in: Processors | January 1, 2012 | by: Bhisma Sidarto

AMD FX-8150 vs Intel Core i7 2600K: Duel Prosesor Enthusiast

Analisis

Membandingkan dua prosesor yang siap di-overclock di dalam kondisi standar memang terlihat kurang fair. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa sangat sedikit pengguna umum yang melakukan overclocking? Jadi, hasil pengujian ini akan mencerminkan apa yang terjadi saat seseorang membeli kedua prosesor yang diuji ini dan menginstalasikannya pada sebuah sistem dalam kondisi default.

Performa software umum menunjukkan bahwa AMD FX-8150 hanya bisa mendekati performa Core i7 2600K saat software yang digunakan bisa memanfaatkan 8 thread. Pada software biasa lainnya, nyaris bisa dipastikan Core i7 2600K akan unggul.

Performa gaming biasanya menunjukkan perbedaan tipis antara platform AMD dan Intel. Sayangnya, kali ini hal itu tidak terjadi. Intel Core i7 2600K dengan efisiensi per core yang sangat baik tampak berhasil memperoleh skor yang lebih baik untuk urusan gaming.

Overclocking dipastikan akan membuat perbedaan yang cukup signifikan. Hanya saja, overclocking dengan HSF atau waterblock biasa saja kemungkinan besar tetap belum bisa membawa AMD FX-8150 ke level yang lebih tinggi dibandingkan Core i7 2600K. Prosesor AMD FX-8150 baru akan tampil unggul apabila Anda sudah menggunakan LN2 (Liquid Nitrogen) dan mengejar kecepatan di kisaran 6.5 GHz – 7.0 Ghz (atau lebih).

KESIMPULAN

Berbeda dengan perbandingan sebelumnya, agak susah bagi kami untuk menyarankan AMD FX-8150 apabila pilihan alternatifnya adalah Core i7 2600K. Keduanya memiliki multiplier terbuka dan siap untuk di-overclock. Performa efisiensi tiap core pada Core i7 2600K terlihat terlalu perkasa. Untuk kondisi standar dan overclocking ringan, Core i7 2600K adalah pemenangnya.

Akan tetapi, prosesor  AMD ini tetap membuat kami terkesan. AMD FX-8150 termasuk ke dalam jajaran prosesor yang membuat overclocking menjadi asik dan seru! Ada orang yang membeli mobil balap untuk langsung dipacu kencang dan ada orang yang akan membeli mobil yang berpotensi untuk dimodifikasi, untuk “dioprek” agar bisa berlari sekencang mobil balap. Apabila Anda memerlakukan PC seperti orang kedua dalam contoh tadi, AMD FX-8150 adalah pilihannya. Limit overclock Anda adalah di kisaran 7 GHz atau bahkan lebih!

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
News | January 15, 2015 | Comments

Oppo R1C Resmi Diumumkan

Oppo membenamkan Qualcomm Snapdragon 615 64-bit dan RAM 2GB di R1C. Selain itu, pengguna juga akan menemukan memori internal 16GB lengkap dengan slot microSD