LOGO

AMD FX-4100 vs Intel Core i3 2100

Part: 1 2 3 4

AMD sudah meluncurkan prosesor terbarunya untuk soket AM3. Untuk kelas mainstream, AMD menyediakan FX-4100. Dengan 4 core dan kecepatan frekuensi 3,6 GHz, apakah pendatang baru ini bisa bersaing dengan Intel Core i3 2100 yang sudah cukup lama menguasai kelas ini?

Dari sisi spesifikasi, terlihat bahwa AMD FX-4100 menawarkan potensi yang lebih baik. Cache memory lebih besar, kecepatan lebih tinggi, dan jumlah core lebih banyak membuat FX-4100 tampil lebih baik. Setidaknya, di atas kertas. Sementara, Intel Core i3 2100 hadir dengan kecepatan lebih rendah (bahkan tanpa turbo) dan jumlah core lebih sedikit. Meski demikian, hyperthread Intel (yang membuatnya mampu menjalankan 4 thread) umumnya bisa bersaing dengan core sesungguhnya. Selain itu, keefisienan arsitektur Sandy Bridge juga harus diperhitungkan.

Harga kedua prosesor ini relatif sama. Keduanya berada di kisara 1 juta rupiah. Jika kita melihat dari sisi dukungan platform, keduanya sudah memiliki dukungan motherboard yang cukup murah. Di kemudian hari, memilih prosesor AMD bisa mengarah ke investasi yang lebih ringan. Seperti biasa, produsen board akan menyediakan solusi AMD dengan harga yang lebih murah dibandingkan solusi Intel. Sayangnya, untuk saat ini hal tersebut belum terjadi.

Platform Pengujian

Prosesor
Intel Core i3 2100
AMD FX-4100

Motherboard
MSI Z68A-GD80
ASUS Crosshair V Formula

Memory
Kingston KHX1600C9D381K2/4GX

Graphic Card
NVIDIA GTX 560 ti

Power Supply
CoolerMaster 800 Watt Silent Pro Gold

Part: 1 2 3 4

Comments

  1. praetorian81 says:

    @clockers : udah baca belum sih pernyataan amd tentang patch nya bulldozer ? silahkan liat dsini : http://blogs.amd.com/play/2012/01/11/early-results-achieved-with-amd-fx-processor-using-windows%C2%AE-7-scheduler-update/

  2. Jane's Hardware says:

    core i3 2100 emang kencang..meski hanya 2core namun score menyamai 4core..
    Meski fps yg tertera pada fraps sama tinggi namun, pada kenyataanya pada performa yang dirasakan saat bermain game terjadi “micro-stuttering”, dimana pada 4 core tidak terjadi dan performa frame to frame lebih mulus. [paling enak Core i5 hehe]

  3. praetorian81 says:

    @Jane’s Hardware : kok gw enggak pernah denger isu ini di web ya ? kalo dengan pentium G mungkin terjadi terjadi stuttering, kalo 2100 ? kayaknya enggak deh…ada link yang bisa dishare sebagai bukti kasus ini ?

  4. DemangLehman says:

    Jawaban Semua Teknologi Yang Berkembang Selama Bertahun – Tahun Perlu Pengkajian Ulang dari Sebuah Perusahaan Untuk Launching Kan Sebuah Product.Inti x Tidak ada Yang Salah dan Tidak Ada Yang Benar…..karena Setiap Hasil Pasti Berbeda Ngk ada Yang Sama…Karena Perbedaan Itulah Yang Menjadikan Mereka Untuk Terus Berinovasi Untuk Teknologi Masa Depan…..Sama Hal x Kita Hidup Di Dunia Berbeda – Beda Agama, Ras,Golongan…..Manusia Diciptakan Tidak Sempurna….Tapi Tuhan Maha Sempurna….Itulah Jadi x Manusia Dianggap Mahluk Paling Sempurna Diatas Mahluk Lain x…So>>Semua Perlu Proses Lets Go To INTEL & AMD.Persaingan Mu kami Tunggu…..Kami Hanya User Aja Ngk bisa Bikin Product Seperti Kalian Aahahahahahaha……Tq ” XD

  5. 8core says:

    atas neh pendeta ato hardware enthusiast sihh? pakai bawa sabda segala. alamakkk!

    4 real core – better & smooth multitasking
    2 core 4 Thread sandybridge – faster drpd amd tp belum tentu smooth multitasking
    memang masalah “smooth” ini tidak ada benchmarknya, angka benchmark tinggi blm tentu waktu play smooth . makanya web review hardware yg bagus selalu menyertakan Minimun FPS benchmark. Jauh lebih penting daripada Max FPS benchmark.

  6. Adam says:

    sejatinya FX4100 adalah FX 8-core hanya didisable 4 core lainnya dan tidak mungkin diunlock seperti pendahulunya fenom

    yah menurut saya sih lebih enaknya diaplikasikan langsung aja untuk penggunaan sehari2 kira2 siapa yg mau coba XD

    Yah sebaiknya AMD lover siap2 aja katanya sih phenom hanya akan sampai 2012 produksinya selanjutnya AMD akan fokus ke FX ama A-series

    gw AMD lover tapi sayang kalo VGA gw Nvidia Lover :)
    jadi selalu AMD pasang ama Nvidia

    tetep pake AMD paling gampang upgrade kedepannya nggak sering2 ganti socket
    dan teknologi mobo murah pengalaman dulu beli pc Intel budget sama AMD sama
    Mobo intel cuma dapet DDR1 AMD udah DDR2 mungkin sekarang ampir sama yach harga mobnya
    tapi kalo budget terbatas tetep AMD secara onboard VGA lebih bagus XD

  7. civsen says:

    gan sekalian,,,,saya mau tanya ni,….tu kalau amd fx4100 di overclocking jadi berapa ya kecepatan nya??

    maklum masih awam ni….hehehehehe….atas jawaban nya terima kasih…^^4

  8. asep si akang says:

    nyesel saya beli paketan phenom II X2 padahal kalo diitung-itung sama saja (beda mahaln dikit..dikiiit banget) harga nya dengan core i 3 ..???

  9. Tman says:

    Saya barusan aja beli corei3 2100 H61 Sandy Bridge karena baca review ini.. yang mau ditanyakan kalo masi VGA HD 2000 onboard yang sudah shader 4.1 masih perlu upgrade VGA lagi ya buat main Games?

    contoh (GTA IV, Godfather II, The Sims 3, PES 2012, NFS Shift 2, dsb)

    Saya pecinta AMD sejak pertama kali beli computer.. mulai AMD Duron dan sekarang AMD X2-5000+ yang udah saya pensiunkan.. pengen nyoba intel..

  10. Dedy Irvan says:

    Kalau mau main game serius, prosesor ini sudah sangat baik sekali.. Tapi tetap butuh VGA supaya nyaman.. ini berlaku utk prosesor manapun
    Kalau mau benar2 nyaman bermain game 3D terbaru, bahkan integrated graphics terkencang yg sudah di-overclock pun akan kami bilang msh kurang kencang.

Random Articles
Back to Top