LOGO

Review PC Apps – AHD Subtitle Maker Pro: Membuat Subtitle Film Sendiri

Sering kali kita mendapatkan sebuah film dengan alur cerita yang sangat baik tetapi kita tidak mengerti jalan cerita film tersebut. Biasanya, hal ini terjadi karena subtitle yang ada tidak dibuat dengan baik atau bahkan ada bagian dari percakapan yang tidak diterjemahkan.

Halaman awal

Rasanya akan sangat mengganggu bila subtitle dari film kesayangan Anda tidak dapat mengartikan percakapan dengan baik. Jika itu yang terjadi, mungkin sudahs aatnya Anda membuat subtitle sendiri. Ya, sendiri! Bagaimana caranya? Anda bisa memanfaatkan sebuah aplikasi bernama AHD Subtitle Maker Pro.

Platform

Acer 1810TZ

Prosesor: Intel Pentium SU4100
Chipset: Mobile Intel® GS45 Express Chipset
Memory: 2 GB DDR2
Display: 1.6″ HD 1366 x 768 (WXGA)
Hardisk: 300 GB
WiFi: 802.11b/g
OS: Windows 7 Home Premium 64 bit

Instalasi

Pastikan Anda mengunduh aplikasi ini dari situs resmi yang disediakan oleh pihak pengembang di http://ahd-subtitles-maker.webnode.com/downloads/. Berdasarkan pengujian yang sudah kami lakukan, situs lain penyedia aplikasi ini mengandung virus/worm/trojan/script. Maka, sebaiknya unduh aplikasi ini langsung dari situs resminya. Situs resmi ini menyediakan dua pilihan file untuk diunduh: setup file dengan kapasitas 4.8 MB dan sebuah zipfile berkapasitas 2.9 MB yang langsung dapat digunakan sebagai portable software.

Proses instalasi

Pihak pengembang sendiri menyatakan bahwa aplikasi ini dapat berjalan seratus persen di OS Windows 7. Proses instalasi dengan menggunakan file setup yang telah kami unduh dapat berjalan lancar tanpa ada masalah, begitu pula dengan portable AHD Subtitle Maker Pro yang kami simpan di sebuah flash disk dan mencoba untuk menjalankannya di beberapa PC lainnya.

Feature

Sebagai alat bantu untuk membuat sebuah film dengan subtitle yang tepat, aplikasi ini mendukung teks file yang paling banyak digunakan dan hasilnya dapat diputar di berbagai media player. Software ini juga mengizinkan Anda untuk mengedit subtitle yang telah ada tanpa harus ada script terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa feature yang ditawarkan pihak developer di aplikasi ini.

  1. menciptakan subtitle dengan teks yang paling banyak digunakan oleh khalayak umum;
  2. mengedit subtitle yang telah ada hanya dengan menggunakan mouse, tidak perlu memasukkan nomor atau angka untuk mempermudah pengeditan;
  3. menciptakan ID3 atau sinkronisasi lirik dan kemudian menyimpannya dalam bentuk mp3 file;
  4. untuk menjamin akurasi aplikasi ini dapat menggunakan time format;
  5. menggunakan multitrack proyek dengan menyimpan subtitle data di subtitle track;
  6. mendukung semua encoding yang ter-install di Windows;
  7. dapat diedit langsung tanpa harus menyimpannya terlebih dahulu;
  8. interface software mendukung berbagai bahasa.

Dari beberapa feature yang telah ditampilkan di atas, dapat dilihat bahwa aplikasi ini mendukung berbagai teks format untuk kemudahan penggunaan dan pembuatan subtitle. Selain itu, software ini juga mendukung third party aplikasi dalam pembuatan subtitle. Software ini juga menawarkan beberapa feature menarik lainnya.

Pengujian

Pada dasarnya, software ini dapat membantu Anda membuat subtitle atau mengedit subjudul dengan menggunakan mouse! tidak perlu memasukkan nomor, hanya memindahkan teks, kemudian mensinkronisasikannya hanya dengan menggunakan ujung jari Anda. Kemudahan ini memang ditawarkan oleh pihak pengembang sebagai salah satu feature utama yang dapat diandalkan.

Daftar fungsional editing aplikasi ini cukup mengesankan, Anda dapat menerjemahkan, memasukkan, atau menyalin teks yang telah dipilih. Ini sangat berguna dalam editing subtitle yang telah ada. Selain itu, untuk memperoleh keakurantan editing, software ini juga menggunakan timeline sehingga Anda dapat mengedit sesuai dengan bagian waktu scene yang ditayangkan.

Utilities ini juga mencakup feature auto deteksi encoding yang dapat membantu para pengguna menentukan pengodean yang tepat untuk mengimpor atau mengekspor dan juga mendukung semua encoding yang telah didukung oleh Windows. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat lagu dengan liriknya.

Beberapa feature tambahan juga disertakan aplikasi ini, seperti kemampuan untuk menerjemahkan sebuah teks dengan menggunakan Google Translate. Sementara itu, untuk mengimpor atau mengekspor file subtitle, aplikasi ini juga menyediakan konverter sendiri sehingga Anda tidak perlu repot menggunakan software pihak ketiga.

konverter

Support

Di bawah bendera GNU Public Lisensi, software ini dapat Anda gunakan secara gratis bahkan dapat dimodifikasi atau didistribusikan secara gratis pula. Bila Anda hendak memodifikasi, pihak pengembang menyediakan source code yang dapat diunduh tanpa harus membayar uang sepeser pun. Official website yang tersedia menyediakan panduan file, FAQ, dan Support bila Anda mengalami kesulitan terhadap software ini. Selain itu, software ini juga menyediakan tips untuk membantu para penggunanya.

Lisensi

Tips.

Kesimpulan

Untuk para penggemar film yang merasa kurang puas dengan subtitle sebuah film, dapat menyempurnakan subtitle tersebut atau membuatnya sendiri dengan menggunakan aplikasi ini. Sementara itu, untuk para developer yang hendak mengembangkan utilities ini lebih jauh dapat mengunduh source code yang disediakan di situs resminya.

Keterangan

Kategori
PC Apps, Utilities, Video

Platform
Windows Xp/2000/Vista/Seven

Situs resmi
http://ahd-subtitles-maker.webnode.com/

Unduh File
http://ahd-subtitles-maker.webnode.com/downloads/

Comments

  1. john says:

    Bro, punya tutorial bahasa Indonesiannya nda? Soalnya saya sudah punya softwarenya tapi malah bingung cara pakenya.

Random Articles
Back to Top