in: Desktop - Features - Gaming Equipment - Tutorial | January 2, 2012 | by: Ridwan Fariz

PC Gaming Mainstream Termurah dengan Harga 4 Jutaan

Graphics Card

Komponen inilah yang menjadi “mesin” utama dari sebuah PC Gaming, kami sudah menjelaskan dengan cukup lengkap pembahasan mengenai pemilihan graphic card dimulai pada range harga Dibawah 1 Juta Rupiah, 1-1,5 Juta Rupiah, sampai dengan 2 Jutaan Rupiah. Untuk penggunaan PC Gaming pada kelas ini kami menyarankan graphic card pada range harga 1-1,5 Juta Rupiah, dan pilihannya antara lain:

AMD Radeon PowerColor HD 6790 (US$ 143-148)

PowerColor HD 6790

Graphic card yang masih merupakan “keturunan” dari HD 6800 series (Barts) inilah yang menjadi pilihan kami, Radeon HD 6790 ini seharusnya masih cukup bertenaga untuk menjalankan game-game terbaru di tahun 2012 dengan setting medium. Brand yang kami pilih adalah PowerColor HD 6790, produk ini menawarkan harga yang cukup kompetitif, walaupun terdapat brand lain yang menggunakan OEM serupa. PowerColor memberikan garansi yang lebih panjang dan menjadikan nilai tambah dari produk ini.

NVIDIA GeForce Digital Alliance GTX 550 Ti (US$ 125-130)

Digital Alliance GTX 550 Ti

Untuk urusan harga, hampir tidak ada yang mampu menandingi value yang ditawarkan Digital Alliance. Dari harga GTX 550 Ti yang kami pantau, Digital Alliance memiliki selisih harga yang cukup jauh sekitar 100-150 ribu rupiah dengan brand lain pada tipe yang setara. Graphic card ini juga dikenal dengan brand lokal yang menggunakan OEM dari Palit. Cukup disayangkan kinerja yang ditawarkan GTX 550 Ti ini masih sedikit tertinggal dibandingkan HD 6790, dan NVIDIA tidak memberikan opsi graphic card lain pada range harga 1-1,5 juta rupiah ini.

Tetapi bagi Anda yang masih kurang puas dengan performa dari GTX 550 Ti ataupun HD 6790, bisa mempertimbangkan untuk sedikit menambah budget dan langsung “lompat” ke seri yang lebih tinggi yaitu GTX 560.

NVIDIA GeForce Digital Alliance GTX 560 1GB (US$ 183-185)

Digital Alliance GTX 560

Kami cukup terkejut saat melihat harga yang ditawarkan GTX 560 Digital Alliance ini, di beberapa toko online yang kami survey graphic card dengan chip GTX 560 ini hanya dibanderol kurang dari 1.7 juta rupiah saja! Sementara apabila dibandingkan dengan brand lain yang setara kita masih harus merogoh kocek lebih dalam dengan harga masih diatas 2 juta rupiah. Walaupun mungkin akan sedikit melebihi dari budget awal, tetapi peningkatan performa yang didapat sangatlah worthed untuk setiap rupiah yang dikeluarkan.

Power Supply

Power Supply bukanlah hal yang bisa dikompromikan walaupun dalam keadaan budget yang terbatas sekalipun. Selalu gunakan PSU berkualitas dengan output pure power untuk menjamin kelangsungan hidup PC tersayang Anda.

CORSAIR Builder Series CX500 Active PFC Power Supply

CORSAIR CX500

Ya, walaupun kita memiliki keterbatasan budget yang sangat membatasi dalam pemilihan komponen, tetapi memilih PSU “murahan” bukanlah suatu pilihan. Untungnya brand seperti Corsair dan juga beberapa brand produsen PSU lainnya memiliki jajaran PSU pure ekonomis yang bisa dijangkau untuk semua kalangan. Dengan harga sekitar 500 ribu-an rupiah saja kita sudah bisa mendapatkan sebuah PSU Corsair CX 500 dengan rating 500 Watt yang sudah cukup terjamin untuk pengguna mainstream. Seasonic 500W SS juga dapat menjadi alternatif PSU dengan harga yang tidak terlalu jauh berbeda.

Casing

Casing SPC ATX no PSU (US$ 10)

Jika saja harga hard disk tidak naik drastis seperti sekarang ini, kami mungkin akan menyarankan Anda untuk menggunakan casing gaming yang lebih baik. Tetapi kita harus menerima kenyataan bahwa budget yang digunakan kali ini sangat terbatas, dan pemilihan casing murahlah yang menjadi solusi penekanan harga untuk membangun PC Gaming murah ini. Casing SPC ATX tanpa PSU inilah yang dapat kami temui di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau, hanya dengan sekitar 90 ribu rupiah saja kita sudah bisa membawa pulang casing value ini, kuncinya adalah jangan pernah membeli PSU bawaan yang dipaketkan pada setiap casing value ini. Untuk air flow yang dihasilkan dari casing ini mungkin akan sedikit bermasalah, kami menyarankan untuk menambahkan beberapa kipas lagi, ataupun membuka side panel dari casing ini sekalian, tetapi jangan lupa untuk membersihkan debu dari dalam casing ini minimal dalam waktu satu bulan sekali.

Optical Drive

Lite On DVDRW Sata 22x Internal (US$ 18-19)

Komponen terakhir, tentu saja tidak dilupakan sebuah optical drive untuk meng-install kepingan game DVD ataupun fungsi lainnya. Sebuah DVD RW Lite On Sata 22x ini sudah memenuhi kebutuhan kami untuk membangun PC Gaming ini, dan harga yang ditawarkan juga tidak terlalu menguras budget yang telah dipersiapkan.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES