in: News - Otomotif | November 29, 2011 | by: Ernest Dimitria

Sergio Scaglietti Meninggalkan Dunia dengan Model-model Ferrari Legendaris

Awal bulan Oktober merupakan waktu yang menyedihkan bagi industri TI. Pasalnya, industri tersebut kehilangan salah satu sosok ikonik yang membantu perkembangan pasar multimedia player, smartphone, dan tablet. Steve Jobs tidak hanya menemukan Apple Inc., tetapi juga memimpin perusahaan dari Cupertino, California, tersebut ke masa kejayaannya melalui jajaran iPhone dan iPad yang terus menjadi perbincangan dalam persaingan pasar ICT. Kali ini, di akhir bulan November, industri otomotiflah yang kehilangan sosok bersejarah yang menghadirkan berbagai desain ikonik dalam dunia otomotif dan motorsport.

Nama Sergio Scaglietti mungkin masih asing, bahkan di telinga para pencinta otomotif dunia. Pria yang meninggal dunia minggu ini di umurnya yang ke-91 ini merupakan salah satu perancang desain sejumlah model mobil Ferrari. Karirnya dimulai di sebuah bengkel di kota Modena, Italia, setelah Perang Dunia II usai. Letak bengkel ini tidak jauh dari pabrik Ferrari yang pada saat itu hanya memproduksi mesin dan rangka mobil, kemudian mengirimkannya kepada sejumlah orang yang secara manual membangun mobil tersebut.

Keahlian Scaglietti pun berhasil menarik perhatian Enzo Ferrari yang memberikannya kesempatan untuk mendesain mobil-mobil pabrikan Ferrari. Pada tahun 1954, Scaglietti yang menggunakan imajinasi dan kemampuannya menempa lembaran aluminium dalam menghasilkan desain mobil berkualitas secara resmi diangkat sebagai pegawai Ferrari. Karya-karyanya yang lahir di era ’50 dan ’60-an—seperti Testa Rossa, 250 GTO, 500 Mondial, dan California Mondial—merupakan jajaran mobil Ferrari dengan desain yang legendaris. Bahkan model-model tersebut kini menjadi barang koleksi senilai jutaan dollar.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES