in: Networking | February 14, 2012 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review: AirLive N.Plug Wireless Router – Kemampuan Tinggi dalam Ukuran Kecil

Penggunaan

Untuk melihat kemampuan apa saja yang ditawarkan AirLive dalam N.Plug dalam mode operasi “router”, kami langsung membuka tool manajemen perangkat berbasis web yang terdapat dalam perangkat tersebut. Tampilan tool manajemen perangkat berbasis web yang ada dalam perangkat tersebut memiliki desain dan warna yang tidak berbeda dengan perangkat AirLive lain yang pernah singgah ke kantor kami sebelumnya, N.Power dan Air3G II.

Saat pertama kali dibuka, tool manajemen perangkat berbasis web langsung menampilkan menu “Setup Wizard” yang cukup membantu pengguna untuk melakukan konfigurasi dasar di N.Power, termasuk konfigurasi untuk jaringan wireless dan akses Internet (WAN).

Pengaturan SSID dan key melalui "Setup Wizard".

Selain pengaturan fungsi dasar melalui “Setup Wizard”, pengguna juga bisa melakukan pengaturan manual untuk berbagai fungsi dari N.Plug melalui menu-menu “Internet Settings”, “Wireless”, dan “System”. Menu “Internet Settings” berisi berbagai opsi pengaturan dasar koneksi Internet yang tidak kalah lengkap bila dibandingkan dengan router berukuran standar.

Berbagai pilihan jenis koneksi Internet yang tersedia di N.Plug.
N.Plug bahkan mendukung pemanfaatan modem 3G berbasis USB sebagai sumber koneksi Internet.
Filtering berupa URL Filter juga didukung oleh perangkat ini.
Bahkan, kemampuan Port Forwarding untuk mengalihkan traffic dari port tertentu ke suatu alamat IP dalam jaringan juga tersedia.

Beralih ke menu berikutnya, “Wireless”, yang merupakan pusat kontrol dari berbagai pengaturan untuk kemampuan jaringan nirkabel dari N.Plug. Seperti beberapa produk AirLive yang telah kami coba sebelumnya, N.Plug juga menawarkan banyak opsi pengaturan untuk jaringan wireless.

Pengaturan "Basic Settings" untuk Wireless tidak jauh berbeda dengan kebanyakan wireless router yang ada.
Dukungan untuk "Multiple AP" atau penggunaan beberapa SSID juga ada di N.Plug.
Masing-masing SSID yang digunakan juga memiliki sistem keamanannya masing-masing.
Pengaturan tingkat lanjut untuk "Wireless", diantaranya kekutan transmisi untuk gelombang radio serta WLAN Partition, dapat dilakukan di submenu "Advanced Settings".
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES