LOGO

Review Android App – Muslim Kids: Kumpulan Doa Sehari-hari

Senjata utama yang paling ampuh adalah doa. Bagi umat muslim di mana pun pastinya akan berdoa bila hendak melakukan sesuatu. Tujuan berdoa tidak hanya sekadar meminta kepada Tuhan untuk mewujudkan keinginan saja, tetapi agar berbagai kegiatan yang dilakukan mendapatkan berkah dan keridhoan dari Sang Pencipta.

Sebagai panduan dalam berdoa pada saat hendak melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, Anda dapat menggunakan sebuah aplikasi dari Yufid, Inc. yang bernama Muslim Kids sebagai panduan. Selain itu, Anda dapat mendidik putra-putri Anda agar terbiasa berdoa dalam mengerjakan sesuatu dengan menggunakan aplikasi ini sebagai pegangan.

Platform

HTC Aria
NETWORK: GSM/3G/HSDPA
GPS: A-GPS Support
Bluetooth: Yes, v2.1 with A2DP
WiFi: Wi-Fi 802.11 b/g
Prosesor:  600 MHz ARM 11
GPU: Adreno 200
Chipset: Qualcomm MSM7227
Memory: 512 MB ROM, 384 MB RAM
Display: 320 x 480, 3.2 Inches, Corner Gorilla Glass
OS:  2.3 (Gingerbread)

Instalasi

Muslim Kids merupakan hasil karya dari Yufid.Inc. Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari Android Market Place di kategori Education. Tampaknya, belum banyak yang menggunakan Muslim Kids Series Dua ini sebagai panduan karena kami menemukan informasi rating yang diperoleh hanya 414 saja. Sementara itu, aplikasi ini memiliki kapasitas file setup sebesar 12.09 MB dan memakan ruang memori sebesar 12.24 MB.

Fitur

Berdoa merupakan salah satu wujud upaya meminta kepada Yang Maha Kuasa. Bagi umat muslim, berdoa harus dengan tuntunan yang benar sesuai yang telah diajarkan oleh Rasulnya. Bila Anda penganut Islam dan ingin mengajarkan doa-doa harian, kami sampaikan fitur yang dapat ditemukan di aplikasi Muslim Kids.

Doa – Aplikasi ini merupakan kumpulan doa harian yang dapat diajarkan kepada putra-putri Anda. Mulai dari bangun tidur, sebelum makan, hendak berpakaian, ketika mendengar suara ayam berkokok, ketika turun hujan, ketika mendengar anjing mengonggong, sampai dengan doa ketika merasa takut dan kesepian ketika tidur dapat ditemukan di sini.

Bahasa – Biasanya, utilities sejenis hanya menampilkan bahasa Arab sebagai pengucapan pada saat memanjatkan doa dan artinya akan dipresentasikan dalam bahasa Inggris saja. Yufid.Inc melengkapi produknya dengan bahasa Indonesia sebagai fitur tambahan.

Audio – Agar pembacaan doa-doa yang dipresentasikan dalam bahasa Arab diucapkan dengan benar, disediakan audio yang akan memperdengarkan sesi dari doa yang hendak dibaca. Dengan begitu, akan lebih mudah mengucapkan dan membaca doa yang tersedia dalam bahasa Arab di aplikasi ini.

Pengujian

Pada awalnya, kami merasa agak sedikit bingung karena untuk sebuah aplikasi kumpulan doa, aplikasi ini memiliki kapasitas file yang sangat besar. Ternyata, setelah dilakukan pengujian, kami menemukan fitur audio yang dapat membantu pengucapan dengan cara menekan bahasa Arab di doa yang hendak dibaca. Karakter suara yang ditampilkan pada saat audio diperdengarkan adalah karakter suara anak perempuan.

Agar anak-anak tertarik menggunakan Muslim Kids, pihak pengembang membuat produk ini dengan menu kartun anak-anak tanpa wajah yang disesuaikan dengan tema doa yang dihadirkan. Sebagai contoh, di doa bangun tidur, ikon yang tersedia adalah seorang anak yang sedang bangun tidur. Pihak pengembang menampilkkan doa-doa berdasarkan periwayat hadist Bukhori dengan keterangan yang cukup jelas.

Sementara itu, agar anak-anak mengerti akan bahasa Arab yang tersedia, Anda dapat menunjukan bahasa Inggris dan Indonesia yang ada sebagai artinya. Pergantian dari Inggris ke Indonesia dapat dilakukan dengan cara menekan tombol menu di perangkat kemudian muncul dua buah bendera yang merepresentasikan bahasa yang dipilih.

Kami merasa bahwa Muslim Kids akan lebih baik bila menyertakan doa-doa salat. Salah satu yang membuat software ini menjadi menarik adalah ketersediaannya di Android Market Place yang dapat diunduh secara gratis tanpa disertai iklan-iklan tersembunyi. Selain itu, aplikasi ini juga dapat dipindahkan ke dalam SD Card agar menghemat penggunaan ruang memori internal.

Support

Dukungan penuh dari Yufid.Inc diberikan dengan meng-update dan memperbaiki bugs yang ada di versi sebelumnya. Support lebih lebih lanjut dapat ditemukan di situs resmi. Kami cukup yakin, siapa pun yang menggunakan Muslim Kids tidak akan kesulitan mengoperasikannya. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi www.yufid.org.

Kesimpulan

Bagi Anda yang ingin mempelajari doa harian pada saat melakukan aktivitas rutin, software ini dapat membantu. Dengan audio yang disertakan, pembacaan doa dapat dilakukan dengan benar. Sayangnya, pihak developer tidak menyediakan doa-doa salat di Muslim Kids ini. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk segala jenis kalangan usia.

Keterangan

Kategori
Life Style, Religion

Platform
Android 2.1 keatas

Vendor
Yufid.Inc

Versi
1.2

Random Articles
Back to Top