LOGO

Review Android Apps – Neo Reader: Pembaca Barcode

Pastinya Anda pernah melihat barcode yang tertera di hampir semua produk yang dijual di pertokoan. Tanda yang berisi kumpulan angka dan garis ini sebenarnya memiliki arti dan kode tersendiri. Sebagai contoh, sebuah barcode yang tertera di suatu produk biasanya mengandung keterangan mengenai nama dan harga produk yang bersangkutan. Saat itu, Anda juga akan menemukan barcode di sebuah halaman website yang jika dipindai akan langsung membawa Anda ke link tertentu. Perangkat Android memiliki sebuah aplikasi menarik yang dapat digunakan untuk membaca barcode (barcode reader), NeoReader.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu repot-repot mencari alat khusus pembaca barcode yang biasanya hanya ada di pertokoan dan perkantoran. Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi ini, sebelumnya kami memberitahukan platform yang kami gunakan untuk mengetes aplikasi ini.

Platform

SONY ERICSSON XPERIA X10 MINI

Prosesor: 600 MHz

RAM: 160 MB

Network: HSDPA, WiFi

Bluetooth: 2.0 A2DP

GPS: AGPS Support

Display: 240 x 320 Touchscreen

OS: Eclair 2.1.1

Instalasi

Aplikasi ini merupakan freeware yang dapat diunduh langsung dari Android Marketplace. Khusus untuk untuk pengguna Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro, dapat langsung menggunakan aplikasi ini tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu karena merupakan salah satu aplikasi bawaan dari Sony Ericsson.

Feature

Dengan feature utamanya untuk membaca barcode, Neo Reader merupakan satu dari sekian banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk menerjemahkan barcode reader. Lantas apa perbedaan aplikasi ini dengan aplikasi lain yang sejenis? Anda bisa menemukannya di antara berbagai feature di bawah ini.

QR – Quick Respone Barcode merupakan salah satu jenis barcode yang paling banyak digunakan di situs-situs untuk merujuk ke halaman tertentu atau suatu software untuk diunduh. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memindai barcode ini dengan mudah.

Aztec - Salah satu barcode dengan bentuk bujur sangkar dengan motif menyerupai “bull’s  eye”. Informasi dari barcode ini juga didukung dengan baik oleh Neoreader.

Product Barcode – Barcode yang satu ini merupakan jenis barcode yang paling banyak digunakan, misalnya di berbagai produk seperti makanan dalam kemasan, mainan, kosmetik, baju, dan berbagai peralatan lainnya yang biasa digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Apakah aplikasi ini sanggup “membaca” barcode ini? Tentu saja!

Invite – Ketersediaan menu invite dapat digunakan untuk pemberitahuan kepada kolega mengenai keberadaan aplikasi ini dengan cara mengirimkan link melalui menu di bawah ini. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah berbagai informasi kepada kolega-kolega Anda.


Pengujian

Saat membuka aplikasi ini, akan muncul logo Neo Reader. Software ini menggunakan camera device untuk melakukan pembacaan barcode. Dengan tersedia feature autofocus, barcode secara otomatis akan dipindai dengan lebih baik dan lebih cepat sehingga Anda dengan mudah menerima informasi yang terkandung di dalamnya.


Neo Reader juga menyediakan menu personal untuk menentukan penggunaan bahasa, usia pengguna, dan lokasi. Aplikasi ini juga menyediakan menu entering code bila memiliki code angka dari sebuah barcode. Menu ini sangat berguna bila aplikasi ini tidak mampu membaca sebuah barcode.


Beberapa setting secara manual, seperti autofocus, aplikasi ditutup setelah pengambilan gambar, atau sound dapat dilakukan di menu preference, sedangkan history penggunaan aplikasi ini dapat dihapus melalui menu history. Semua menu di aplikasi ini langsung dapat diakses di bagian bawah layar tanpa harus menekan tombol tertentu.


Support

Neo Reader yang dikembangkan oleh Lavasphere ini merupakan sebuah produk dengan copyright dari NeoMedia Europe AG sejak tahun 2010. Panduan file tersedia dengan baik dalam memberikan keterangan dari tiap menu yang ada. Keterangan yang diberikan akan sangat membantu bila Anda mengalami kesulitan penggunaan aplikasi ini.


Kesimpulan

Dari kemudahan penggunaan, hasil pembacaan barcode, dan berbagai pengujian yang telah kami lakukan, aplikasi ini berhasil menunjukkan kemampuannya dengan baik. Bagi Anda yang membutuhkan berbagai informasi dari sebuah barcode sebuah produk, QR barcode, atau Aztec Barcode, ini adalah aplikasi yang tepat untuk digunakan.

Random Articles
Back to Top