LOGO

Review Android Apps – 5 Aplikasi Keuangan: Mengatur Keuangan Pribadi melalui Handphone

Setiap pengeluaran yang tidak tercatat mengakibatkan kebocoran dana yang sebenarnya bisa dihindari jika perencanaan dilakukan di awal. Dengan mendisiplinkan diri, sebenarnya penghematan dapat dilakukan dengan cara yang benar.

Demi menjalankan dan mengatur keuangan dengan baik, Anda membutuhkan sebuah aplikasi keuangan yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan Anda. Dari sekian banyak aplikasi yang dapat membantu Anda dalam mengatur pengeluaran, kami memilih lima aplikasi terbaik dan menjabarkannya untuk Anda.

Platform

SONY ERICSSON XPERIA X10 MINI
Prosesor: 600 MHz
RAM: 160 MB
Network: HSDPA/Edge/GPRS/WiFi
Bluetooth: 2.0 A2DP
GPS: AGPS Support
Display: 240 x 320 Touchscreen
OS: Eclair 2.1.1

Lima Program Pengelola Finansial Gratisan

Setiap aplikasi keuangan selalu memiliki fitur lebih masing-masing yang menjadikannya unggulan. Para produsen akan berlomba-lomba memberikan yang terbaik. Dari banyaknya aplikasi yang beredar di Android Market, kami memilih yang memiliki kemampuan terbaik kemudian melakukan pengujian dengan hasil sebagai berikut.

Money Lover – Mengatur Pengeluaran Harian

Menu utama yang dimiliki adalah Add Transaction yang berfungsi untuk menambahkan sebuah transaksi, Cash Book (menyimpan setiap transaksi yang terjadi), Debt Management (mengatur utang-piutang), Statistic (membuat laporan dalam bentuk diagram), Budget Plan (beberapa menu tambahan mengenai budget yang Anda miliki), Tools (kumpulan tool tambahan yang akan membantu pengelolaan uang).

Salah satu yang membuat aplikasi ini menjadi menarik adalah dukungan bahasa dan mata uang Indonesia. Tools tambahan, seperti tip calculator, ATM finder, bank finder, interest rate, dan currency exchange dapat digunakan dalam pengaturan pendapatan, pengeluaran, dan transaksi yang biasa terjadi.

Money Wise – Keamanan Data Pengeluaran dan Pendapatan

Program yang satu ini memiliki kelebihan di sistem pengamanan yang menggunakan PIN setup. Selain itu, data yang telah di-input dapat di-backup dan di-restore untuk kepentingan yang akan datang. Dari sisi penampilan, program ini tidak terlalu menarik. Perpaduan warna hitam dan putih yang mendominasi tidak membuatnya tampil “lebih” dari aplikasi saingannya.

Beberapa kelemahan yang terdapat seperti limitasi penggunaan kalkulator merupakan batasan yang diberikan dari pihak developer agar penggunanya mau melakukan upgrade ke versi pro. Fitur standar, seperti add transaction, graphic, dan tools tambahan tersedia dengan lengkap dan siap digunakan untuk keperluan penggunanya.

Expense – Pengeluaran Sehari-hari

Manfaat yang diperoleh saat memakai Expense adalah mencatat berbagai pendapatan dan pengeluaran dengan cara yang mudah dan cepat. Menambahkan transaksi, chart, budget, dan account merupakan fitur standar yang bisa ditemukan di aplikasi ini. Penggunaan aplikasi ini sebenarnya sangat mudah dan tidak membingungkan. Anda cukup menambahkan transaksi atau income dengan menekan tombol yang telah disediakan.

Demi meningkatkan daya tarik para user, program ini menyediakan tool tambahan, seperti kalkulator biasa untuk perhitungan, sales and taxes yang berguna menghitung pajak, calculator tips yang memberikan perhitungan pemberian tip saat makan di sebuah restoran, dan currency converter yang berfungsi untuk menghitung pertukaran mata uang.

Family Budget – Anggaran Pengeluaran Keluarga

Program ini memiliki tiga menu utama, yaitu debt (utang-piutang), income (pencatatan pendapatan), dan account. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan fitur-fiturnya mudah digunakan. Sayangnya, aplikasi ini belum menyediakan mata uang Indonesia.

Demi keamanan data, Anda dapat memberikan perlindungan dengan mengaktifkan pin di menu setting. Selain itu, Anda juga dapat menyinkronisasikan setiap data ke khoselek.org. Untuk mem-backup dan me-restore database dapat dilakukan dengan cara menekan tombol menudi perangkat. Program ini sangat cocok digunakan untuk mengelola keuangan keluarga secara menyeluruh.

My Money -Aplikasi Finansial Personal

Ini adalah aplikasi pengatur keuangan pribadi. Anda dapat merencanakan pengeluaran dan mencatat berbagai transaksi yang telah dilakukan menggunakan aplikasi ini. Standar menu yang dapat ditemukan adalah account, budget, transaction, dan chart. Sesuai dengan kesederhanaan tampilannya, menu setting aplikasi ini pun hanya menyediakan pilihan proteksi password.

Layaknya sebuah pengelola keuangan pribadi lainnya, aplikasi ini menyediakan sistem backup dilengkapi dengan import database dari SDcard. Pihak developer tidak menyediakan tool tambahan untuk menambah daya tarik aplikasi ini. Walau begitu, kemampuan aplikasi ini sudah dapat mencukupi kebutuhan penggunanya.

Dari kelima aplikasi keuangan yang telah kami uji, kami melihat masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan keunikannya sendiri-sendiri, tetapi pada dasarnya mereka memiliki fungsi yang hampir sama. Sebagai pengguna, Anda dapat memilih salah satu dari kelima aplikasi di atas untuk digunakan mengatur berbagai kepentingan pengelolaan keuangan pribadi yang dirasa cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Kesimpulan

Pengelolaan keuangan dengan cara manual memang dapat dilakukan, tetapi akan lebih efektif jika semuanya dapat dikerjakan melalui ujung jari dan gengaman tangan Anda. Dari kelima peserta yang mengikuti pengujian kali ini, kelebihan masing-masing produk merupakan daya tarik yang dapat dimanfaatkan secara maksimal. Anda dapat memilih satu dari kelima aplikasi tersebut yang dapat membantu mengelola pendapatan dan pengeluaran sesuai keinginan Anda.

Random Articles
Back to Top