in: News | December 30, 2011 | by: Dian Syarifuddin

Prosesor Terbaru Dual-Core Intel Atom Siap Hadirkan Netbook yang Hemat Baterai!

Saat ini, perangkat netbook seolah-olah telah menjadi sebuah perangkat yang wajib dimiliki oleh beberapa kalangan untuk membantu segala macam urusan, baik dalam hal pekerjaan maupun tugas kuliah. Dirancang dengan desain yang begitu mobile serta memiliki bobot yang ringan, netbook telah menjadi sebuah perangkat yang diidolakan banyak orang.

Namun, beberapa kalangan yang memiliki perangkat netbook mengeluhkan performa perangkat ini, baik dari segi spesifikasi dan juga daya tahan baterainya. Kini, Intel dikabarkan telah menyiapkan prosesor terbaru di seri Intel Atom untuk digunakan oleh generasi terbaru netbook.

Rabu (28/12), Intel sudah mulai mengapalkan prosesor terbaru untuk seri Intel Atom yang dirancang khusus untuk perangkat netbook. Pada saat dikembangkan oleh Intel, prosesor Intel Atom dual-core tersebut diberi kode nama Cedar Trail. Selain itu, Intel pun mengklaim bahwa prosesor tersebut menggunakan sumber daya yang lebih hemat. Penggunaan sumber daya di prosesor ini lebih hemat hingga 20% dibandingkan prosesor Intel Atom terdahulu. Hal ini dapat membuat netbook memiliki daya tahan baterai lebih lama. Bahkan dikabarkan baterai netbook tersebut nantinya mampu bertahan hingga 10 jam hanya dalam melakukan satu kali charge.

Beberapa perusahaan manufaktur pun dikabarkan telah siap untuk menggunakan prosesor Cedar Trail dan memproduksi netbook generasi terbarunya, di antaranya Hewlett Packard, Acer, Lenovo, Toshiba, Asus, dan Samsung. Diperkirakan, netbook tersebut siap dipasarkan awal Januari 2012 mendatang dengan perkiraan harga sekitar USD199.

Prosesor Cedar Trail ini terbagi dalam dua seri, yaitu Intel Atom N2600 yang memiliki kecepatan hingga 1.6 GHz dan Intel Atom N2800 yang memiliki kecepatan hingga 1.86 GHz. Penggunaan sumber daya untuk seri N2600 hanya sekitar 3,5 watt, dan untuk seri N2800 penggunaan konsumsi daya hanya mencapat 6,5 watt.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES