in: Graphics Card | January 11, 2012 | by: Gatot Tri Yuwono

Review AMD Radeon HD 7970 Crossfire : Duet VGA Single-GPU Terkencang

Konfigurasi Multi-GPU

Untuk menjalankan konfigurasi multi-GPU AMD HD 7970 2-way Crossfire, dibutuhkan beberapa persiapan.

Graphics card

Untuk artikel ini, tentu dibutuhkan dua buah AMD HD 7970. Dalam konfigurasi multi-GPU, sebaiknya menggunakan dua buah graphics card dengan chip GPU yang sama.

Motherboard

Konfigurasi multi-GPU Crossfire kini dapat ditemukan dengan mudah di motherboard AMD maupun Intel. Pastikan pula motherboard yang digunakan menyediakan minimal dua buah slot PCIe x16.

Power Supply

CoolerMaster 800 Watt Silent Pro Gold

Konfigurasi multi-GPU membutuhkan power supply dengan keluaran daya lebih besar dibandingkan saat menggunakan single-GPU. Pastikan power supply yang digunakan memiliki keluran daya mencukupi.

Selain itu, pastikan pula power supply yang digunakan memiliki konektor yang dibutuhkan oleh graphics card.

Crossfire Bridge

Benda kecil yang satu ini memang tidak boleh terlupakan mengingat peranan pentingnya sebagai jalur komunikasi data antar graphics card.

Driver + Crossfire Profile

Driver dengan profile multi-GPU yang tepat akan menentukan bagaimana kinerja konfigurasi multi-GPU di aplikasi grafik (seperti game).

Setelah semua persiapan selesai, install driver graphics card dan jika menu AMD CrossfireX muncul di Catalyst Control Center maka konfigurasi multi-GPU berhasil diaktifkan.

ZeroCore Power Pada Crossfire

Seperti kami sebutkan di artikel sebelumnya, manfaat terbesar feature ZeroCore Power didapatkan saat menjalankan konfigurasi multi-GPU Crossfire. Saat aplikasi grafik (seperti game) tidak lagi menggunakan kedua graphics card, driver akan segera menonaktifkan graphics card lainnya kecuali graphics card utama. Alhasil konsumsi daya dapat diturunkan dan temperatur dalam casing komputer juga berkurang. Graphics card utama tetap bekerja seperti biasanya tetapi akan dinonaktifkan saat masuk kondisi long-idle.

Saat tidak digunakan, driver akan langsung menonaktifkan graphics card kedua, bahkan kipas juga dimatikan.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
News | February 20, 2015 | Comments

Imgur Berikan Fitur Topics

Situs Imgur sepertinya sudah menjadi situs hosting gambar yang populer serta memiliki komunitas tersendiri, berhubung banyak orang yang menggunakan situs ini untuk meng-upload gambar atau foto mereka. Namun untuk bisa
Read More »