in: Games | November 11, 2011 | by: David Novan

Review Battlefield 3: Pertempuran Massal Paling Seru Tahun Ini!

Beberapa bulan menjelang akhir 2011 seakan menjadi hujan hadiah bagi gamer. Beragam game unggulan kelas AAA bermunculan dengan cepat setelah sebelumnya gamer mengalami kemarau game berkepanjangan. Salah satu game action yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Battlefield 3! Mari bersama kami menemukan alasan mengapa game ini mendapatkan nominasi game action terbaik 2011 bahkan sebelum gamenya rilis!

Trailer gameplay yang begitu memukau merupakan salah satu sebab game ini begitu dinantikan kehadirannya. Bagaimana tidak? Tampilan grafis pada trailer tersebut sangat indah dan pertempuran yang diperlihatkan begitu seru! Sekarang pertanyaannya adalah apakah game ini dapat memenuhi harapan gamer yang telah terpukau dengan keindahannya? Bila Anda sempat menyimak preview yang kami berikan beberapa saat lalu mengenai Battlefield 3 tentu Anda telah melihat sedikit keindahan yang ditawarkan game ini! Temukan jawabannya dengan mengikuti perjalanan kami ketika menjelajahi Battlefield 3!

Saking indahnya game ini sampai musuh dapat membaur dengan lingkungan sekitarnya!

Origin dan Battlelog

Battlefield 3 merupakan game yang memiliki ketergantungan tinggi terhadap Internet. Bila Anda ingin mendapatkan pengalaman bermain sebenarnya dari game ini, maka mode multiplayer merupakan opsi yang harus Anda mainkan. Sayangnya, game ini mengharuskan Anda untuk memiliki koneksi Internet untuk memainkan mode multiplayer-nya. Nah, berhubungan dengan topik ini, maka Anda akan akrab dengan dua portal game dari Electronic Arts sebagai publisher game ini, yaitu Origin dan Battlelog.

Origin dan Battlelog merupakan portal utama untuk memainkan Battlefield 3

Origin merupakan program pasar online dari Electronic Arts (mirip seperti Steam) yang harus Anda install ke komputer untuk memulai instalasi Battlefield 3. Instalasi ini menurut pendapat kami merupakan proses yang cukup lama untuk gamer yang memiliki koneksi Internet lambat. Pasalnya, Anda harus meng-update Origin dengan men-download-nya secara otomatis. Setelah itu, instalasi game baru dimulai. Kemudian Anda harus men-download patch yang dikeluarkan di hari pertama game ini dirilis sebesar sekitar 400 MB. Setelah itu Anda kembali men-download patch terbaru Battlelog yang untungnya tidak terlalu besar ukurannya.

Battlelog sendiri merupakan media utama Anda untuk melakukan apapun yang berhubungan dengan Battlefield 3. Portal game ini akan langsung muncul begitu Anda menjalankan game ini melalui Origin. Battlelog berbentuk halaman web yang berisikan profil, statistik, pilihan mode bermain, dan media untuk berkomunikasi dengan pemain lain dari seluruh dunia. Halaman ini sayangnya tidak dapat dilewatkan, bahkan untuk bermain mode Campaign (single player) sekalipun. Jadi, Anda harus memiliki koneksi Internet untuk bermain sendirian!

Mode Campaign

Apakah semua kesulitan yang Anda temui ketika instalasi tersebut terbayarkan oleh kenikmatan bermain Battlefield 3? Ya, semua itu tidak sia-sia! Bentuk permainannya mengadopsi action shooter militer yang mirip dengan seri Battlefield sebelumnya, yaitu Battlefield 2. Anda dapat menggunakan beragam kendaraan perang, memberikan perintah kontekstual dengan mudah, dan konsep beberapa kelas tentara yang saling mendukung. Namun, yang paling menakjubkan adalah kualitas grafisnya yang luar biasa indah dan lingkungan permainan yang dapat dihancurkan.

Pertempuran malam terlihat begitu menawan
Anda akan merasakan tegangnya bertempur di angkasa!

Battlefield 3 menawarkan tiga mode permainan, yaitu mode campaign (single player), multiplayer, dan mode cooperation. Dari semua mode tersebut, yang menurut kami paling biasa saja adalah mode campaign. Mengapa demikian? Cerita yang ditawarkan pada mode ini kurang mampu memainkan perasaan pemainnya dengan beragam kejutan yang meninggalkan kesan mendalam. Padahal, konsep cerita yang menegangkan dan seru merupakan resep utama dari mode single player. Durasi dari mode in juga tidak begitu panjang, yaitu sekitar 5 hingga 6 jam saja.

Mode campaign memang kurang memenuhi harapan dari sisi cerita. Begitu juga dengan pertempurannya yang tidak terasa massal. Anda akan dibawa untuk mengikuti permainan yang linear dan dipenuhi event yang telah terencana di daerah yang relatif kecil. Bentuk permainan ini menggantikan mode single player seri Battlefield sebelumnya yang selalu mengajak pemain untuk bertempur sebagai salah satu tentara di perang besar. Teknologi kehancuran lingkungannya juga tidak terlihat banyak di mode ini. Bila Anda ingin melihatnya dengan puas, maka Anda harus memainkan mode multiplayer.

Battlefield 3 tidak melulu bertempur di darat. Terkadang Anda diminta bertempur di udara!
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES