[PR] Belanja Online Saat Liburan

Author
Cerira
Reading time:
December 7, 2011

Jakarta, 05 Desember 2011. Tahun 2011 segera berakhir, menyambut kebutuhan liburan akhir tahun, belanja secara online diperkirakan akan mengalami peningkatan. Promo akhir tahun menjadi hal utama yang menarik minat. Selain produk yang diinginkan terdapat di web, konsumen juga bisa melakukan transaksi dengan pilihan pembayaran yang beragam.

Belanja online sangat erat hubungannya dengan keamanan komputer saat bertransaksi di internet, karena selalu ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh penjahat di dunia maya. Masalah bisa ada dimana saja, terkadang disebabkan bug di komputer, buruknya layanan konsumen yang diberikan oleh toko online, atau penipuan oleh scammer, karena momen belanja akhir tahun diikuti pula dengan para scammers yang bermunculan dan membajak transaksi sehingga barang belanjaan yang Anda beli melayang ke pelaku scam, sementara tagihannya tetap Anda yang menanggung.

Berikut tips yang diberikan para peneliti malware di ESET Lab untuk menghindar dari jebakan scam agar para online shopper dapat tetap berburu barang dengan harga miring namun tetap nyaman, dan aman. Tips di bawah ini tidak hanya berlaku di akhir tahun, tetapi sangat relevan sepanjang tahun.

1. Komputer Anda juga perlu ditune-up: Layaknya tune-up pada mobil, komputer juga butuh perhatian sebelum bekerja -belanja dan aktivitas online lainnya. Lengkapi dengan aplikasi untuk proteksi, antivirus, updating terutama pada aplikasi antivirus dan patching pada browser, operating system. Patching akan membantu Anda mencegah infeksi malware dan serangan scam, juga untuk menjaga agar komputer tetap bekerja dengan baik.

image0051

2. Belanjalah di situs yang sudah dikenal: Berbelanjalah di situs-situs belanja yang sudah memiliki reputasi sebagai toko online, sehingga mampu memberikan penjelasan lebih akurat terhadap barang yang dijualnya, mengirimkan dengan aman dan tiba tepat waktu.

image007

3. Waspadai tawaran-tawaran harga yang sangat murah: Tawaran sangat murah biasanya diberikan untuk barang-barang yang sedang trend. Jika tawarannya tidak masuk akal, demi keamanan Anda abaikan saja tawaran tersebut, karena biasanya menyimpan resiko keamanan. Tidak semua promo menipu, namun bijaklah dalam memilih terutama dengan mempertimbangkan risiko dibalik janji manis yang ada.

4. Pastikan transaksi hanya di link web yang aman: Saat melakukan transaksi dan pemesanan barang di website, pastikan website tersebut menggunakan SSL (Secure Sockets Layer), yang menjadi standard untuk keamanan transaksi. Perhatikan tanda ‘https‘ (lihat gambar dibawah) atau “shttp’ di depan alamat web dan bukan ‘http’ saat Anda masuk pada proses transaksi. Pastikan terlihat simbol kunci atau gembok pada browser window.

5. Pikir dahulu sebelum bertindak: Waspadai tawaran yang datang lewat e-mail untuk pembelian segera, terutama jika e-mail tersebut e-mail yang tidak dikehendaki atau seakan-akan dikirim oleh kawan Anda di situs jejaring sosial. Untuk menengarainya, bisa dilihat dari penggunaan bahasa Inggris ataupun bahasa lain yang cenderung acak-acakan, atau bisa juga isnya terlalu umum atau tidak jelas. Jika menurut Anda tawaran tersebut masuk akal, sebelum Anda melakukan pembelian, search dulu di google agar lebih meyakinkan Anda bahwa web tersebut bukanlah web palsu yang dibuat untuk melakukan kejahatan. Jika Anda memakai ESET Smart Security, Anda akan terhindar dari email-email sampah berisi penawaran yang mencurigakan karena selain berisi antivirus, sistem proteksi ESET Smat Security dilengkap dengan antispam.

image013

6. Jangan berbelanja online di hotspot yang bocor: Jika Anda perlu berbelanja di tempat ber-WiFi, di ruang publik, pastikan komputer Anda terlindungi dengan optimum.

ESET Smart Security 5 akan memberikan notifikasi saat Anda berada di jalur hotspot. Pastikan Anda memilih “Strict protection” karena Anda pasti tidak ingin ada orang yang menyambar data personal Anda saat Anda mengisi data tersebut dari laptop (atau smartphone, maupun tablet).

image017

7. Gunakan Kartu Kredit: Banyak penjual, baik di mall maupun online, akan lebih memilih kartu debit ketimbang kartu kredit karena biaya transaksi lebih murah. Tetapi untuk belanja pada saat momen tertentu seperti liburan, tetapkan untuk menggunakan kartu kredit karena lebih aman.

8. Permintaan iinformasi detil: Beberapa malware ada yang bisa menambahkan pertanyaan di form isian yang Anda gunakan saat berbelanja online, sehingga jika pada website belanja Anda temukan terlalu banyak pertanyaan yang tidak berhubungan dengan pembelian Anda, seperti meminta nomor jaminan sosial, ID, hanya untuk melengkapi pemesanan bunga misalnya, maka segera hentikan transaksi lalu lakukan scanning anti malware.

9. Jangan berharap mendapat uang hanya dengan menjawab pertanyaan: Ada beberapa website resmi yang melakukan survey-survey lewat internet seperti survey kepuasan konsumen dan layanan. Biasanya muncul dalam bentuk pop-up. Banyak diantaranya yang menjanjikan hadiah uang maupun kupon belanja meskipun hanya untuk menjawab pertanyaan sederhana. Jika menemui hal tersebut, abaikan saja, dan tutup pop-up tersebut dan jangan pernah memberikan data pribadi Anda.

10. Tetap waspada meskipun di hari libur: Saat memasuki tahun baru, biasanya aktivitas akan berkurang, dan masyarakat cenderung tidak mau disibukkan dengan dokumen bank statements maupun credit card statements yang datang secara reguler baik melalui e-mail maupun surat. Masyarakat juga cederung merasa tidak terlalu banyak melakukan pengeluaran. Tetapi jika Anda terkena scam, maka dokumen tersebut bisa menjadi data awal, oleh sebab itu jangan abaikan credit card statement

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…