Review Soul Calibur iOS: Nostalgia Seri Game Fighting Terbaik

Reading time:
January 25, 2012
Soul Calibur iOS 1

Sebagian besar gamer tentu setuju bahwa seringkali seri pertama yang lahir untuk sebuah franchise adalah seri terbaik yang pernah diciptakan. TIdak hanya karena ia menjadi yang pertama mengusung sebuah konsep original, tetapi karena kecenderungan developer sendiri untuk lebih bekerja keras dan menjadikan seri pertama sebagai mata kait untuk memancing ketertarikan gamer. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kita seringkali menemukan bahwa seri perdana selalu menjadi mahakarya yang memukau dibandingkan seri-seri kelanjutannya. Hal yang sama juga berlaku untuk salah satu franchise game terbaik di industri game – Soul Calibur.

Mungkin banyak gamer yang mengenal game yang satu ini setelah seri keduanya diperkenalkan lewat konsol yang populer di Indonesia – Playstation 2. Namun bagi gamer yang sudah mengikuti sejak seri pertamanya tentu memahami bahwa Soul Calibur tampil terbaik di perilisan seri perdananya. Dirilis di tahun 1998 untuk Arcade, Soul Calibur berhasil menarik perhatian industri game setelah game ini diport untuk konsol legendaris Sega – Dreamcast. Beberapa media game di saat itu bahkan memberanikan diri untuk menilai game ini dengan angka sempurna. Soul Calibur yang diport ke Dreamcst tersebut menjadi sebuah fenomena yang bahkan tidak mudah dilupakan hingga saat ini.

Soul Calibur iOS 2

Ada beberapa poin utama yang membuat seri pertama Soul Calibur ini begitu memorable, bahkan hingga saat ini. Kualitas grafis versi port nya saat itu merupakan salah satu yang terbaik dan mendapatkan banyak pujian karenanya. Tidak hanya itu saja, Soul Calibur versi Dreamcast saat itu juga hadir dengan segudang fitur dan karakter baru yang tidak dapat ditemukan di versi Arcadenya. Kini, lebih dari sepuluh tahun sejak kehadiran awalnya, seri ini akhirnya dihidupkan kembali. Tidak hanya sebagai sebuah media nostalgia, namun juga “media pembelajaran” untuk gamer yang belum pernah merasakan seri ini di awal.  Cara terbaik menikmatinya? Tentu dengan mengenakan kacamata gamer di tahun akhir tahun 1990-an.

Port “nostalgia” ini juga tidak main-main. Tidak dirilis sebagai seri klasik konsol tertentu, Soul Calibur Dreamcast ini dihadirkan untuk perangkat multimedia protable yang kian mampu membuktikan diri – iOS. Benar sekali, sistem operasi mumpuni milik Apple ini menjadi tempat persinggahan Soul Calibur, sekaligus menjadi cara “baru” untuk menikmati sebuah seri klasik dalam genggaman. Namun mampukah seri ini tampil lebih baik dengan keterbatasan yang dimiliki oleh sebuah perangkat mobile? The moment of truth starts now..

Mencicipi Seri Awal dari Franchise Besar

Soul Calibur iOS 3

Beberapa karakter ikonik Soul Calibur sudah hadir sejak seri pertama

Hal terbaik apa yang ditawarkan oleh Soul Calibur iOS? Selain kesempatan untuk memainkan sebuah seri Soul Calibur dalam genggaman, ini mungkin menjadi satu-satunya media bagi sebagian besar gamer untuk mengenal seri pertama Soul Calibur. Seperti yang kita tahu, Dreamcast bukanlah konsol yang terhitung populer di masa kejayaan Playstation 2 di Indonesia. Boleh terbilang, hanya sedikit saja yang pernah mencicipi seri ini secara langsung dan merasakan pengalaman langsung darinya. Memainkan versi port ini akan menjadi pilihan yang paling baik.

Akar franchise Soul Calibur yang selama ini kita kenal sudah menemukan dasar solidnya di Soul Calibur pertama ini. Lusinan karakter ikonik yang menjadi ciri utama seri Soul Calibur selama ini telah dihadirkan, termasuk Nightmare, Sophitia, dan si seksi – Ivy. Bentuk pertarungan khas yang berbasiskan pada penggunaan senjata dan kombinasi gerakan per tombol juga sudah diperlihatkan dengan sangat baik di sini. Kemampuan untuk bergerak dengan lincah dan menyerang pada saat yang tepat akan menjadi strategi yang terbaik.

Mewarisi Kualitas Grafis Sebaik Dreamcast

Soul Calibur iOS 30

Details yang ditampilkan serupa dengan visualisasi ala Dreamcast

Perangkat mobile boleh terbilang sebagai pencapaian teknologi paling revolusioner saat ini. Di masa lalu, tidak ada yang bisa membayangkan bahwa game-game dengan model tiga dimensi dapat berjalan di dalam sebuah gadget yang begitu kecil. Namun, perkembangan teknologi yang ada mampu membuat piranti keras yang ditanamkan pada smartphone saat ini jauh lebih baik dan bertenaga dibandingkan konsol yang lahir dua generasi sebelumnya. Hal inilah yang membuat perangkat iOS seperti iPhone, iPad, dan iTouch mampu mengakomodasi kebutuhan port game-game lawas dengan kualitas tinggi. Setelah Grand Theft Auto III yang tampil memesona, Soul Calibur juga hadir dengan kualitas yang tidak jauh berbeda.

Soul Calibur iOS 16

Setting pertempuran yang ada juga ditampilkan dengan baik

Seperti port versi Dreamcastnya yang sempat memesona banyak pihak,  Soul Calibur iOS ini juga datang dengan kualitas grafis yang serupa. Details ditampilkan dengan begitu baik, baik dari segi desain karakter maupun lingkungan pertempuran yang dihadirkan. Karakter-karakter ikonik yang dihadirkan juga ditampilkan dengan visualisasi yang terhitung baik untuk sebuah game lawas. Secara garis besar, game ini tampil layak dan masih cocok dimainkan dengan mata yang kini lebih sering menikmati game-game dengan kualitas grafis tinggi. Kemampuan Namco Bandai untuk mempertahankan salah satu aspek paling memorable dari Soul Calibur ini memang patut diacungi jempol.

For Complete Soul Calibur iOS Review, Visit: JagatPlay

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…