in: Gadget | December 6, 2011 | by: Oik Yusuf Araya

Samsung Metro Duos GT-C3322: Ponsel Dual GSM yang Praktis dan Ringkas

Metro Duos GT-C3322

Dengan dimensi fisik sebesar 114 x 47,9 x 14 mm dan berat sekitar 89 gram, Metro Duos GT-C3322 terasa ringan dan ringkas di tangan. Pengguna yang terbiasa dengan ponsel tipe candybar tidak akan menemui kesulitan saat menggenggam dan menggunakan Metro Duos GT-C3322. Ponsel basic ini pun bisa dengan mudah diselipkan di kantung baju atau celana Anda.

Setelah memasukkan SIM card (pengguna dapat langsung memasang dua SIM card sekaligus) dan menyalakan ponsel ini, Anda akan dibawa ke menu panduan yang memberi tahu cara switching antar SIM card. Hal tersebut sangat mudah dilakukan, cukup dengan menekan sebuah tombol yang terletak di sebelah kanan. Dua SIM card yang terpasang akan terus aktif secara bersamaan dan memungkinkan Anda untuk menerima panggilan/SMS dari dua nomor tersebut. Switching dilakukan untuk memilih SIM card mana yang akan digunakan untuk membuat panggilan/mengirim SMS.

Penggunaan

Menu dari Samsung Metro Duos GT-C3322 terlihat sederhana dan cukup mudah digunakan. Semua pilihan tersedia di tampilan menu utama serta dapat diakses dari sini. Layar ponsel menggunakan teknologi TFT dan memiliki resolusi sebesar 240×320 dalam orientasi portrait. Gambar yang dihasilkan cukup baik, meskipun belum dapat disebut tajam.

Selain pilihan-pilihan standar seperti  games dan music player, Samsung juga menyediakan browser internet dan beberapa aplikasi Java untuk mengakses social networking populer, termasuk Facebook dan Twitter. Saat dicoba, semua fungsi berjalan dengan lancar, tapi Anda harus membayar pulsa GPRS apabila ingin menggunakan fasilitas internet ponsel ini.

Tombol-tombol keypad terasa responsif dan memberikan feedback yang cukup positif saat dipakai mengetik. Pengguna yang terbiasa dengan styling ponsel candybar tentu akan langsung merasa familiar dan tidak kesulitan dalam memakai Metro Duos GT-C3322.

Lucunya, Metro Duos GT-C3322 menyediakan pilihan bahasa Jawa di menu konfigurasi ponsel. Samsung pun ternyata cukup serius dengan opsi bahasa yang terbilang jarang ditemukan di produk ponsel ini. Semua menu berhasil diterjemahkan dalam bahasa Jawa yang “baik dan benar”, seperti yang dapat dilihat di screenshot di bawah.

Kamera Metro Duos GT-C3322 memiliki resolusi sebesar 2 megapixel yang terbilang standar untuk ukuran ponsel saat ini. Samsung tidak menyediakan unit flash atau penerangan tambahan lain, tetapi kualitas gambar Metro Duos GT-C3322 termasuk lumayan bagus saat digunakan dalam kondisi cahaya ideal. Di dalam ruangan dengan keadaan low light, kualitasnya bisa menurun drastis. Satu hal yang mungkin cukup mengejutkan untuk kelas ponsel ini adalah disediakannya opsi tambahan berupa pengaturan exposure compensation dan white balance.

Anda juga dapat menghubungkan Metro Duos GT-C3322 ke komputer untuk mentransfer data dari memori card yang terpasang di dalamnya. Sayangnya, Ponsel ini tak dapat langsung dikenali oleh komputer. Pengguna harus mengunduh aplikasi Kies dari website Samsung terlebih dahulu sebelum dapat memasukkan data atau file. Alangkah baiknya jika software ini disertakan di kemasan, misalnya dalam bentuk mini-CD.

Kelemahan lainnya, saat digunakan untuk membalas SMS melalui pilhan “reply”, ponsel ini tidak memberitahukan SIM card mana yang sedang aktif dan digunakan untuk mengirim SMS. Pengguna harus terlebih dahulu men-switch SIM card yang diinginkan sebelum membalas pesan. Hal ini berpotensi membingungkan penerima karena SMS bisa dibalas dengan nomor yang tidak dikenal (dikirim dari SIM card lain yang sama-sama terpasang di Metro Duos GT-C3322).

Di samping beberapa kekurangan kecil tersebut, Metro Duos GT-C3322 berfungsi tanpa masalah. Kualitas suaranya saat menelepon terdengar cukup bagus, jernih dan jelas, termasuk dari headset yang disediakan. Pengguna pun dapat menerima panggilan ke dua buah nomor telepon yang berbeda, yang aktif secara bersamaan.

Soal  daya tahan hidup, dari baterai  berkapasitas 1000 mAh milik Metro Duos GT-C3322, Samsung menjanjikan talktime hingga 10 jam. Adapun waktu stand-by diklaim sebesar 500 jam atau lebih dari 20 hari. Pada kenyataannya, ponsel sederhana seperti ini memang dapat bertahan berhari-hari dengan satu kali charging baterai.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags: