in: News - Otomotif | January 6, 2012 | by: Ernest Dimitria

Volvo XC60: Plug-in Hybrid Bertenaga 350hp

Menjelang ajang Detroit Auto Show 2012, Volvo telah menyiapkan konsep mobil hybrid terbarunya yang telah dilengkapi dengan sistem all-wheel drive elektrik. Mobil yang diberi nama XC60 Plug-in Hybrid Concept ini dilengkapi dengan mesin empat silinder berbahan bakar bensin yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 280hp. Tenaga mesin pembakaran tersebut digabungkan dengan mesin elektrik bertenaga 70hp. Penggabungan kedua mesin ini memungkinkan XC60 untuk berlari dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dalam waktu 6,1 detik.

Pengendara dapat memilih tiga mode mengemudi (Pure, Hybrid, atau Power) melalui tiga tombol khusus yang tersedia di panel instrumen. Mode Pure memungkinkan XC60 untuk bergerak menggunakan tenaga elektrik saja dengan jarak tempuh hingga 45 kilometer. Mode Hybrid memungkinkan pengemudi untuk mengombinasikan mesin pembakaran dan elektrik sehingga menghasilkan efisiensi konsumsi bahan bakar tertinggi (2,35 liter per 100 kilometer) dan jumlah emisi CO2 terendah (53 gram per kilogram). Untuk memaksimalkan tenaga yang dikeluarkan oleh XC60, pengemudi dapat menggunakan mode Power.

Volvo XC60 dilengkapi dengan tanda “T8” yang menekankan total tenaga kombinasi dari mesin pembakaran dan elektrik yang mencapai 350hp. Jumlah tenaga yang dihasilkan tersebut merupakan prestasi tersendiri bagi Volvo. Pasalnya, total tenaga yang dihasilkan oleh mesin empat silinder dan motor elektrik dalam XC60 sebelumnya hanya dapat dihasilkan oleh mesin delapan silinder. Peter Mertens, Senior Vice President Research & Development Volvo Car Corporation, mengatakan bahwa mesin empat silinder merupakan pilihan yang paling efektif untuk mengurangi emisi CO2 tanpa mengorbankan performa dan kenikmatan mengemudi.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES