in: Notebook / Laptop | December 19, 2011 | by: Bimanto

Review Asus N45S: Notebook Entertainment dengan Speaker Bang & Olufsen Paling Murah

Notebook di kelas entertaiment selalu menarik perhatian kami. Bagaimana tidak? Biasanya notebook di kelas ini mempunyai desain casing yang cantik dan menawan. Begitu juga dengan notebook langsiran Asus seri N45S yang sempat datang ke meja pengujian kami baru-baru ini. Asus N45S merupakan seri penerus Asus N43SL yang sudah sempat kami review sebelumnya.

Asus N45S mempunyai bentuk casing yang berbeda dengan sebelumnya. Dimensi dari notebook ini tidak banyak berbeda dengan notebook dengan ukuran layar 14″ dan beratnya juga tidak jauh berbeda. Hal yang sedikit mengganggu adalah adaptor yang diberikan berukuran besar, tetapi ini bukan masalah. Anda dapat mencari adaptor pengganti yang berukuran lebih kecil dan ringan yang banyak di jual di pasaran saat ini. Desain dari Asus N45S cukup menarik dengan warna hitam finishing glossy dengan garis chrome di sekeliling layar LCD-nya yang berukuran 14″ dengan resolusi 1366×768. Notebook ini juga ditawarkan dengan warna putih. Tambahan lainnya, sepertinya Anda harus menjaga hati-hati notebook ini karena sedikit rentan terhadap goresan.

Sebelum kita menengok lebih jauh notebook Asus N45S, ada baiknya Anda mengetahui spesifikasi yang terpasang di dalam notebook ini.

Spesifikasi Notebook Asus N45S

  • Prosesor Intel Core i7 2670M 2.2GHz L3 Cache 6MB
  • Chipset Intel HM65
  • Memori DDR3 4GB
  • Hard disk 640GB SATA
  • Graphics NVIDIA GeForce GT 555M
  • Layar 14″ 1366×768
  • Interkoneksi wifi 802.11bgn dan Bluetooth 3.0
  • Port USB 2.0, USB 3.0, HDMI, D-Sub, Audio In/out, Ethernet
  • Webcam
  • Card reader
  • Optical Drive DVDRW
  • Daya Baterai 5200mAh
  • Ukuran (mm) 345x243x33~36
  • Berat (kg) 2.438
  • Berat+Charger (kg) 3.028

Notebook ini telah mengusung prosesor Intel sandy bridge seri terbaru, Intel core i7 2670M. Berarti kinerja yang ditawarkan akan berbeda dengan seri Asus N43SL. Menariknya lagi, Asus N45S mengusung graphics dari NVIDIA Seri GT55M tetapi tidak mengusung teknologi NVIDIA Optimus. Perpaduan ini menjadikan notebook ini mempunyai kinerja yang dapat memainkan game 3D dengan baik—nanti Anda dapat melihat kinerja dari notebook ini di bawah. Selain Anda mendapatkan notebook kelas entertaiment, Anda juga dapat menjadikannya mesin gaming yang mumpuni untuk menghibur Anda.

Berbicara soal layar, Asus N45S menggunakan layar glossy yang akan membuat Anda sedikit terganggu dengan bayangan di sekitarnya. Namun, Anda dapat meminimalisasi hal tersebut dengan cara menaikkan tingkat brightness. Viewing angle-nya juga tergolong baik karena layar tidak mengalami perubahan degradasi warna yang berlebihan jika dilihat dari sisi kiri dan kanan. Layar akan mengalami perubahan degradasi warna apabila Anda melihatnya dari sisi atas.

Kelengkapan

Tampak depan: card reader

Tampak belakang

Power Port, Ethernet, D-sub, HDMI, audio in/out

USB3.0, Optical drive, USB2.0

Bagian bawah: walau hanya mempunyai satu module, tetapi tetap mudah melakukan praktek upgrade.

Port yang diberikan di Asus N45S cukup lengkap. Sayangnya, di notebook Asus seri ini, port eSATA yang ada di Asus N43SL dihilangkan. Akan tetapi, ini bukan masalah karena port ini jarang sekali digunakan. Bila Anda memerlukan transfer data yang cepat dari ekaternal storage, Anda dapat menggunakan port USB3.0.

Saatnya kita menengok bagian dalam. Di bagian ini, Asus N45S memadukan warna hitam matte dan silver matte yang terlihat sangat kontras sekali. Keyboard, lubang speaker, dan bingkai bagian bawah layar LCD mengunakan warna silver matte dan handrest berwrna hitam matte. Bagian yang sedikit mengganggu adalah tombol untuk mengontrol media player diletakkan di sebelah kiri sehingga Anda harus membiasakan jari tidak menekan tuts terlalu ke kiri bila digunakan untuk mengetik.

Tuts keyboard dengan penampang yang besar dengan warna kontras.

Untuk keyboard, Asus N45S menggunakan desain dengan tuts yang besar. Sebenarnya, tuts tersebut cukup nyaman untuk digunakan, tetapi kami sering melakukan kesalahan pengetikan karena tuts satu dengan lainnya terlalu dekat. Jari kami sedikit susah merasakan antara tuts satu dengan lainnya, tetapi hal ini akan hilang setelah Anda terbiasa menggunakannya untuk beberapa lama. Tuts di Asus N45S terasa empuk dan tidak berbunyi  ketika kami gunakan untuk mengetik. Ruangan touchpad yang diberikan cukup luas sehingga jari-jari Anda akan leluasa bergerak ketika melakukan gerakan multitouch.

Subwoofer yang diberikan dalam paket penjualan.

Speaker yang terpasang di notebook ini adalah hasil produksi dari Bang & Olufsen, produsen speaker yang cukup terkenal. Speaker tersebut diletakkan di bagian atas keyboard. Ketika kami mencoba speaker tersebut untuk menonton dan bermain game, kami merasa performanya baik. Setelah puas mencoba speaker internal, kami lalu memasang subwoofer untuk merasakan sensasi yang berbeda. Ternyata suara Bass langsung terdengar dengan cukup baik menurut pendengaran kami. Memang sedikit merepotkan bila Anda harus membawa-bawa subwoofer mini ini. Menurut kami, performa speaker yang terpasang pun sudah cukup baik. Selain itu, Asus mencoba memperbaiki tata suara yang dimiliki Asus N43SL yang tidak mengusung subwoofer ke notebook seri ini.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
News | February 9, 2015 | Comments

Proyek Google Glass Kembali Dilanjutkan

Pengembangan Google Glass yang sempat dihentikan di bulan Januari, kini kembali diteruskan. Berdasarkan kabar terbaru dari New York Times, Google telah menunjuk kepala tim pengembang yang baru untuk memimpin proyek
Read More »