in: Networking | February 27, 2012 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review: Linksys X3000 – Wireless Router dan Modem ADSL dalam Satu Perangkat

Perangkat networking dari Cisco Linksys kembali hadir di kantor JagatReview. Perangkat tersebut adalah Linksys X3000 yang merupakan gabungan antara modem ADSL dan wireless router yang dikemas dalam satu perangkat. Fitur apa saja yang disediakan Linksys dalam perangkat tersebut? Mari kita lihat bersama dalam artikel ini!

Paket Penjualan

Sesuai dengan ciri khas yang diusung Linksys, kemasan dari produk X3000 yang datang ke kantor kami ini juga memiliki warna dasar biru, persis seperti beberapa produk lain yang pernah kami coba sebelumnya. Ukuran dari kemasan box tersebut juga tidak berbeda jauh dengan kebanyakan produk wireless router yang pernah datang ke kantor JagatReview.

Linksys menyediakan beberapa perlengkapan pendukung penggunaan untuk menemani X3000 di dalam kemasan tersebut, antara lain sebuah quick start guide, sebuah CD aplikasi, sebuah adapter, dua buah kepala adapter (kaki dua dan kaki tiga), dan sebuah kabel Ethernet. Perlengkapan pendukung tersebut memang biasa dijumpai di paket penjualan produk wireless router Linksys yang lain. Namun, khusus untuk X3000, Linksys juga menyertakan sebuah kabel DSL untuk mendukung kemampuan modem ADSL perangkat tersebut.

Seperti paket penjualan produk-produk mereka yang lain, Linksys juga menyertakan kepala adapter kaki dua dan kaki tiga untuk X3000.

Setelah melihat isi dari paket penjualan X3000, mari kita melihat lebih lanjut unit wireless router tersebut.

Linksys X3000

Desain yang diusung Linksys untuk X3000 tidak berbeda dengan produk E3000 yang pernah kami coba kemampuannya beberapa waktu yang lalu. Tampaknya, desain ini menjadi desain favorit dari Linksys yang mereka terapkan untuk beberapa jenis produk networking mereka.

Sederet lampu indikator terletak di bagian depan perangkat, mengapit sebuah tombol untuk WiFi Protected Setup (WPS). Deretan lampu indikator tersebut masing-masing berfungsi sebagai indikator untuk 4 port LAN, wireless, Internet, dan power.

Empat lampu indikator untuk port LAN terletak di kiri tombol WPS, sedangkan indikator untuk wireless, Internet, dan power terletak di kanan tombol.

Di sisi belakang X3000, terdapat sederet port konektivitas, port daya, dan switch on/off. Port konektivitas yang tersedia untuk perangkat ini adalah 4 buat port Ethernet untuk LAN, sebuah port Ethernet untuk WAN, sebuah port untuk DSL, dan sebuah port USB 2.0.

Kemampuan X3000 untuk berfungsi sebagai modem ADSL tentunya harus didukung dengan tersedianya port untuk kabel DSL.

Sedangkan untuk tombol reset, Linksys meletakkannya di sisi bawah X3000.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES