Review Android Apps – Booking.com: Pemesanan Hotel Menjadi lebih Mudah

Reading time:
December 21, 2011

Bagi Anda yang memutuskan untuk berwisata, perencanaan yang matang adalah kunci kesuksesan dari liburan yang akan dilaksanakan. Mulai dari tujuan tempat wisata, perbekalan, rencana kegiatan, transportasi, penginapan, sampai hal-hal kecil pun harus diperhatikan. Bila semuanya sudah siap, barulah Anda bisa berangkat dengan hati mantap.

Pertama10

Untuk mendapatkan tempat penginapan yang strategis, nyaman, aman, dan sesuai dengan anggaran kantong di liburan kali ini, Booking.com adalah aplikasi yang tepat untuk membantu Anda. Dengan bantuan utilities ini, Anda dapat melakukan pemesanan tempat penginapan di berbagai belahan dunia.

Petrtama2

Platform

SONY ERICSSON XPERIA X10 MINI

Prosesor: 600 MHz

RAM: 160 MB

Network: HSDPA, WiFi

Bluetooth: 2.0 A2DP

GPS: AGPS Support

Display: 240 x 320 touchscreen

OS: Eclair 2.1.1

Instalasi

Dari beberapa informasi yang kami peroleh, tampaknya aplikasi ini cukup terkenal karena memiliki rating 5763 di Android Market Place. Kami mengunduh Booking.com versi 3.1.1 dengan kapasitas file berkisar 6.93 MB. Sementara itu, setelah proses instalasi selesai, aplikasi ini akan memakan ruang kosong di memory sebesar 8.93 MB.

Fitur

Dengan tujauan utama memberikan akses dan data dari berbagai hotel di segala penjuru dunia, Anda langsung dapat melakukan pemesanan tanpa harus menelepon pihak hotel yang diinginkan. Dengan cara seperti ini, Anda sudah dapat menghemat waktu dan pengeluaran dalam pencarian tempat penginapan. Aplikasi kali ini memiliki beberapa fitur menguntungkan sebagai berikut.

Hotel – Aplikasi ini memiliki database hotel yang sangat banyak. Lebih dari 50 hotel yang tersebar di kawasan tertentu dapat ditampilkan oleh software ini. Dengan dukungan lebih dari 170 negara di berbagai belahan dunia, Anda dapat melakukan wisata ke mana pun Anda inginkan. Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah penginapan karena ke mana pun tujuan Anda, aplikasi ini siap membantu.

Hotel

Location – Aplikasi ini menggunakan bantuan GPS untuk menentukan lokasi Anda. Dengan menentukan lokasi dan tempat tujuan Anda, aplikasi ini akan secara cepat melakukan analisis keberadaan hotel di sekitar Anda. Daftar hotel akan segera muncul dan proses booking langsung dapat dilakukan.

Peta – Untuk mempermudah pencarian hotel dan menuju tempat tersebut, aplikasi ini menyediakan fitur tambahan yaitu peta sehingga lokasi dari keberadaan hotel dapat diketahui dengan cepat dan dapat dituju dengan mudah. Dalam peta yang disediakan, Anda dapat memperkirakan jarak dan beberapa informasi berguna lainnya.

Maps

Searching – Sebelum menjelajahi aplikasi ini lebih jauh, Anda akan dihadapkan kepada sebuah halaman di mana di bagian atas terdapat search box dan di bagian bawahnya ada beberapa isian seperti informasi mengenai jumlah orang yang akan menginap dan jumlah hari yang diinginkan untuk menginap. Kolom ini dapat diabaikan bila Anda memang belum siap untuk mengisinya dan melanjutkan pencarian dengan menekan tombol search.

Seaarching

Favorite – Bila ada hotel yang Anda sukai, aplikasi ini dapat memasukan hotel tersebut menjadi favorit. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengakses hotel tersebut bila di kemudian hari ingin mengaksesnya kembali.

Favorit1

Sharing – Setelah liburan selesai, tidak ada salahnya berbagi informasi mengenai penginapan Anda dengan kolega atau keluarga. Sharing informasi dapat dilakukan melalui Facebook, Twitter, dan email sehingga di mana pun Anda berada, tetap dapat berbagi pengalaman dengan yang lainnya. Semuanya sangat mudah untuk dilakukan.

Pengujian

Dengan memasukkan nama hotel atau kota yang dituju, Anda langsung akan mendapatkan daftar yang berisikan nama hotel dengan rating-nya. Harga kamar terbaik akan muncul dalam satuan dolar US. Setelah memilih salah satu, beberapa informasi seperti gambar contoh keadaan kamar, fasilitas yang disediakan, policy dari pihak hotel, dan lain sebagainya akan muncul.

Gambar Hotel

Pihak pengembang aplikasi ini mengklaim bahwa lebih 200.000 kamar hotel telah di-booking per harinya melalui aplikasi ini. Proses pemesanan dan penggunaan kartu kredit juga diklaim tidak dikenakan biaya oleh aplikasi ini. Sebuah kelebihan yang sangat menguntungkan para pelanggan.

Untuk proses booking kamar, Anda dapat melakukannya langsung dari aplikasi ini dengan menentukan kamar yang akan digunakan, jumlah kamar yang akan dipakai, dan jumlah hari menginap. Setelah semuanya telah diisi, tekan tombol Book Now, lalui si data-data pribadi seperti nama lengkap, nomor telepon, dan lain sebagainya.

Sebelum melakukan booking, kami sangat menyarankan agar Anda membaca review yang telah tersedia dari berbagai orang yang telah menginap terlebih dahulu sehingga Anda dapat membayangkan kondisi kamar dan hotel tersebut. Review-review yang ada akan membantu Anda untuk memutuskan hotel mana yang tepat sesuai keinginan Anda.

Berbagai hotel atau tempat penginapan mendapatkan rating tersendiri dari aplikasi ini berdasarkan review yang diberikan. Anda sendiri juga dapat memberikan pendapat mengenai tempat penginapan yang ada. Apa pun pendapatnya, sebaiknya memberikan fakta agar orang lain tidak terkecoh dan tidak dirugikan.

Review

Booking.com memerlukan koneksi Internet untuk menampilkan berbagai informasi yang diperlukan. Jika Anda tidak mengaktifkan GPS, Anda akan mendapatkan notifikasi error lokasi yang akan muncul berkali-kali  selama Anda mengakses aplikasi ini.

Location Error

Setelah proses pemesanan selesai, tidak perlu khawatir booking-an ditolak pada saat sampai di tempat penginapan. Cukup dengan menunjukkan bukti booking, semuanya akan beres. Selain itu, bila memiliki akun di booking.com, Anda pun dapat melakukan dan mengatur pemesanan melalui situs tersebut.

Satuan mata uang yang digunakan oleh aplikasi ini dapat diubah menjadi beberapa mata uang dunia lainnya dengan cara mengaturnya di menu Setting. Selain itu, Anda juga dapat melakukan berbagai pengaturan lainnya agar aplikasi ini dapat digunakan secara maksimal.

Support

Pihak developer tidak menyediakan file panduan secara offline dan menyediakan beberapa bahasa dunia lainnya untuk menjalankan aplikasi ini. Akan lebih bagus bila aplikasi ini tersedia dalam bahasa Indonesia. Bila masih penasaran dengan utilities ini, Anda dapat mengunjungi situs resminya di www.booking.com atau memberikan feedback ke android-feedback@booking.com.

Kesimpulan

Program ini sangat cocok untuk siapa pun yang sering berpergian baik untuk urusan dinas, kepentingan keluarga, atau hanya sekadar ingin berwisata melepaskan beban sejenak. Serahkan semua urusan pemesanan hotel di mana pun kepada aplikasi ini. Anda pun tidak perlu bersusah payah melakukan pemesanan manual yang menghabiskan energi dan waktu.

Keterangan

Kategori
Android Apps, Utilities, Booking Hotel

Platform
Android 2.1

Vendor
booking.com

Versi
1.3

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…
March 6, 2024 - 0

Ghost of Tsushima Resmi Tuju PC, Rilis Mei 2024!

Perlahan tapi pasti, gamer PC terus menikmati perubahan kebijakan “eksklusivitas”…
March 6, 2024 - 0

Makin Optimal, Tuntutan VGA Minimum Alan Wake 2 versi PC Turun!

  Berbeda dengan konsol yang dibangun dengan hanya satu spesifikasi…