in: Gadget | December 20, 2011 | by: Dedy Irvan

Review Performa Samsung Galaxy W: Smartphone Android 1.4 GHz Murah

Samsung Galaxy Wonder (W) memang merupakan smartphone yang seakan terlewatkan. Review sample untuk produk ini pun susah diperoleh. Untungnya, kami memperoleh kesempatan untuk menguji performanya dalam sebuah kesempatan singkat. Ingin tahu performanya?

Smartphone ini tidak terlihat pada promo khusus atau billboard. Sangat berbeda dengan Samsung Galaxy Y yang promosinya bisa terlihat di segenap penjuru kota besar di Indonesia. Kami sangat berterima kasih kepada teman kami Buntoro Gunawan yang memungkinkan kami memperoleh skor dari smartphone yang nyaris terlewatkan ini.

Spesifikasi: Single Core 1.4 GHz, Layar 3.7″

Hal yang paling menarik dari smartphone seharga 2.9 juta rupiah ini adalah prosesornya yang memiliki kecepatan 1.4 GHz. Ya, Samsung Galaxy W ini menggunakan prosesor Qualcomm Scorpion 8255T, single core 1.4 GHz dengan GPU Adreno 205. Jika Anda memperhatikan prosesor smartphone yang tersedia di pasaran, Galaxy W ini menggunakan prosesor  sama dengan Sony Ericsson Xperia Arc S yang harganya di atas 4 juta rupiah! Sungguh disayangkan, kami tidak berkesempatan menguji kamera 5 megapixel autofokus yang dimiliki smartphone ini.

Desain

Tidak banyak yang bisa kami bahas seputar desain Samsung Galaxy W ini. Sebab, kami hanya memiliki kesempatan singkat untuk mencobanya. Sepintas, smartphone ini memiliki penampilan standar. Ada kecenderungan Galaxy W ini menyerupai Galaxy Ace. Akan tetapi, layar 3,7” yang dimilikinya membuat smartphone ini lebih nyaman digunakan.

Performa

Mari kita langsung masuk ke menu utama artikel ini, performa Samsung Galaxy W. Untuk mempermudah Anda membandingkan, kami menyertakan skor dari Sony Ericsson Arc S (yang menggunakan prosesor sama) dan Sony Ericsson Xperia Ray (yang menggunakan varian prosesor sama, namun bekerja hanya pada 1 GHz).

Quadrant Standard 1.1.7

Pengujian yang bisa dengan mudah Anda tiru ini menghasilkan skor yang kurang meyakinkan. Dengan skor 1200an, Samsung Galaxy W tampak tertinggal, bahkan dari varian yang menggunakan 1 GHz saja.

Linpack

Ini adalah software yang bisa menampilkan performa prosesor secara mendasar. Terlihat pada tes ini, Samsung Galaxy W bahkan mampu melampaui Sony Ericsson Arc S yang harganya jauh lebih mahal.

Benchmark PI

Jangan salah baca, pada grafik ini skor yang lebih pendek grafiknya adalah yang lebih baik. Di sini tampak bahwa Samsung Galaxy W berada di antara SE Xperia Arc S dan Xperia Ray. Skor yang diperolehnya cenderung mendekati SE Xperia Arc. Sebuah skor yang masuk diakal mengingat prosesornya memang sama dengan Arc S.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES