in: Processors | January 20, 2012 | by: Bhisma Sidarto

Peningkatan Performa AMD Bulldozer Dengan Patch Windows 7

Setelah sempat ditarik, akhirnya patch yang ditujukkan untuk memperbaiki kinerja AMD FX atau yang lebih dikenal dengan Bulldozer telah beredar kembali. Penasaran mengenai kenaikkan kinerja yang dihasilkan oleh patch ini? Silakan simak artikel berikut ini!

Pada pengujian awal dari prosesor terbaru AMD ini, terlihat kalau sebenarnya kinerja prosesor ini malah tertinggal dari produk yang seharusnya digantikannya. Sebenarnya, jika dilihat dari spesifikasinya, Bulldozer seharusnya dapat mengalahkan prosesor sebelumnya. Banyak pihak yang menaruh curiga kepada sistem operasi Windows 7. Windows 7 dituduh tak mampu memaksimalkan potensi dari prosesor ini. Kecurigaan pun terbukti ketika pengujian dengan sistem operasi Windows 8 yang masih dalam tahap beta menunjukkan peningkatan performa yang cukup berarti. Sepertinya Windows 7 belum mampu  mengenali dengan benar arsitektur baru Bulldozer yang menggunakan sistem modul, karena inilah “pembagian tugas” pada masing-masing modul menjadi tidak efektif sehingga tidak mampu memaksimalkan kinerja prosesor ini. Oleh karena itulah, akhirnya AMD dan Microsoft berkolaborasi untuk memberikan “obat” agar Bulldozer mampu mengeluarkan semua potensinya pada sistem operasi yang banyak digunakan saat ini, yaitu Windows 7.

Patch Baru, Apa Yang Dirubah ?

Microsoft merilis dua buah update khusus untuk memperbaiki kinerja Bulldozer, dengan detail sebagai berikut :

1.  Update KB2645594. Ini merupakan scheduler update. Dengan scheduler baru ini Windows 7 akan mengenali bahwa satu modul Bulldozer berisi dua core dan sekarang “menugaskan” thread 1-4 modulnya tersendiri. Scheduler inilah yang digunakan Windows 8. Patch dapat di-download di sini : http://support.microsoft.com/kb/2645594

2. Update KB2646060. Ini merupakan core parking scheduler. Update baru ini mencegah Windows 7 mematikan core yang tidak digunakan pada saat ada “pekerjaan” yang dilakukan. Patch dapat didownload di sini : http://support.microsoft.com/kb/2646060

Lalu, apakah perbaikan ini mampu mendongkrak performa Bulldozer? Jika ya, seberapa besar peningkatan yang dihasilkan? Mari kita lihat bersama dalam pengujian berikut ini.

Platform Pengujian

Prosesor

AMD FX-8120 “Bulldozer”

Motherboard


Gigabyte 990FX UD7

Memory


2x Kingston KHX1600C9D381K2/4GX

Graphics Card


NVIDIA GTX 560 ti

Power Supply


CoolerMaster 800 Watt Silent Pro Gold

Catatan Penting: OS yang kami gunakan adalah Windows 7 64-bit. OS Windows 7  dipilih karena ini adalah jenis OS yang digunakan oleh (paling) banyak pengguna PC saat ini. Kami sengaja memilih Windows dan bukan Linux, karena Linux kami anggap belum bisa menjadi basis tolak ukur benchmark yang obyektif untuk menggambarkan kemampuan kedua prosesor ini dan benefit langsung keduanya untuk pengguna secara luas.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES