Review Android Apps – Widget Go Launcher Ex: Memaksimalkan Homescreen dengan Widget

Reading time:
February 17, 2012

Homescreen di sebuah launcher tidak hanya menampilkan sebuah wallpaper dengan gambar yang menarik saja. Anda dapat langsung mengakses berbagai aplikasi tanpa harus masuk ke dalam menu apps drawer hanya dengan menggunakan widget. Sebagai contoh, Anda dapat mengakses berbagai email atau pesan masuk langsung dari homescreen.

GoWidget

Widget merupakan salah satu elemen penting yang banyak digunakan pengguna perangkat Android. Berbagai produsen software pihak ketiga yang menawarkan aplikasi menarik pastinya menyediakan fasilitas ini demi kemudahan akses bagi sang pengguna. Kali ini, kami akan menyampaikan lima buah widget menarik dari Go Dev Team yang dapat dipakai di Go Launcher Ex.

Platform

SONY ERICSSON XPERIA X10 MINI

Prosesor: 600 MHz
RAM: 160 MB
Network: HSDPA/Edge/GPRS/WiFi
Bluetooth: 2.0 A2DP
GPS: AGPS Support
Display: 240 x 320 Touchscreen
OS: Eclair 2.1.1

5 Widget Bawaan dari Go Dev Team

Untuk memaksimalkan penggunaan perangkat Android, widget merupakan salah satu jalan keluar terbaik yang dapat digunakan. Pada kesempatan kali ini, Anda tidak perlu repot mencari di Market untuk dipadukan dengan Go Launcher Ex. Anda dapat mengunduh langsung secara gratis dari Go Store atau Market untuk mempersenjatai perangkat berbagai default widget bawaan yang dapat dimaksimalkan.

Facebook dan Twitter- Notifikasi Status dan Berbagai Pesan Lainnya

Pemilik akun Facebook tidak lagi akan direpotkan dengan proses yang cukup panjang untuk melihat update status. Di widget ini, Anda diharuskan login menggunakan nama pengguna dan kata kunci yang sama dengan akun Facebook asli. Di sini, Anda diizinkan untuk memberikan komentar, melihat update status dari berbagai teman, dan juga membuat status baru langsung tanpa membuka aplikasi Facebook atau browser terlebih dahulu.

Widget ini membutuhkan koneksi Internet yang baik dan secara otomatis akan menyyinkronisasikan diri dengan server Facebook untuk mendapatkan berbagai perubahan informasi dari wall Anda. Bentuk data yang diberikan adalah avatar yang berada di sebelah kanan dan status tepat berada di sebelah kiri.

Twitter tidak jauh berbeda dengan Facebook. Anda akan memperoleh update status dari berbagai akun teman yang Anda follow. Anda juga dapat “melempar” sebuah kalimatdi sini. Kelebihan utama yang ditawarkan adalah mempermudah melihat dan membuat status langsung dari widget.

Twitter

Contact – Kumpulan Kontak di Homescreen

Mengakses kontak melalui homscreen jelas jauh lebih mudah dibandingkan harus melalui berbagai jalur aplikasi yang sangat panjang. Selain lebih efisien, tentunya akan menghemat waktu. Dengan widget kontak dari Go Dev Team, Anda langsung dapat mengakses kontak pilihan yang paling sering digunakan atau semua kontak yang ada di phonebook.

Contact

Setiap kontak tampil dengan avatar dan nomor telepon mobile yang dapat digunakan langsung untuk melakukan panggilan. Banyaknya kontak yang terdapat di widget ini sesuai dengan banyaknya kontak yang tersedia di phonebook. Cukup dengan menekan avatar, Anda sudah dapat melakukan panggilan ke nomor yang dituju.

Message – Ber-SMS Ria di Halaman Muka

Pesan singkat atau lebih dikenal dengan SMS merupakan salah satu sarana bertukar informasi dengan kolega. Anda dapat langsung membaca sebuah pesan masuk dengan widget yang satu ini. Begitu juga dengan membalas pesan atau mengirim pesan jika diperlukan. Animasi yang ditampilkan adalah sliding ke  atas dan ke bawah sehingga tampak seperti tumpukan kertas bersambung.

SMS

Pilihan penampungan pesan sebanyak 20, 40, dan maksimal 60. Alangkah lebih baik bila SMS dapat ditampung lebih dari 60 buah. Selain itu, pesan yang ada merupakan SMS dari si pengirim saja dan tidak berbentuk chat thread. Balasan yang telah Anda kirim tidak dapat ditampilkan sehingga agak sedikit membingungkan.

Calender – Pengingat Janji

Bila memiliki sebuah janji di tanggal yang telah ditentukan, secara otomatis calender akan memberitahukan appointment yang sebelumnya telah diinput dengan pengaturan alarm. Di tampilan muka, Anda akan menemukan sederetan tanggal di bulan dan waktu yang disesuaikan dengan perangkat. Fungsi Calender di homescreen sangatlah banyak.

MyCalender

Note – To Do List

Widget Note yang satu ini sebenarnya merupakan sebuah to do list yang dapat mencatat berbagai pekerjaan. Salah satu keunggulan yang ditawarkan adalah sinkronisasi langsung dengan akun Google untuk backup dan sebagainya. Di widget ini, tampilan utamanya adalah sebuah tombol dan peringatan agar memasukkan akun terlebih dahulu.

Tiga buah shortcut yang berada di bagian atas sebelah kanan merupakan akses cepat untuk menambahkan to do list dan beberapa keterangan, seperti expire task, upcoming, dan tag. Setelah beberapa saat melakukan pencarian, kami tidak menemukan alarm atau reminder yang dapat mengingatkan Anda akan sebuah task yang telah diinput.

Note

Widget SMS, Contact, Calender, Facebook dan Twitter, note, dapat diakses langsung melalui tombol menu di perangkat kemudian tekan Widget. Kelimanya merupakan widget bawaan yang perlu diunduh secara terpisah. Keuntungan menggunakan widget di homescreen adalah akses cepat yang tidak perlu memasuki apps drawer.

Kesimpulan

Widget merupakan sebuah aplikasi mini yang dapat di-install di homescreen perangkat Android. Berbagai fasilitas yang diberikan pun cukup berguna dengan standar pengoperasian yang sangat mudah digunakan. Kelima widget yang kami bahas kali ini merupakan produk dari Go Dev Team yang dapat dipadankan dengan Go Launcher Ex.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…