Beberapa Fitur Berkualitas Ace Combat

Ace Combat Assault Horizon 1561
Pemimpin Skuadron? Anda akan lebih banyak merasa bertempur sendiri

Ace Combat: Assault Horizon mungkin menghadirkan dog-fight mode sebagai nilai jual utama. Walaupun mode ini berhasil menghadirkan sensasi Ace Combat yang berbeda, namun bukan berarti akan membuat gameplay serta merta menjadi sempurna tanpa celah. Jika dibandingkan dengan seri-seri sebelumnya, Namco Bandai justru menghilangkan beberapa fitur penting yang di masa lalu pantas untuk diacungi dua jempol. Memainkan Ace Combat kali ini tanpanya? Sedikit canggung.

Salah satu yang paling signifikan adalah hilangnya fitur untuk memberikan perintah kepada pesawat pendamping Anda. Apalah gunanya menjadi seorang pemimpin skuadron terbang terbaik di angkatan udara namun Anda tidak dapat mengendalikan mereka? Fitur Ace Combat di masa lalu yang berpengaruh sangat signifikan pada gameplay ini entah mengapa justru dihilangkan begitu saja. Akibatnya? Anda akan melihat anak buah Anda terbang kesana-kemari tanpa koordinasi, membunuh pesawat yang justru tidak terlalu mengancam. Kelemahan ini terkadang akan membuat Anda frustrasi.

Salah satu kekuatan utama dari Ace Combat juga terletak pada kebebasan Anda untuk meraih poin tertentu dan membeli pesawat yang menurut Anda terbaik untuk menyelesaikan misi. Di Assault Horizon, fitur ini juga dihilangkan. Anda akan lebih banyak “disuapi” pesawat yang muncul sebagai bagian dari plot tanpa banyak alternatif lain untuk digunakan. Pesawat yang sudah pernah muncul memang terbuka untuk dibawa bertempur pada misi-misi tertentu, namun Anda akan jarang meliriknya. Mengapa? Karena plot utama akan menghadirkan satu varian pesawat baru yang jauh lebih kuat hingga Anda tak punya pilihan lain selain memilihnya. Berbeda dengan Ace Combat sebelumnya yang memberikan Anda opsi yang cukup terbuka untuk memilih satu dari beragam pesawat dengan kekuatan yang sama.

Jagoan? Anda Akan Merasa Seperti Tumbal Perang!

Ace Combat Assault Horizon 184
Walaupun banyak pesawat Ally di sini, Anda akan tetap menjadi magnet semua peluru dan rudal

Sebagai seoarang karakter utama, memang menjadi tugas Anda untuk memastikan kesuksesan misi di dalam sebuah game. Anda yang harus membunuh lebih banyak pesawat, Anda yang harus berjuang di garis depan, dan Anda yang harus menghancurkan senjata apapun yang mengancam dunia. Ini memang sebuah plot klise yang sudah diterapkan oleh banyak game. Namun, di Ace Combat: Assault Horizon, daripada merasa seperti jagoan, Anda akan merasa seperti seekor tumbal perang. Mengapa?

Jika Anda merasa hilangnya fitur untuk memberikan komando bagi pesawat pendukung sudah cukup buruk, tunggu hingga Anda bertemu dengan musuh dalam jumlah yang masif. Dari semua pesawat bawahan Anda yang bergerak bebas di dalam peta, entah mengapa semua musuh hanya tertarik untuk menyerang Anda. Benar sekali, Anda akan merasa seperti magnet peluru dan rudal tanpa alasan yang jelas. Anda hanya akan sesekali menemukan pesawat musuh yang berusaha menghancurkan AI teman Anda, sementara sisanya, Anda akan merasa seperti berjuang sendirian. Tanpa kontrol atas gerakan pesawat teman dan selalu menjadi target rudal musuh? Anda bukan pemimpin skuadron, Anda hanyalah tumbal in disguise!

Ace Combat Assault Horizon 107
Bagaimana dapat menyerang pasukan di darat dengan sudut pandang kamera seperti ini?

Anda juga akan merasakan perasaan yang sama ketika menggunakan helikopter. Dari semua helikopter lain yang ada, Anda akan menjadi satu-satunya target serangan. Lebih buruk? Sistem kameranya akan membuat Anda kesulitan untuk membidik musuh yang terlihat. Bagaimana rasanya terus ditembak tanpa mampu menembak balik karena sudut pandang kamera menghalangi pandangan Anda? Seperti hendak melakukan kamikaze dan menabrakkan si helikopter. Untung saja merubah kamera ke first person cukup mengatasi masalah yang satu ini.

Perkuat Diri dengan Skill di Free Mission

Ace Combat Assault Horizon 3
Sistem Skill

Free Mission merupakan mode bebas dimana Anda bisa memainkan kembali semua misi yang sudah Anda selesaikan di Campaign Mode. Bedanya, Anda kini dapat memilih sendiri pesawat yang Anda inginkan dan senjata spesial yang bisa Anda gunakan (walaupun pada akhrinya akan memilih pesawat terbaik tanpa alternatif. Free Mission memang menjadi media yang tepat untuk menjajal pertempuran kembali secara bebas. Satu fitur baru juga disematkan ke dalam mode ini, yakni fungsi Skill yang pertama kali diperkenalkan.

Dari poin yang bisa Anda dapatkan dari menyelesaikan misi di Campaign Mode, Anda kini dapat menyematkan skill tertentu pada kemampuan bertarung Anda. Datang dengan harga tertentu (yang tidak murah) Anda akan memperkuat kemampuan pesawat Anda secara umum. Sebagai contoh, Anda dapat memperkuat rate fire machine gun, menambah jumlah rudal yang bisa dibawa, hingga mode Dog-Fight yang lebih mudah ditrigger.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…