in: Games | November 1, 2011 | by: David Novan

Review Forza Motorsport 4: Simulasi Balapan Terkeren di XBOX 360!

Upgrade Mobil Anda!

Hasil jerih payah Anda memenangkan semua balapan dalam game ini terdiri dari uang, poin pengalaman, dan poin affinity. Kegunaan uang tentu saja Anda sudah mengetahuinya. Sedangkan poin pengalaman dan poin affinity berguna untuk meningkatkan level pengendara dan level affinity Anda. Apa kegunaan dari dua jenis level ini? Bukankah uang saja sudah cukup untuk membangun mobil terbaik? Ternyata, mereka sangat membantu Anda untuk berkembang lebih cepat. Level pengendara akan memberikan Anda bonus mobil baru yang kompetitif dan terbilang bagus untuk kelasnya.

Selain mengikuti World Tour, Anda dapat memilih sendiri balapan berdasarkan kelas mobil

Level affinity berfungsi sebagai indikator kecocokan Anda dengan pabrik pembuat mobil yang digunakan. Bila Anda menggunakan sebuah merek mobil, sebagai contoh Honda, maka Anda akan mendapatkan poin affinity untuk Honda. banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari tingginya level affinity terhadap sebuah merek, misalnya mendapatkan diskon untuk semua harga upgrade mobil dan bonus uang yang besar. Bahkan Anda dapat membeli part upgrade dengan gratis bila levelnya cukup besar (plus mendapatkan uang bonus!).

Upgrade dapat Anda lakukan dengan mudah melalui menu Home. Cukup banyak yang bisa Anda lakukan di menu ini selain upgrade, seperti mengubah warna mobil, mengatur kartu profil pemain, menghias mobil dengan beragam vynil, melihat koleksi foto dan replay, serta tuning mesin mobil. Untuk upgrade sendiri, Anda dapat memilih dua cara. Bila Anda ingin mengatur sendiri part apa saja yang dibeli, maka gunakan upgrade biasa. Namun, bila Anda malas mengaturnya, maka cukup pilih opsi Quick Upgrade. Pada opsi ini, Anda tinggal memilih kelas mobil berdasarkan Horse Power (HP) dan game ini akan merakitnya.

Anda akan mendapatkan uang dan poin pengalaman setelah memenangkan balapan
Atur performa mobil supaya sesuai dengan gaya mengendara Anda

Opsi tuning mesin dan body merupakan cara lain untuk membuat performa mobil Anda sesuai dengan keinginan. Perangkat yang dapat Anda gunakan cukup lengkap dan akurat. Bahkan, Anda dapat juga melakukan benchmark terhadap mobil Anda. Jadi, Anda dapat melihat sendiri performanya secara umum. Bila Anda adalah pemula di bidang simulasi racing, bagian tuning ini juga memberikan keterangan lengkap atas semua bagian yang dapat Anda ubah. Oleh karena itu, jangan takut bereksperimen untuk mendapatkan setelan mobil yang cocok dengan gaya mengemudi Anda!

Ketika Anda meng-upgrade performa kendaraan Anda, harap selalu memperhatikan total HP-nya. Sebab, Forza 4 menggunakan batasan kekuatan mesin untuk klasifikasi pertandingannya. Anda tidak dapat masuk ke dalam lomba untuk kelas 200 HP bila mobil Anda berada di atasnya. Begitu juga bila mobil Anda terlalu rendah dari batasan tersebut. Untungnya, Forza 4 memberikan opsi untuk langsung meng-upgrade (atau downgrade) mobil ketika ingin memasuki pertandingan yang tidak cocok dengan kelas mobil Anda. Anda juga bisa melepas batasan kelas tersebut melalui setting tingkat kesulitan. Namun, tentu saja tindakan ini akan memengaruhi besarnya uang yang Anda terima ketika memenangkan pertandingan.

Part upgrade yang dapat dibeli cukup banyak jenisnya

Percantik Mobil Anda!

Balapan dengan menggunakan mobil super cepat bukan berarti Anda tidak memikirkan penampilan ‘kan? bahkan, Forza 4 mendorong Anda untuk membangun penampilan mobil yang unik melalui feature membuat vynil. Setiap vynil yang Anda buat sendiri bisa menampung sekitar 1000 lapisan gambar! Jadi, Anda dapat membuat gambar yang kompleks untuk kemudian ditempel di mobil Anda. Selain itu, Anda juga dapat meng-upload gambar tersebut ke server Forza 4 dan pemain lain dari seluruh dunia dapat menempelnya di mobil mereka!

Buat dan tempel vynil di mobil Anda

Kemudian apa lagi yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik mobil? Tempelkan saja beragam part untuk mengubah bentuk body mobil Anda. Walaupun part ini pada dasarnya berguna untuk mendukung performa mobil, tidak ada salahnya bila mereka juga digunakan untuk membuat mobil terlihat keren. Kemudian, Anda dapat menggunakan fasilitas foto untuk membuat gambar dari mobil tersebut. Feature foto ini juga tidak kalah kompleksnya. Selain dapat mengatur beragam setting layaknya kamera DSLR, ia juga memberikan akses ke beragam jenis efek foto, seperti sephia dan hitam putih.

Beragam Feature Tambahan yang Menarik

Forza 4 memiliki banyak feature tambahan yang tidak dapat dilewatkan begitu saja. Apalagi dukungan game ini terhadap Kinect merupakan sesuatu yang menarik untuk digarap. Pertama, Anda diberikan akses untuk memainkan game ini dengan menggunakan Kinect. Hal ini tentu saja akan melelahkan. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri merupakan pengalaman bermain simulasi balapan yang menarik untuk dicoba. Anda juga dapat menggunakan Kinect hanya untuk feature Head Tracking saja. Pada feature ini, Kinect akan mendeteksi gerakan kepala Anda untuk menggerakkan kamera. Jadi, Anda dapat melihat kaca spion ketika berada di dalam kokpit mobil hanya dengan menengok sedikit saja!

Mode foto menawarkan banyak fungsi layaknya kamera DSLR
Temukan mobil dambaan hati Anda dan kumpulkan uangnya!

Game ini juga mendukung feature menarik lain yang tidak kalah kerennya, seperti penggunaan multi monitor, online market untuk melelang mobil Anda (atau membelinya), mengatur kartu profil yang merupakan identitas Anda di dunia Forza 4 online, dan menyewa pengemudi untuk menggantikan Anda ketika lelah balapan (dengan bayaran setengah dari hadiah uang dan Anda tidak mendapatkan poin pengalaman). Selain itu, Anda juga dapat bermain bersama rekan Anda dalam mode split screen. Bila Anda memiliki layar yang besar, mode permainan ini merupakan opsi menarik untuk dimainkan bersama teman.

Kesimpulan

Bila Anda mencintai balapan simulasi dan mobil keren, maka Forza 4 merupakan surga untuk Anda! Begitu banyak feature menarik yang dapat Anda selami dan dukungan tampilan yang begitu indah seakan membuatnya sempurna. Dari semua feature yang ditawarkannya, Auto Vista keluar sebagai sebuah permata paling berkilau. Mode ini bagaikan mimpi menjadi kenyataan untuk para pecinta mobil kencang.

Kelebihan

  • Simulasi balapan yang seru
  • Banyak feature yang menarik untuk pecinta mobil
  • Upgrade mobil dan tuning yang kompleks
  • Perangkat “membuat vynil” yang menarik
  • Koleksi mobil dengan jumlah yang besar
  • Mobil dapat mengalami kerusakan hingga mati mesin

Kekurangan

  • Harus instalasi DVD kedua untuk akses mobil terbaik
  • Tidak dapat skip ketika komentator berbicara terutama ketika mengikuti World Tour
  • Terlalu mudah mendapatkan poin affinity dan mendapatkan diskon 100 persen

Cocok Untuk Gamer

Pecinta mobil balap dan penggemar simulasi balapan.

Tidak Cocok Untuk Gamer

Penggemar balapan arcade.

Info

Sistem: XBOX 360
Publisher: Microsoft Game Studios
Developer: Turn 10
Jenis: Racing Simulation
Batas Umur: Semua umur

Website Resmi

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES