in: Processors | November 21, 2011 | by: Bhisma Sidarto

Review Intel Sandy Bridge E: Core i7 3960X dan 3930K

MediaEspresso 6.5

MediaEspresso 6.0 merupakan versi terbaru dari aplikasi transcoding video. Aplikasi ini mampu mengubah sebuah format video ke format video lainnya (seperti video format Blackberry, Apple iPhone, dan lain-lain). Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah dukungan terhadap feature AMD (ATI) Stream, NVIDIA CUDA, dan di versi terbaru aplikasi ini mendukung Intel Quick Sync. Hasil pengujian disajikan dalam satuan waktu. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan, semakin baik.

Sandy Bridge-E meniadakan salah satu fitur unggulan dari Sandy Bridge yaitu Intel Quick Sync. Namun, dengan hasil pengujian di atas, kemampuan dari Sandy Bridge-E masih bisa bersaing dengan menggunakan pure clock speed. Walau begitu, hasilnya masih tidak bisa bersaing dengan hasil yang menggunakan Intel Quick Sync.

Photoshop CS 5

Photoshop CS5 merupakan aplikasi editing gambar yang begitu populer dan banyak digunakan user. Kami mengujinya menggunakan Action bernama Photoshop Speed Test yang telah sedikit kami modifikasi untuk lebih mencerminkan operasi-operasi yang biasa dilakukan apabila bekerja dengan Photoshop. Aplikasi ini menekankan kepada kinerja prosesor dan memory yang baik. Hasil pengujian disajikan dalam satuan waktu. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan, semakin baik.

Pada saat Photoshop dijalankan, mode x64 bit menunjukkan peningkatan yang cukup berarti karena kemampuan sistem dapat digunakan secara optimal. Dengan menggunakan memory quad channell dan clock speed lebih tinggi, Core i7 3960X dan 3920K mampu mengungguli Core i7 2600K yang menggunakan dual channel dan Core i7 980X yang menggunakan triple channell.

WinZip15

WinZip merupakan aplikasi kompresi file ke format Zip. File hasil kompresi dapat diproteksi dengan password yang dienkripsi dengan metode AES (Advanced Encryption Standard). Beberapa prosesor keluaran terbaru dilengkapi instruksi AES agar proses enkripsi dapat berjalan lebih cepat. Hasil pengujian disajikan dalam satuan waktu. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan, semakin baik.

Di pengujian di atas terlihat penggunaan core Sandy Bridge dan Sandy Bridge-E menghasilkan hasil yang identik. Efisiensi dari kedua jenis core menunjukkan keunggulannya jika dibandingkan Gulftown.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Tags: