in: News | November 22, 2011 | by: Dian Syarifuddin

Samsung Galaxy S III Akan Gunakan Prosesor Quad-core Exynos 4412?

Sejatinya, sebuah perangkat smartphone tipe high-end selalu memiliki fitur istimewa dan disertai dengan penggunaan beberapa perangkat hardware yang lebih tinggi dibandingkan dengan perangkat smartphone terdahulu. Itu pun berlaku bagi Samsung. Setelah mengalami penjualan yang cukup fantastis di tahun ini berkat smartphone Samsung Galaxy S II-nya, kini beredar kabar kalau Samsung akan menghadirkan generasi berikutnya untuk perangkat smartphone seri tersebut, Samsung Galaxy S III.

Jika kita melihat kembali spesifikasi yang terdapat di perangkat smartphone Samsung Galaxy S II, yang memiliki prosesor cukup andal, yaitu dual-core 1.2 GHz Exynos 4210, tentunya untuk seri lanjutan smartphone tersebut harus memiliki prosesor yang lebih hebat. Belum lama ini, perusahaan manufaktur terbesar asal Korea Selatan tersebut telah memperkenalkan salah satu prosesor terbarunya, yaitu Quad-core Exynos 4412 yang memiliki kecepatan 1.5 GHz. Selain itu, mereka telah melakukan uji coba yang baru-baru ini telah muncul melalui arsip Linux Kernel.

Quad-core Exynos 4412 yang berukuran 32nm tersebut dirancang dengan teknologi ARM Cortex-A9 yang kemungkinan besar memiliki kemampuan penggunaan sumber daya yang lebih efisien. Adapun kemampuan performa 3D graphics sudah ditingkatkan hingga 50 persen dibandingkan prosesor sebelumnya.

Selain itu, ada kemungkinan besar bahwa Samsung Galaxy S III akan menggunakan GPU terbaru yang dengan nama Mali-T604, di mana kemampuan GPU tersebut lima kali lebih hebat dibandingkan dengan Mali graphics lainnya yang mendukung prosesor berskala lebih dari 4 core. Tampaknya, prosesor quad-core Exynos 4412 dan GPU Mali-T604 yang jika nantinya terdapat di Samsung Galaxy S III pastinya akan menjadi kombinasi sempurna.

Belum lama ini, NVIDIA telah memperkenalkan salah satu prosesor terbarunya, Tegra 3 quad-core, yang berukuran 40nm. Dengan kehadiran prosesor terbaru Exynos 4412 quad-core berukuran 32nm, akankah Samsung akan menjadi pesaing utama bagi NVIDIA?

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES