Review Android Apps – Origami: 5 Aplikasi yang Mengajarkan Cara Membuat Origami

Reading time:
February 15, 2012

Sebagai salah satu seni lipat kertas tertua, Origami banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat di dunia. Dengan memiliki keahlian Origami, selain dapat menyalurkan ide liar yang kerap kali mondar mandir di kepala pada waktu luang, Anda juga dapat mengajarkannya kepada sang buah hati guna melatih syaraf motorik, mengembangkan kreatifitas, dan menggali bakat seni yang terpendam.

Origami Classroom II

Manfaat lainnya yang dapat diperoleh dengan mempelajari origami adalah Anda dapat menghasilkan uang tambahan dengan membuka kelas khusus yang mengajarkan bagaimana caranya membuat berbagai karya seni lipat ini. Bahkan Anda dapat menjual hasil karya yang bernilai seni tinggi ini dengan harga yang relatif masuk diakal.

Platform SONYERICSSON XPERIA X10 MINI

Procesor : 600 MHz

Ram : 160 MB

Network : HSDPA/Edge/GPRS/WiFi

Bluetooth : 2.0 A2DP

GPS : AGPS Support

Display : 240 x 320 Touchscreen

OS : Eclair 2.1.1

Software Seni Melipat Kertas

Bermula dari membuat sesuatu yang sederhana sampai dengan sebuah karya yang memiliki nilai tinggi, semuanya akan diajarkan secara perlahan pada beberapa aplikasi berbasis Android berikut ini. Setelah mempelajarinya, Anda dapat mengembangakan keahlian sendiri dengan dasar yang telah dipelajari. Berikut adalah 5 aplikasi yang telah kami janjikan:

How to fold rose by sky11078002 – Cara Membuat Mawar

Pada aplikasi yang satu ini Anda akan diajarkan bagaimana caranya membuat sebuah mawar tiruan. Dari demonstrasi yang tersedia, ditemukan bahwa membuat sebuah bunga tiruan tidaklah harus dari bahan kertas saja, di sini ada beberapa bunga tiruan yang terbuat dari daun maple bekas. Di bagian akhir, ketika Anda menutup aplikasi ini, terdapat sebuah iklan yang menunjukan produk lainnya yang dapat diunduh.

How To Fold Rose

Langkah-langkah dalam membuat bunga tiruan ditampilkan dalam bentuk gambar, tanpa keterangan tertulis. Namun, langkah-langkah dalam bentuk gambar tersebut sudah cukup jelas sehingga akan mempermudah Anda dalam membuat sebuah bunga. Navigasi setiap halaman memakai sebuah tanda anak panah ke arah kiri dan kanan tanpa adanya animasi apapun. Gambar dapat diperbesar dengan menekan tanda tepat di bagian tengah.

Origami Clasroom II by Easy Studio – Kelas Origami Bagian ke II

Origami yang diajarkan pada aplikasi ini lebih bervariasi. Anda akan menemukan 40 bentuk Origami di aplikasi in, dari anjing, bunga, rubah, bebek, kelinci, perahu, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sama seperti layaknya aplikasi sejenis, pengajaran dilakukan dengan gambar langkah demi langkah tanpa adanya keterangan dalam bentuk teks.

Origami Clasroom IIa

Anda dapat membalik halaman dengan cara menggeser gambar dari kanan ke kiri. Jika merasa kurang yakin melalui keterangan gambar, Anda dapat mempelajarinya melalui video dengan mengunduhnya terlebih dahulu. Kapasitas sebuah video yang diunduh dapat mencapai 30 MB.

Software ini cukup menyenangkan untuk digunakan. Selain keterangan gambar dan video yang tersedia, Anda juga akan diiringini dengan sebuah jingle pada saat membuka aplikasi ini. Selain itu, tips selalu tersedia saat mempelajari sebuah origami atau hendak mengunduh file.

Origami Instructions HD by ArtelPlus – Semua Serba Ada

Program besutan dari ArtelPlus memiliki berbagai pelajaran mengenai cara membuat Origami seperti sailing ship, waterbom, seal, cicada, samurai helm, dan beberapa bentuk lainnya yang disertakan dengan berapa langkah yang dibutuhkan dalam membuat bentuk tersebut. Desain aplikasi ini sebenarnya cukup sederhana, dengan slide ke atas dan ke bawah Anda akan menemukan berbagai bentuk seni lipat kertas yang ingin dibuat.

Origami Instruction

Ketika sudah memasuki menu pengajaran pada sebuah bentuk yang hendak dibuat, selain cara membuat yang ditampilkan dengan gambar, Anda juga akan menemukan keterangan tertulis dari cara pembuatannya. Sliding ke kiri dan ke kanan dapat dilakukan langsung pada gambar atau menekan tombol virtual panah guna menavigasikan per halaman dari tutorial yang diajarkan.

Origami Tutorial by FrogPear – Navigation Menu yang Baik

Dengan navigasi menu yang baik, Anda dapat dengan mudah membrowse sebuah aplikasi tanpa harus kesulitan dalam menggunakannya. Origami Tutorial dari FrogPear memiliki itu semua. Pada aplikasi ini akan ditemukan beberapa menu utama yang dilambangkan dengan sebuah gambar sesuai dengan kategorinya, di mana setiap kategori memiliki sub menu sendiri.

Origami TUtorial

Menu yang ditampilkan adalah animal, easy, flowers, flower, fruits, insect, newspaper, others, use, valetine, dan vegetable. Pada setiap sub menu terdapat sebuah logo bintang yang dapat ditekan dan berfungsi sebagai favorit. Intruksi yang ditampilkan tidak per halaman, melainkan seluruh instruksi ada dalam sebuah halaman beserta keterangan langkah-langkah pembuatannya.

How to Make Paperlane by Mobilicus – Khusus Membuat Pesawat Terbang

Kali ini Mobilicus membuat sebuah produk yang dikhususkan untuk mengajarkan bagaimana cara membuat berbagai pesawat terbang dari secarik kertas. Tampilan yang dimiliki tampak cukup elegan dengan background yang didominasi dengan warna putih. Navigasi ditampilkan dengan vitual button yang sangat membantu.

How to Make Airplane

Awalnya kami cukup heran dengan program ini karena pada saat hendak diunduh kapasitas file setup mencapa 10 MB tetapi setelah terinstal dan mencoba beberapa Origami, kami menemukan kelebihan aplikasi ini. Tutorial tidak hanya disediakan dalam gambar dan teks penjelasan saja, melainkan gambar bergerak sehingga mempermudah kita dalam mempelajarinya.

Airplane

Dari sekian banyak aplikasi sejenis yang beredar di Android Market. kami memilih lima aplikasi ini berdasarkan kinerja, feature, dan database yang memberikan berbagai jenis bentuk dalam seni lipat kertas ini.

Kesimpulan

Sebagai seni lipat kertas yang telah dikembangkan sejak zaman dulu, Anda dapat menjadikan Origami sebagai pengisi waktu luang. Anda juga dapat memanfaatkan ilmu Origami ini untuk menghabiskan waktu bersama dengan sang buah hati. Setiap peserta kali ini memiliki spesialis yang berbeda-beda, tetapi menunjukan hasil karya seni yang luar biasa. Bila Anda hendak mempelajari mengenai berbagai bentuk dari origami maka kelima software ini merupakan aplikasi yang tepat.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…
March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…

Gaming

March 19, 2024 - 0

Sistem Anti-Cheat Apex Legends Sebut Celah Keamanan Bukan Dari Mereka

Sebuah situasi yang menyedihkan dan menyeramkan di saat yang sama,…
March 19, 2024 - 0

RGG Mengaku Terkejut dengan Kesuksesan Like a Dragon: Infinite Wealth

Cerita super serius yang diselingi banyak misi sampingan penuh humor,…
March 19, 2024 - 0

“Kejar” Leaker, Denuvo Kenalkan Produk Baru – Tracemark

Sudah bukan hal baru lagi ketika kita menemukan game-game yang…
March 18, 2024 - 0

Fatal Fury: City of the Wolves Rilis Awal 2025

Keputusan SNK untuk kembali ke industri game setelah kegagalan bisnis…