LOGO

Review Multimedia Player Western Digital TV Live: Tonton Film dari Jaringan dengan Mudah!

Part: 1 2

Jika mendengar nama Western Digital (WD), apa yang pertama kali muncul di benak Anda? Mungkin sebagian besar dari Anda akan menjawab produk hard disk. Ya, selama ini WD memang rajin meluncurkan produk-produk hard disk, seperti WD Caviar Blue, WD Caviar Green, dan WD Caviar Black. Namun, tahukah Anda kalau WD juga mengembangkan perangkat multimedia player?

Salah satu produk multimedia player milik WD yang datang ke meja pengujian Jagat Review adalah Western Digital Element Play dengan kapasitas hard disk 1 TB.Tak lama berselang, WD kembali meluncurkan sebuah produk multimedia player baru yang diberinama WD TV Live. Seperti apa wujud perangkat ini dan apa saja yang bisa dilakukannya?

Kotak kemasan WD TV Live

Western Digital TV Live

Di balik kemasannya yang didominasi oleh warna merah, Anda akan menemukan sebuah multimedia player dengan ukuran relatif mungil. Dengan dimensi 125mm x 100mm x 30mm (panjang x lebar x tinggi), WD TV Live terlihat kecil dibanding kebanyakan multimedia player lain. Bobotnya pun ringan, tak lebih dari 0.19 kg. Anda dapat dengan mudah “menyelipkan” perangkat ini di rak TV ruang tamu, ataupun tempat lain yang dirasa cocok.

WD TV Live berbentuk kecil dan ringkas

Di bagian belakang terdapat inlet tempat Anda bisa memasang WD TV Live pada dinding

Sayangnya, karena bentuk kecilnya tersebut, WD TV Live tidak dilengkapi dengan media storage internal.Anda juga tidak dapat menambahkan sendiri karena multimedia player ini memang tidak mengakomodir perangkat storage di dalamnya.Padahal perangkat hard disk dengan kapasitas besar dapat mempermudah Anda dalam menyimpan konten multimedia kesayangan Anda, seperti film dan juga foto.

Jika WD TV Live tidak dilengkapi dengan media storage internal, lalu bagaimana cara kita menikmati konten dengan menggunakan multimedia player tersebut? Perangkat ini telah dilengkapi dengan adapter WiFi terintegrasi dan juga port Ethernet. Anda dapat memanfaatkan salah satu dari kedua perangkat tersebut untuk melakukan streaming film atau foto via jaringan (network) rumah Anda.Tidak memiliki network di rumah? Untungnya WD juga melengkapi  TV Live  dengan dua buah port USB2.0, sehingga mengizinkan Anda untuk menghubungkannya dengan media storage terpisah, seperti USB Flash Disk atau hard disk eksternal.

Di bagian belakang dari produk WD TV Live ini, Anda akan menemukan port Ethernet, USB 2.0, HDMI, Composite A/V, Wi-Fi, dan Optical audio

Mengenai file system dan format file yang didukung, WD TV Live terbilang cukup lengkap. Daftar lengkapnya dapat dilihat pada keterangan di bawah.

File Formats Supported
Video – AVI (Xvid, AVC, MPEG1/2/4), MPG/MPEG, VOB, MKV (h.264, x.264, AVC, MPEG1/2/4, VC-1), TS/TP/M2T (MPEG1/2/4, AVC, VC-1), MP4/MOV (MPEG4, h.264), M2TS, WMV9, FLV (h.264)
Photo – JPEG, GIF, TIF/TIFF, BMP, PNG
Audio – MP3, WAV/PCM/LPCM, WMA, AAC, FLAC, MKA, AIF/AIFF, OGG, Dolby Digital, DTS
Playlist – PLS, M3U, WPL
Subtitle – SRT, ASS, SSA, SUB, SMI

Anda akan menemukan charger dan juga kabel composite. Sayangnya, WD tidak melengkapi kabel HDMI di paket penjualan

Manual Book dari WD TV Live

Untuk urusan output video, WD menyediakan pilihan yang cukup beragam.Tentu saja, HDMI dapat menjadi pilihan utama karena kebanyakan TV Full-HD yang ada di pasaran saat ini sudahmendukung jenis input tersebut. Namun, apabila TV Andatidak dilengkapi dengan konektor HDMI, Anda dapat menggunakan kabel Composite yang tersedia dalam paket penjualan. Sayangnya, Western Digital tidak menyertakan kabel HDMI.

Seperti produk-produk media player lainnya, WD TV Live dilengkapi dengan sebuah remote control.Perangkat ini mutlak digunakan untuk navigasi menu dan mengakses fungsi-fungsi playback. Menurut kami, remote dari WD TV Live mampu merespon input dari remote dengan baik. Remote tersebut menggunakan sinar infra merah dengan receiver yang terletak di bagian depan unit media player. Pastikan muka perangkat WD TV Live tidak terhalang benda apapun agar remote dapat berfungsi normal.

Bentuk remote sepintas terlihat aneh karena memiliki banyak lekukan, tapi sebenarnya sangat ergonomis. Lekukan-lekukan tersebut membuatnya terasa nyaman di tangan dan mantap dalam genggaman

Part: 1 2
Random Articles
Back to Top