LOGO

Review AMD Radeon HD 7970 Crossfire : Duet VGA Single-GPU Terkencang

Part: 1 2 3 4

Konfigurasi Multi-GPU

Untuk menjalankan konfigurasi multi-GPU AMD HD 7970 2-way Crossfire, dibutuhkan beberapa persiapan.

Graphics card

Untuk artikel ini, tentu dibutuhkan dua buah AMD HD 7970. Dalam konfigurasi multi-GPU, sebaiknya menggunakan dua buah graphics card dengan chip GPU yang sama.

Motherboard

Konfigurasi multi-GPU Crossfire kini dapat ditemukan dengan mudah di motherboard AMD maupun Intel. Pastikan pula motherboard yang digunakan menyediakan minimal dua buah slot PCIe x16.

Power Supply

CoolerMaster 800 Watt Silent Pro Gold

Konfigurasi multi-GPU membutuhkan power supply dengan keluaran daya lebih besar dibandingkan saat menggunakan single-GPU. Pastikan power supply yang digunakan memiliki keluran daya mencukupi.

Selain itu, pastikan pula power supply yang digunakan memiliki konektor yang dibutuhkan oleh graphics card.

Crossfire Bridge

Benda kecil yang satu ini memang tidak boleh terlupakan mengingat peranan pentingnya sebagai jalur komunikasi data antar graphics card.

Driver + Crossfire Profile

Driver dengan profile multi-GPU yang tepat akan menentukan bagaimana kinerja konfigurasi multi-GPU di aplikasi grafik (seperti game).

Setelah semua persiapan selesai, install driver graphics card dan jika menu AMD CrossfireX muncul di Catalyst Control Center maka konfigurasi multi-GPU berhasil diaktifkan.

ZeroCore Power Pada Crossfire

Seperti kami sebutkan di artikel sebelumnya, manfaat terbesar feature ZeroCore Power didapatkan saat menjalankan konfigurasi multi-GPU Crossfire. Saat aplikasi grafik (seperti game) tidak lagi menggunakan kedua graphics card, driver akan segera menonaktifkan graphics card lainnya kecuali graphics card utama. Alhasil konsumsi daya dapat diturunkan dan temperatur dalam casing komputer juga berkurang. Graphics card utama tetap bekerja seperti biasanya tetapi akan dinonaktifkan saat masuk kondisi long-idle.

Saat tidak digunakan, driver akan langsung menonaktifkan graphics card kedua, bahkan kipas juga dimatikan.

Part: 1 2 3 4

Comments

  1. Dimas says:

    Nice review om Gatot

    klu misalnya pake PSU 700-750w Pure bisa kgk om ?

  2. LightCut says:

    hasilnya lumayan kerasa juga. amd radeon hd 7970 ini mendukung crossfirex sampe 4 gak?

  3. tetsuhyde says:

    nice repieu om gatot.

    @lightcut rasa nya bisa om… 6970 bisa masak 7970 gak bisa hha..

  4. paledutz says:

    Wuih si Metro mini tembus 75, ngebut bner naek Metro mini @_@

  5. netto says:

    ngeliat hasil benchmark crysis warhead yang masih cryengine2, kok bisa lebih pelan daripada battlefield 3 ya?

    kayaknya cryengine2 itu super-berat banget…

  6. Dedy Irvan says:

    @Dimas,
    Kalau dengan sistem yang kami gunakan, mungkin agak susah. Karena kami menggunakan CPU 6 core yang di-overclock dengan 4 modul RAM.
    Tapi, kalau tanpa overclock dan menggunakan Sandy Bridge biasa, seharusnya bisa.

    PSU “Pure” kami anggap adalah PSU dengan sertifikasi 80+. berarti, mampu memberikan setidaknya 80% dari yang tertulis. berarti, PSU 700W akan bisa menanggung 560W (max) dalam kondisi ideal.

    Tentu saja, masih ada faktor-faktor lain yang harus didukung seperti pembagian rail yang baik. umumnya, PSU dengan sertifikasi Crossfire atau SLI bisa memenuhi kebutuhan tsb.

    @Lightcut
    Bisa.. sayangnya, kami ‘hanya’ menerima 2 sample saja

  7. just4lnk says:

    @Dedy Irvan
    Bukannya sertifikasi 80+ itu menunjukkan efisiensi daya dari PSU tsb yah, bukan nilai “pure” dari PSU tsb…??

  8. Hengky Fanggian says:

    @Bp Dedi Irvan & Bp just4lnk
    Baca tulisan kedua Bp tsb di atas, saya kok jadi bingung, maklum saya ini Hyper Gaptek. Coba saya sederhanakan bahasanya, mohon dipilih mana yg benar dari 2 kemungkinan di bawah ini :
    A. PSU bertuliskan 700 watt, maximal kita hanya bisa peroleh 80% dari nilai yg tertulis alias kita hanya akan peroleh 560 watt. Max daya PLN yg disedot oleh PSU bertuliskan 700 watt adalah persis seperti yg tertera di PSU tsb yakni 700 watt.
    B PSU bertuliskan 700 watt, kita akan bisa peroleh pure 700 watt dari nilai yg tertulis. Max daya PLN yg disedot PSU bertuliskan 700 watt tsb adalah 700 watt/0,80 = 875 watt.

    Mengingat saya ini hyper gaptek maka saya selama ini selalu berpikir bahwa PSU Muaaahaaal yg berani tulis 700 watt adalah benar benar bisa membuktikan bahwa yg tertulis itu benar. Mereka nggak peduli bahwa yg disedot ke PLN sesungguhnya lebih besar, yakni 875 watt. Itu bukan concern mereka (si pembuat PSU). Bagi mereka yg penting mereka nggak bohong, tertulis 700 watt akan benar benar bisa terbukti mampu suply 700 watt. Apa berarti paham saya ini ternyata salah gitu tho ???

  9. Dedy Irvan says:

    Tergantung pada sertifikasinya. Tp pada dasarnya benar yg opsi B. Jadi, psu 1000 watt dg sertifikasi 80+ akan mampu memberikan setidaknya 800 watt ke sistem. Itu satu itungan ya. Ada perhitungan lain yg namanya power factor atau pf. Pf ini menentukan, utk setiap watt yg diambil dari pln, psu akan supply berapa ke sistem. Pf ini bisa bervariasi, biasanua bergantung pada desain dan bebannya

  10. Dedy Irvan says:

    @ just4lnk.. kata pure di sini yg kadang membingungkan pengguna. Kalau pure itu benar2 murni, berarti psu 1000w bisa menghasilkan benar2 1000w. Standar 80plus diberlakukan krn terlalu byk psu yg kemampuannya berbeda jauh dari kenyataannya. Jd 1000w pada psu itu bkn apa yg bisa disuplai secara konstan. Pd sertifikasi 80plus suplai daya hrs terbukti bisa konstan pada rating di atas 80% dari klaim.

  11. [...] graphics card AMD HD 7970 dikonfigurasi multi-GPU 2-way Crossfire memang tergolong mengesankan. Kehadiran graphics card kedua mampu mendongkrak kinerja gaming hingga [...]

Random Articles
Back to Top