Review Android Apps – Qibla Compass: Penunjuk Arah Kiblat

Reading time:
January 4, 2012

Keempat arah mata angin, yaitu barat, timur, utara, dan selatan menjadi patokan dalam berbagai kebutuhan seperti bernavigasi, berlayar, ataupun keperluan lainnya. Selain arah mata angin, khusus untuk umat Muslim, membutuhkan panduan arah untuk melakukan salat yang lebih dikenal dengan sebutan kiblat.

Dalam menentukan arah mata angin, Anda dapat menggunakan kompas sebagai alat bantu. Nah,  untuk menentukan arah kiblat, Anda dapat menggunakan sebuah aplikasi pembantu bernama Qibla Compass yang dapat di-install ke dalam sebuah perangkat berbasis sistem operasi Android.

Platform

SONY ERICSSON XPERIA X10 MINI

Prosesor: 600 MHz
GPU: Adreno 200
Chipset: Qualcomm M7227
RAM: 160 MB
Network: GPRS/3G/HSDPA
WLan: Wi-Fi 802 n b/g
Bluetooth: Yes v.2.0 with A2DP
GPS: A-GPS Support
Camera: 5 Megapixel with LED Flash
Display: 240 x 320, 2.5 Inches, Streatch Glasses
OS: Eclair 2.1.1

Instalasi

Aplikasi ini tersedia di Android Market Place dengan rating 1.712 di bawah kategori LifeStyle. Di versi 2.5, kami menemukan keterangan mengenai beberapa perbaikan dari versi sebelumnya seperti bug yang terdapat di timezone. Ketika diunduh, aplikasi ini memiliki kapasitas yang sangat kecil yaitu sebesar 184 KB dan hanya memakan ruang bebas di memory sebesar 396 KB.

Instalasi4

Fitur

Sebagai umat Muslim, wajib hukumnya untuk melaksanakan salat lima waktu. Salah satu persyaratan salat adalah dilakukan menghadap kiblat. Bila melaksanakannya dalam sebuah masjid, tidak akan ada masalah menentukan arah kiblat. Namun, bila Anda sedang berada di suatu tempat yang tidak menyediakan panduan arah kiblat, aplikasi ini tentunya akan sangat membantu. Berikut beberapa fitur yang kami temukan di aplikasi ini.

Compass – Tampilan kompas di aplikasi ini layaknya sebuah kompas sungguhan yang menunjukan empat arah mata angin (barat, timur, utara, selatan) dan arah kiblat dengan bantuan sebuah magnet jarum. Tampilan seperti ini akan mempermudah pembacaan arah sehingga Anda dapat dengan mudah menentukan arah kiblat.

Kompas

Prayer Time – Selain berfungsi sebagai penentu arah kiblat, aplikasi ini juga menyediakan informasi mengenai waktu salat. Walaupun Anda berada di tempat yang tidak terdengar adzan, Anda dapat tetap mengetahui masuknya waktu salat melalui menu ini.

Prayer Times

Lokasi – Penentuan lokasi Anda sangatlah penting untuk menentukan arah kiblat. Aplikasi ini memiliki dua metode yaitu dengan GPS yang membutuhkan keadaan langit cerah tetapi jelas lebih akurat dan melalui WiFi dengan jalur data—sayangnya kurang akurat dibandingkan GPS. Kedua metode ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing.

Pengujian

Aktifkan GPS atau WiFi Anda ketika menjalankan aplikasi ini untuk menentukan lokasi keberadaan. Setelah lokasi ditentukan, barulah muncul sebuah kompas yang menjadi acuan arah kiblat. Ketika WiFi dan GPS dalam keadaan mati, lokasi terakhirlah yang menjadi patokan. Selain itu, jarak tempuh antara tempat Anda berada sampai ke Mekah juga ditampilkan.

Set Location

Metode penunjukan arah kiblat dilakukan berdasarkan petunjuk dari dua imam besar yaitu Syafii dan Hambali. Waktu salat ditentukan berdasarkan beberapa kesepakatan dari beberapa organisasi dunia, seperti University of Islamic Sciences Karachi, Islamic Society of North America, Muslim World League, dan Egyption General Organisation of Surveying.

Juristic methode

Di menu setting, beberapa konfigurasi dapat dilakukan untuk memaksimalkan kinerja aplikasi ini. Penunjukan arah dan waktu salat yang telah disebutkan dapat diubah di menu seting. Selain itu, satuan jarak dan waktu juga dapat diatur di menu ini. Aplikasi ini sangat sederhana dan mudah untuk digunakan.

Islamic Organisation

Support

Qibla Compass merupakan sebuah aplikasi gratis yang dikembangkan oleh Binary Solutions sejak tahun 2010. Untuk mendukung aplikasi ini Anda dapat membeli versi aktivasi key seharga lima US dolar di sini. Informasi lebih lanjut dapat dijumpai di sini atau melayangkan email ke support@binarysolutions.biz.

Support6

Kesimpulan

Ibadah salat merupakan sesuatu yang wajib dilaksanakan bagi umat Muslim. Dengan adanya aplikasi ini, penentuan arah kiblat dapat dilakukan tanpa ada kendala. Selain itu, Qibla Compass juga memberikan keterangan waktu salat mulai dari Subuh sampai Isya. Aplikasi ini tergolong salah satu aplikasi yang harus berada di perangkat Anda.

Keterangan

Kategori
Religion, Utilities

Platform
Android 1.5 keatas

Vendor
Binary Solutions

Versi
2.5

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…