in: Networking | January 31, 2012 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review: Buffalo AirStation WZR-HP-G450H – Wireless Router dengan Penampilan Garang

Sebuah router dari Buffalo kembali hadir di kantor Jagat Review. Sepintas, router tersebut mengingatkan kami dengan WZR-HP-G300NH yang pernah kami gunakan untuk membuat tutorial beberapa waktu yang lalu. Ketika kami membuka kemasan dari wireless router tersebut, kami mendapati bahwa produk tersebut memang mirip dengan WZR-HP-G300NH, tetapi memiliki ukuran yang cukup berbeda! Langsung saja, inilah dia hands-on review untuk produk yang diberi nama WZR-HP-G450H!

Paket Penjualan

Buffalo mengemas WZR-HP-G450H dalam boks berwarna kombinasi merah-putih yang memang merupakan ciri khas dari perusahaan asal Jepang tersebut.

Berbagai perlengkapan untuk mendukung penggunaan perangkat tersebut disertakan Buffalo dalam kemasan dengan desain cukup sederhana tersebut, antara lain sebuah adapter yang dilengkapi dengan sebuah kepala jack berkaki dua, sebuah kabel Ethernet, beberapa lembar manual/quick start guide dalam berbagai bahasa, kartu garansi, stand, sebuah CD aplikasi, serta 3 buah antena berukuran besar.

Adapter dengan jack kaki dua terpasang.
Tiga antena yang disediakan Buffalo untuk WZR-HP-G450H.

Dalam CD aplikasi yang disertakan, terdapat juga dua buah firmware, satu firmware asli dari Buffalo dan satu custom firmware berbasis DD-WRT, yang memang ditawarkan oleh Buffalo untuk perangkat-perangkat wireless router mereka, termasuk juga WZR-HP-G450H.

Buffalo WZR-HP-G450H

“Bulky”. Begitulah kesan pertama kami ketika mengeluarkan WZR-HP-G450H dari kemasannya. Router ini memiliki desain fisik yang tidak jauh berbeda, dengan keluarga wireless router yang dimiliki Buffalo.

Sederet lampu indikator berada di sisi depan perangkat. Di samping deretan lampu tersebut, terdapat sebuah switch untuk mengaktif-nonaktifkan fitur “Movie Engine” dan sebuah tombol untuk “AOSS”.

Tombol AOSS dan deretan lampu indikator.

Sisi belakang dari WZR-HP-G450H diisi oleh sederet port koneksi, antara lain 1 buah port WAN, 4 buah port LAN, 1 port USB 2.0, dan 1 port untuk daya. Selain itu, terdapat juga sebuah tombol untuk “USB Eject” dan switch untuk memilih mode operasi dari WZR-HP-G450H.

Port USB, tombol "USB Eject", dan switch mode operasi.

Konektor untuk antena, berjumlah tiga buah, terdapat di salah satu sisi samping WZR-HP-G450H (sisi atas apabila menggunakan stand). Ketiga konektor tersebut akan menjadi landasan untuk tiga buah antena berukuran besar yang disertakan Buffalo untuk perangkat wireless router yang satu ini.

Ketiga antena terpasang di WZR-HP-G450H.

Sementara itu, di sisi lain dari router tersebut, terdapat sebuah tombol yang dapat digunakan untuk mengembalikan router ke kondisi pengaturan awal.

Unit WZR-HP-G450H dengan ketiga antena dan stand terpasang.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES