in: Networking | February 27, 2012 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review: Linksys X3000 – Wireless Router dan Modem ADSL dalam Satu Perangkat

Menu berikutnya, “Security”, berisi beberapa opsi pengaturan untuk “Firewall” dan “VPN Passtrough” yang merupakan fitur yang bisa memberikan perlindungan dasar untuk komputer-komputer di belakang router. Sedangkan menu “Storage” berisi berbagai opsi pengaturan dan fitur yang bisa dimanfaatkan ketika storage terpasang ke port USB yang ada di X3000.

Fitur untuk menjadikan X3000 sebagai media server untuk perangkat-perangkat home entertainment telah disiapkan Linksys.

Fitur lain yang cukup bermanfaat bila komputer-komputer yang ada di balik router banyak digunakan oleh anak-anak tersedia di menu “Access Policy”, yaitu “Parental Control”.

Pengguna bisa mengatur komputer mana saja yang akan diawasi oleh "Parental Control" dan kapan fitur tersebut akan diaktifkan.

Selanjutnya, terdapat menu “Application and Gaming” yang merupakan kumpulan opsi-opsi pengaturan terkait prioritas penggunaan dan pengaturan lalu lintas data yang melalui router.

Data yang melalui suatu port tertentu dapat langsung diteruskan ke perangkat lain dalam jaringan melalui submeny "Port Forwarding" dan "Port Range Forwarding".
Pengaturan prioritas lalu lintas data secara sederhana diterapkan dalam QoS untuk X3000.

Dua menu yang berada di ujung kanan menu bar, “Administration” dan “Status”, merupakan menu standar yang diperlukan untuk mengatur dan memantau kerja dasar dari X3000.

Fitur "Remote Management", seperti yang dijumpai di beberapa perangkat Linksys yang lain, juga ditemui di X3000.
Informasi-informasi dasar terkait pengoperasian router dapat dipantau melalui submenu "Router" dibawah menu "Status" ini.

Untuk memudahkan para pengguna X3000 dalam memahami apa kegunaan dari opsi-opsi pengaturan yang ada di menu-menu tool konfigurasi berbasis web dari X3000, Linksys juga menyediakan “Help” yang berfungsi untuk menjelaskan kegunaan dari masing-masing opsi pengaturan.

Tampilan "Help" untuk submenu "Port Range Forwarding".

Kesimpulan

Tidak banyak hal yang bisa disimpulkan dari X3000. Perangkat dari Linksys ini memiliki kemampuan wireless router yang bisa dikatakan standar untuk kelas perangkat jaringan rumahan. Tambahan kemampuan untuk berperan sebagai modem ADSL tentunya membuat perangkat yang satu ini bisa menjadi alternatif pilihan wireless router yang cocok untuk pengguna koneksi berbasis ADSL yang ingin membagi koneksi Internet-nya ke lebih dari satu komputer.

Kelebihan:

  • Kemampuan untuk berperan sebagai modem ADSL

Kekurangan:

  • Fitur tambahan yang cukup minim
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES