Review Battlefield 3: Pertempuran Massal Paling Seru Tahun Ini!

Author
David Novan
Reading time:
November 11, 2011

Kustomisasi dan Persenjataan

Hal paling menarik dalam mode multiplayer adalah kemampuan untuk melakukan kustomisasi perlengkapan dan senjata! Profil yang Anda mainkan akan mendapatkan nilai pengalaman atau experience yang berguna untuk menaikkan level. Kegunaan level tersebut adalah membuka senjata dan perlengkapan baru yang sangat menarik untuk karakter Anda. Untuk sebuah game action shooter, persenjataan adalah magnet utama yang membuat pemainnya terus bermain!

multi5
Kendaraan perang udara membutuhkan gamer dengan keahlian khusus untuk dapat digunakan dengan efektif

Nilai pengalaman tersebut juga berguna untuk menambah level kelas yang Anda gunakan. Bila Anda sering memainkan kelas Assault, maka levelnya akan meningkat dan memberikan hadiah berupa perlengkapan dan senjata khusus kelas tersebut. Perlengkapan yang sangat kuat dan berbahaya juga hanya bisa didapatkan dengan cara ini, seperti mortar untuk Support, alat untuk menghidupkan kembali rekan yang mati untuk Assault, dan senjata pemusnah tank Javelin untuk Engineer.

Cara untuk mendapatkan perlengkapan baru bukan hanya dengan kenaikan level karakter saja. Anda juga bisa mendapatkan perlengkapan untuk senjata utama dengan cara menaikkan level senjata yang Anda gunakan. Cukup kalahkan musuh dengan menggunakan senjata tersebut dan indikator kemahiran senjata tersebut akan meningkat. Setelah indikator tersebut penuh, Anda akan mendapatkan perlengkapan baru, seperti laser pointer, front grip, silencer, scope, dan bipod. Semua itu dapat Anda pasang di senjata tersebut dan secara langsung akan meningkatkan performanya. Setiap senjata utama memiliki 10 perlengkapan dan jumlah senjata tersebut sekitar 41 buah.

Perlengkapan dan kenaikan level juga berlaku untuk jenis kendaraan perang yang Anda gunakan. Mulanya, kendaraan yang Anda gunakan tidak memiliki perlengkapan yang “wah”, seperti roket untuk helikopter, misil penjejak panas untuk pesawat jet, dan senapan mesin untuk tank. Semua itu harus Anda dapatkan dengan cara menggunakan kendaraan dan mengalahkan musuh ketika berada di dalamnya. Setelah mencapai poin tertentu, perlengkapan baru akan Anda dapatkan dan sama seperti senjata utama, dapat Anda pasang di kendaraan untuk mendapatkan keuntungan terhadap musuh yang levelnya lebih rendah.

Lingkungan Permainan yang Indah

Faktor lain yang tidak boleh terlupakan adalah tampilan dan efek grafis Battlefield 3 yang begitu indah! Saking indahnya sampai game ini mendapatkan hujan pujian akan kehebatan teknologi tampilannya. Hal ini tercapai berkat engine game Frostbyte 2 yang digunakan dalam Battlefield 3. Berbeda dengan game lain yang biasanya menetapkan standar tampilannya dengan console XBOX 360 dan PS3, Frostbyte 2 dirancang untuk dijalankan dengan standar spesifikasi komputer yang tinggi. Oleh sebab itu, setting terendah dari game ini di komputer sudah begitu indah dan sebanding dengan tampilan setting High di game action shooter lain.

Efek tampilan dari Frostbyte 2 tentunya bukan hanya berguna untuk kosmetik saja. Engine ini juga membuat lingkungan permainan menjadi lebih terasa “real” dengan kemampuan menghancurkan lingkungan. Jadi, ketika Anda berhadapan dengan tank jangan harap bisa bersembunyi di belakang tembok. Tank tersebut cukup menembak tembok tersebut dan ia langsung hancur, bersama dengan kematian Anda! Pada game ini, kendaraan perang menjadi ancaman yang mengerikan untuk infantri. Bukan hanya ledakan saja yang bisa membunuh. Anda juga bisa mati karena tertimpa pohon!

low
Battlefield 3 dengan setting grafis "Low"
medium
Kemudian setting "Medium"

Keindahan lain dari sisi tampilan adalah efek cahaya yang menyerupai dunia asli. Kilauan cahaya di tempat gelap dapat membutakan mata Anda! Bahkan, cara ini digunakan pemain di mode multiplayer untuk mendapatkan keuntungan ketika bertempur jarak dekat. Mereka akan memasang senter di senjata dan menggunakannya untuk membutakan Anda! Namun, kilauan ini juga memberikan keuntungan bagi Anda. Senjata sniper yang dapat membunuh Anda dari jarak jauh memancarkan kilauan akibat pantulan cahaya di lensa scope! Hal ini sangat membantu untuk mengetahui letak musuh di lingkungan permainan. Apalagi kualitas grafis yang tinggi membuat siapapun dapat dengan mudah membaur dengan lingkungannya dan mereka dapat menyiapkan jebakan untuk Anda!

high
Berikut Battlefield 3 dengan setting "High"
ultra
Dan setting "Ultra". Dapatkah Anda melihat perbedaannya?

Kualitas grafis dan standar yang tinggi dari engine Frosbyte 2 ternyata memiliki keuntungan dan kekurangan. Untuk gamer yang memainkannya di komputer dengan spesifikasi tingi, game ini tidak akan memberikan masalah. Namun, untuk komputer dengan spesifikasi kurang tinggi, apalagi bila tidak memiliki Windows 64-bit dan RAM 8 GB, maka jangan harap bisa main dengan nyaman di setting High dan Ultra! Untungnya, setting Medium sudah begitu nyaman untuk dimainkan! Lain lagi masalahnya dengan gamer console XBOX 360! Bersiaplah untuk mendapatkan tampilan di bawah standar komputer! Hal ini tetap terjadi dengan penggunaan High Quality Texture yang disertakan bersama paket penjualan game.

Kesimpulan

Setelah kami berpanjang lebar menceritakan segala hal yang berkaitan dengan Battlefield 3, sebenarnya hanya ada beberapa poin untuk menjelaskan game ini dengan gamblang. Pertama, game ini sebaiknya dimainkan dalam mode multiplayer, sebab di sini Anda dapat menemukan Battlefield 3 yang sejati. Kedua, game ini sangat indah berkat teknologi grafis Frostbyte 2 yang luar biasa. Dan yang ketiga, bersiaplah untuk bermain dalam waktu yang lama sekali. Sebab, game ini akan terus memancing Anda untuk menemukan semua perlengkapan dan senjatanya!

Kelebihan

  • Kualitas tampilan yang sangat indah
  • Lingkungan permainan yang dapat dihancurkan
  • Kustomisasi dan koleksi persenjataan yang luas
  • Keseimbangan kelas tentara meminta pemainnya untuk bekerjasama
  • Mode cooperation yang seru

Kekurangan

  • Mode campaign tidak menarik
  • Harus menggunakan koneksi Internet untuk bermain
  • Layanan Origin dan Battlelog yang kurang memuaskan
  • Tidak ada mode skirmish (perang melawan komputer) dan LAN
  • Standar spesifikasi komputer yang tinggi

Cocok Untuk Gamer

Mencintai seri game Battlefield, menyukai perang massal, dan menyukai kompetisi dengan pemain lain.

Tidak Cocok Untuk Gamer

Tidak menyukai mode multiplayer dan tidak mau bekerjasama dengan pemain lain.

Spesifikasi PC Minimum

OS: Windows Vista SP2
Processor: 2 GHz Dual Core (Core 2 Duo 2.4 GHz atau Athlon X2 2.7 GHz)
Memory: 2 GB
Graphics: 512 MB RAM (NVIDIA: GeForce 8, 9, 200, 300, 400, atau 500 series) (ATI: Radeon 3000, 4000, 5000, atau 6000 series)
Hard Drive: 20 GB
DirectX 10.1

Info

Publisher: Electronic Arts
Developer: Dice
Jenis: Action First Person Shooter
Batas Umur: Dewasa (umur 18+)

Website Resmi

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…