LOGO

AMD FX-8150 vs Intel Core i7 2600K: Duel Prosesor Enthusiast

Part: 1 2 3 4

Analisis

Membandingkan dua prosesor yang siap di-overclock di dalam kondisi standar memang terlihat kurang fair. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa sangat sedikit pengguna umum yang melakukan overclocking? Jadi, hasil pengujian ini akan mencerminkan apa yang terjadi saat seseorang membeli kedua prosesor yang diuji ini dan menginstalasikannya pada sebuah sistem dalam kondisi default.

Performa software umum menunjukkan bahwa AMD FX-8150 hanya bisa mendekati performa Core i7 2600K saat software yang digunakan bisa memanfaatkan 8 thread. Pada software biasa lainnya, nyaris bisa dipastikan Core i7 2600K akan unggul.

Performa gaming biasanya menunjukkan perbedaan tipis antara platform AMD dan Intel. Sayangnya, kali ini hal itu tidak terjadi. Intel Core i7 2600K dengan efisiensi per core yang sangat baik tampak berhasil memperoleh skor yang lebih baik untuk urusan gaming.

Overclocking dipastikan akan membuat perbedaan yang cukup signifikan. Hanya saja, overclocking dengan HSF atau waterblock biasa saja kemungkinan besar tetap belum bisa membawa AMD FX-8150 ke level yang lebih tinggi dibandingkan Core i7 2600K. Prosesor AMD FX-8150 baru akan tampil unggul apabila Anda sudah menggunakan LN2 (Liquid Nitrogen) dan mengejar kecepatan di kisaran 6.5 GHz – 7.0 Ghz (atau lebih).

KESIMPULAN

Berbeda dengan perbandingan sebelumnya, agak susah bagi kami untuk menyarankan AMD FX-8150 apabila pilihan alternatifnya adalah Core i7 2600K. Keduanya memiliki multiplier terbuka dan siap untuk di-overclock. Performa efisiensi tiap core pada Core i7 2600K terlihat terlalu perkasa. Untuk kondisi standar dan overclocking ringan, Core i7 2600K adalah pemenangnya.

Akan tetapi, prosesor  AMD ini tetap membuat kami terkesan. AMD FX-8150 termasuk ke dalam jajaran prosesor yang membuat overclocking menjadi asik dan seru! Ada orang yang membeli mobil balap untuk langsung dipacu kencang dan ada orang yang akan membeli mobil yang berpotensi untuk dimodifikasi, untuk “dioprek” agar bisa berlari sekencang mobil balap. Apabila Anda memerlakukan PC seperti orang kedua dalam contoh tadi, AMD FX-8150 adalah pilihannya. Limit overclock Anda adalah di kisaran 7 GHz atau bahkan lebih!

Part: 1 2 3 4

Comments

  1. 8core says:

    @praetorian81

    sering juga nemuin pedagang yg secara konyol bilang AMD cocoknya Radeon, Intel Nvidia. plus, nakut2in customer, kalau tidak ntar gampang panas, gampang hang, gampang rusak.

    yang terjadi adalah mobo AMD belum support nvidia SLI, hanya support Crossfire. gara2nya Nvidia terlalu angkuh mematok harga tinggi utk lisensi SLI pada mobo AMD.
    karena itu pengguna CPU AMD enggan beli nvidia SLI, akhirnya kue penjualan Geforce menurun disebabkan arogansi nvidia itu sendiri.
    hingga pada akhirnya, platform AM3+ dimana nvidia ‘nego halus’ dengan AMD agar mobonya support SLI.

    untuk platform Intel tersedia SLI maupun Crossfire. hanya saja mobo SLI harganya “beda” dengan mobo CF.

    untuk single card user, mau mobonya chipset Nforce dipasang Radeon, intel maupun chipset AMD dipasang Nvidia, ngga ada masalah sama sekali.
    Kecuali nvidia memang sengaja memasang jebakan cacat pada drivernya agar pada waktu dijalankan di chipset AMD performanya kacau.

  2. kibran hollow says:

    Tp si AMD FX-8150 ini Bagus banget bwat di Server…..

  3. santika says:

    Gw netral, krna gw punya intel i7 sm amd fx. yg gw rasakan amd lumayan, dr segi grafik amd lebih bagus dr pada intel. pdhal vga yg gunakan sama ati redeon. amd fx lbh brigh, tajam, jauh dibainding intel. kemudian sy coba untuk appl musik, sy gunakan cubase 5 dgn byk plug in, hasilnya amd fx mkn lama makin stabil, intel mlh sbaliknya, yg saya tau intel lbh jago di notebook &internet.. klo amd dipc, sm disoftware, sok mangga rasakan. jgn mentang pnya intel atw amd riiiiiibut wae, dasar org indo pd egois. digaji ga sama intel atw amd.

Random Articles
Back to Top