in: Processors | February 2, 2012 | by: Bhisma Sidarto

AMD Athlon II X4 631 : LLANO Quad Core Murah Tanpa VGA

Pengujian

MS Excel (Montecarlo Test)


Keunggulan L3 cache yang dimiliki oleh FX-4100 di atas Core i3 2100 membuatnya mampu memimpin dalam benchmark yang menyimulasikan perhitungan kompleks ini. Jika dibandingkan dengan Athlon II X4 631 dan A6-3650 yang tidak memiliki L3 cache sama sekali, membuat keduanya tertinggal cukup jauh.

7Zip


Pengujian 7Zip menunjukkan kinerja aplikasi pada saat menggunakan thread tertentu. Penggunaan 1 thread menitikberatkan pada efisiensi dari core sebuah prosesor. Dari pengujian ini, terlihat pada core Sandy Bridge mampu unggul di atas Bulldozer, dengan Llano berada di belakang keduanya. Ketika telah menggunakan multi thread terlihat clock speed mulai berpengaruh. Ketika kita mencermati performa keempat prosesor ini saat menggunakan 4 thread maka terlihat jarak performanya terpaut dalam range 20%.

Ketika kita membandingkan Athlon II X4 631 dengan A6-3650 pada operasi single thread maka LLANO dengan GPU memiliki efisiensi lebih baik. Tetapi ketika memasuki operasi multi thread terlihat bahwa LLANO tanpa GPU memiliki efiesiensi lebih baik.

Winzip 15 (Non AES)


Pengujian kompresi file ini menunjukkan bahwa efisiensi core kadang lebih penting dari clock speed semata. Performa Core i3 2100 mampu unggul 22% dari pesaing terdekatnya. Sementara itu Athlon II X4 631 harus puas dengan posisi juru kunci dalam benchmark ini. Walau begitu perbedaannya dengan keduanya pembandingnya tidaklah jauh, hanyalah 1 detik.

Photoshop


Efisiensi dan clock speed terpaksa membuat Athlon II X4 631 mengakui keunggulan para pembanding lainnya pada benchmark ini.

Blender


Benchmark aplikasi rendering 3D cukup mencerminkan kinerja prosesor pada saat diberi beban yang cukup berat. Jika diperhatikan kinerja aplikasi multi thread terlihat performa Athlon II X4 631 dan A6-3650 identik.

FastStone


Masalah AMD FX dengan thread scheduler sangat terlihat sekali pada aplikasi yang menggunakan single thread. Performa baik A6-3650 dan Athlon II X4 631 mampu mengungguli FX-4100 pada pengujian ini.

Cinebench


Inilah satu-satunya benchmark sintetik yang dimana kedua LLANO mampu unggul dari kedua pesaingnya. Melihat dari hasilnya terlihat bahwa kinerja kedua prosesor berbasis LLANO memiliki performa yang sama persis.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
Games - News | January 30, 2015 | Comments

Ermac Gabung di Mortal Kombat X

Setelah memperkenalkan beberapa karakter yang siap hadir dalam pertarungan di Mortal Kombat X, NetherRealm kembali mengungkapkan satu lagi nama yang sudah sangat familiar bagi para gamer, terutama fans berat seri
Read More »