in: Networking | February 14, 2012 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review: AirLive N.Plug Wireless Router – Kemampuan Tinggi dalam Ukuran Kecil

Setelah mengamati opsi-opsi pengaturan pada menu “Wireless”, kami beralih ke menu berikutnya, yaitu “System”. Seperti namanya, menu ini banyak berisi opsi-opsi pengaturan yang terkait dengan sistem yang diusung oleh N.Plug, antara lain: LAN Inteface termasuk juga DHCP Server, proteksi terhadap Denial of Service (DoS), backup dan restore konfigurasi, serta Quality of Service (QoS).

Pengaturan dasar LAN dan DHCP berada dalam submenu "LAN Interface" ini.
Pencegahan serangan Denial of Service (DoS) juga tersedia di N.Plug dan dapat diakses dibawah submenu "Denial of Service".

Menu lain yang ada di tool manajemen perangkat berbasis web N.Plug, “Status” berisi berbagai informasi menyenai status operasional dari perangkat tersebut. Sedangkan menu terakhir, “Reboot”, berisi tombol yang dapat digunakan untuk melakukan reboot pada perangkat.

Setelah mencoba N.Plug dalam mode “router”, kami melanjutkan pengujian penggunaan dengan mengubah mode operasi ke “access point”. Pengubahan mode operasi dapat dilakukan dengan menggunakan switch yang ada di bagian atas perangkat.

Menu "Internet Settings" tidak muncul saat router dioperasikan dalam mode "acces point".

Terakhir, kami juga mencoba mengoperasikan N.Plug dalam mode “repeater”. Mode ini memungkinkan N.Plug beroperasi sebagai wireless repeater untuk jaringan-jaringan wireless yang ada di sekitarnya.

Submenu "Site Survey" inilah yang menjadi pusat kontrol ketika N.Plug berada dalam mode "repeater".

Kesimpulan

Walaupun memiliki ukuran yang kecil, jauh lebih kecil dari ukuran umum wireless router, perangkat N.Plug dari AirLive ini ternyata mampu menghadirkan berbagai fitur yang tidak kalah lengkap! Jumlah port Ethernet yang tersedia di perangkat ini hanya 2 buah, tetapi mengingat peran dari perangkat ini yang sepertinya lebih ditujukan untuk jaringan berskala kecil, hal tersebut tentunya tidak terlalu menjadi masalah.

Tampilan saat pengubahan opsi pilihan dilakukan.

Berbagai mode operasi yang dimiliki N.Plug juga merupakan kelebihan tersendiri, terlebih lagi dengan ukurannya yang cukup kecil, perangkat tersebut mampu menghadirkan berbagai fungsi menarik.

Kelebihan:

  • Berbagai mode operasi yang bisa digunakan
  • Memiliki fitur lengkap ala wireless router berukuran standar walaupun memiliki ukuran yang kecil
  • Tersedianya antena eksternal

Kekurangan:

  • Jumlah port Ethernet yang terbatas
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES