in: News | February 24, 2012 | by: Ridwan Fariz

AMD Sempat “Melirik” NVIDIA Sebelum Bergabung dengan ATI?

Tahukah Anda, sebelum bergabung dengan ATI pada tahun 2006 silam, AMD sempat terlebih dahulu melakukan “PDKT” dengan NVIDIA untuk menawarkan merger perusahaan? Menurut laporan dari Forbes yang mengutip langsung dari wawancara mantan pegawai AMD, perusahaan yang sebelumnya fokus pada produksi prosesor ini memang pernah mengajak bergabung dengan NVIDIA, walaupun pada akhirnya “perjodohan” ini tidak berjalan langgeng.

Sebelum tahun 2006, CPU Designers dari AMD sudah mempertimbangkan dan merencanakan konsep dasar dari APU (Accelerated Processing Unit). Melihat kemajuan dalam perkembangan fabrikasi silikon prosesor yang semakin canggih (kecil), chip desainer bisa menambahkan komponen lain di dalam prosesor, seperti GPU terintegrasi yang cukup kuat. Pada saat itu AMD tidak memiliki chipset grafis terintegrasi milik sendiri. Oleh karena alasan utama itulah AMD mulai mencari perusahaan GPU yang dapat menjadikan perusahaan lebih baik dan bisa menjanjikan untuk menghadirkan jajaran CPU yang lebih kompetitif.

CEO NVIDIA, Jen-Hsun Huang.

Dengan langkah pendekatan yang dilakukan AMD kepada NVIDIA, pada saat itu kedua perusahaan tersebut memang sedang memiliki hubungan yang sangat baik, mengingat NVIDIA juga memiliki pasar yang cukup besar dalam produk chipset motherboard untuk AMD saat itu. Namun nampaknya terdapat permasalahan dari kedua bos perusahaan tersebut, Jen-Hsun Huang berkeras untuk tetap menjadi CEO dari perusahaan kombinasi AMD-NVIDIA yang diajukan, dan nampaknya hal tersebut tidak sependapat dengan Hector Ruiz yang juga menjabat sebagai CEO AMD.

Setelah kegagalan dan tidak ditemukan kesepakatan antara AMD dan NVIDIA tersebut, AMD langsung berpaling pada ATI yang sudah menjadi rival sejati “kubu hijau” tersebut, yang menjadikan AMD’s Graphics Product division sebelum direstruksturisasi dan sepenuhnya bergabung menjadi AMD. Dari laporan yang ditulis oleh Forbes ini, NVIDIA sendiri menolak untuk berkomentar pada cerita tersebut.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES