in: News | December 23, 2011 | by: Lucky Natalia

Melalui Siri, Sebuah Piano Akan Memainkan Musik untuk Anda

Satu dekade yang lalu, Anda mungkin tidak akan pernah membayangkan berkeliaran di jalanan mana pun tanpa tersesat karena berbekal GPS. Atau, bahkan mengendalikan peralatan rumah tangga Anda menggunakan perangkat smartphone dari jarak jauh. Saat ini, teknologi-teknologi tersebut memungkinkan. Bahkan, sekarang, Anda bisa meminta sebuah piano memainkan lagu hanya dengan memberikan perintah kepada alat perantaranya, yaitu iPhone 4S melalui teknologi terbarunya, Siri.

Seri piano digital Yamaha, Disklavier, dilengkapi dengan receiver unit yang berfungsi untuk menerima sinyal MIDI yang dikirimkan iPhone 4S melalui WiFi, memungkinkannya untuk memainkan lagu sesuai keinginan pengguna.

Bekerja sama dengan perusahaan produsen instrumen musik ternama Yamaha, iPhone 4S dapat digunakan untuk memberikan perintah kepada sebuah piano untuk memainkan lagu yang ada di playlist. Hanya dengan mengatakan “Play”, judul lagu yang dimaksud akan muncul di layar iPhone 4S dan piano akan mulai memainkannya. Seperti ada sesosok hantu yang duduk di kursi dan mulai menekan tuts-tuts dan pedal piano tersebut! Sedikit menyeramkan tapi awesome!

Rahasia dari teknologi ini berada di receive unit Apple Airport Express yang diletakkan di bagian bawah piano yang akan menerima file dan mengirimkan instruksi ke piano melalui WiFi. Lagu-lagu yang ada di dalam playlist juga merupakan playlist digital spesial yang juga menyimpan versi MIDI-nya—yang akan mengirimkan sinyal MIDI ke piano—yang merupakan format yang dipahami oleh piano. Jadi, lagu-lagu yang diputar akan sama persis dengan versi yang ada di playlist dan pengguna tidak bisa “meminta” pianonya untuk melakukan improvisasi. Anda bisa meminta Siri untuk memerintahkan kepada piano untuk memainkan sebuah lagu, mengulangnya kembali, atau menghentikan permainan. Semuanya bisa dilakukan hanya dengan memberikan perintah layaknya bos kepada atasan. Cool!

Penggunaan teknologi Siri ini dikembangkan oleh Yamaha untuk seri piano digital mereka, Disklavier. Anda bisa melihat video simulasinya di sini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES