in: Processors | February 28, 2012 | by: Bhisma Sidarto

Preview AMD A8-3870K Black Edition: LLANO Dengan Unlock Multiplier

Hanya beberapa hari menjelang akhir tahun 2011, divisi prosesor AMD memberikan kejutan berupa perilisan prosesor AMD Llano seri K. Dibandingkan prosesor AMD Llano terdahulu, seri K menawarkan kelebihan pada multiplier prosesor dan GPU yang tidak dikunci. Alhasil pengguna pun lebih mudah dalam meng-overclock prosesor ini karena untuk mendapatkan kecepatan lebih tinggi pengguna cukup menaikkan nilai multiplier prosesor.

Terdapat dua tipe prosesor AMD Llano seri K yang dirilis ke pasaran yaitu A8-3870K Black Edition dan A6-3670K Black Edition. Jika melihat penamaannya, sepertinya prosesor ini memiliki spesifikasi default lebih tinggi dibandingkan tipe sebelumnya, A8-3850 dan A6-3650.

Beberapa waktu yang lalu akhirnya salah satu tipe prosesor AMD Llano seri K hadir  di lab pengujian kami. Prosesor AMD Llano seri K yang datang tidak lain dan tidak bukan merupakan tipe teratas dari seri K sekaligus tipe teratas dari seluruh prosesor AMD Llano, A8-3870K BE. Sebelum melihat artikel pengujian yang lebih lengkap, kami ajak Anda terlebih dahulu untuk melihat bentuk fisik produk ini beserta sekilas hasil benchmark-nya.

AMD A8-3870K

Inilah kemasan produk prosesor AMD A8-3870K Black Edition. Sesuai dengan nama yang digunakan, kemasan ini menggunakan tema warna hitam, menggantikan warna merah yang terdapat pada kemasan produk AMD Llano non-K.

Pada sisi kiri kemasan terdapat jendela untuk mengintip prosesor A8-3870K BE yang tersimpan rapi di dalam kotak.

Sedangkan pada sisi atas kemasan, terdapat stiker yang berfungsi sebagai segel kemasan sekaligus menampilkan informasi spesifikasi prosesor. AMD A8-3870K BE dilengkapi clock speed sebesar 3 GHz dan chace sebesar 4 MB. Spesifikasi ini 100 MHz lebih tinggi dibandingkan A8-3850 yang dilengkapi clock speed sebesar 2.9 GHz.

Sistem pendingin yang disertakan untuk prosesor AMD A8-3870K BE ternyata tidak berbeda dibandingkan sistem pendingin yang disertakan untuk prosesor AMD Llano non-K.

Prosesor AMD A8-3870K BE menancap di soket FM1 dan siap untuk beraksi di aplikasi pengujian kami.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES