Tes Perbandingan 5 SSD SandForce 2 Terkencang

Reading time:
February 1, 2012

Para Peserta Tes Perbandingan

Corsair Force GT 3

Kemasan Force GT

SSD berwarna merah ini adalah satu-satunya peserta dari Corsair yang datang pada tes perbandingan ini. Pada kemasannya, Corsair menjanjikan bahwa kinerja yang dicapai oleh SSD ini dapat mencapai 555 MB/s. Hal tersebut memang dapat tercapai berkat pemakaian flash memori dengan tipe synchronous. Untuk SSD yang memakai memori asynchronous, Corsair menyediakannya pada Corsair Force 3 (tidak ikut dalam tes perbandingan ini).

Corsair Force GT.

Jika Anda ingin mendapatkan SSD ini, Anda bisa dapat langsung menghubungi sang distributor, yaitu Dimensi Tiga Computer (DTG) di nomor telepon 021 6230 1917. Sang distributor membanderol SSD Corsair Force GT 3 dengan harga Rp2.150.000 saja. Walaupun harga tersebut bukanlah harga tertinggi, akan tetapi memang melihat angka di atas dua juta rupiah membuat beberapa orang sudah ngeri untuk membelinya. Akan tetapi harga tersebut tentu saja pas untuk sebuah SSD dengan chipset SandForce 2.

Kingston HyperX SSD

Kingston HyperX SSD 120GB Kemasan

SSD berwarna biru dan diposisikan sebagai kelas enthusiast dari Kingston ini merupakan satu-satunya SSD yang berdesain eye catching. Bentuk yang terlihat seperti sebuah SSD dengan casing yang kokoh, padahal setelah memegangnya, casing yang dipakai mirip dengan SSD lainnya. Kami pun pernah melakukan pengujian terhadap SSD yang satu ini beberapa bulan yang lalu.

Sang produsen, Kingston, pernah memberitahukan bahwa SSD ini akan memiliki firmware upgrade yang dapat meningkatkan kinerjanya lebih tinggi lagi. Namun nyatanya, sampai pada akhir pengujian tes perbandingan kali ini, kami belum mendapatkan link dari firmware tersebut. Kabar yang beredar saat ini adalah firmware baru tersebut telah terpasang pada unit baru dari SSD Kingston HyperX ini.

Kingston HyperX SSD 120GB Kingston HyperX SSD 120GB Back

Di pasaran, SSD Kingston HyperX 120 GB ini dipasang pada harga $295 atau sekitar Rp2.684.500 (dengan asumsi harga $1 = Rp9.100). Harganya memang cukup tinggi, akan tetapi dengan bonus perlengkapan yang diberikan, harga tersebut memang tidak terlalu mahal. Untuk distributornya, Anda dapat mencarinya pada halaman website http://www.kingston.com/asia.

OCZ Vertex 3

OCZ mengirimkan dua peserta pada tes perbandingan kali ini. Yang pertama adalah OCZ Vertex 3. Kami pernah melakukan pengujian terhadap OCZ Vertex 3, tetapi pada versi 240 GB-nya. Menyandang nama Vertex 3 berarti bahwa SSD yang satu ini merupakan SSD dengan kinerja tertinggi pada jajaran SSD dari OCZ. Hal ini dikarenakan pada Vertex 3 dipasangkan memori synchronous yang tentu saja lebih kencang dari versi asynchronous-nya.

Sang produsen saat ini terus memberikan pelayanan yang memudahkan para pengguna SSD OCZ dengan mengeluarkan software OCZ Toolbox. Dengan software ini, para pengguna SSD OCZ dapat melakukan upgrade firmware dengan mudah serta dapat melakukan secure erase tanpa harus berpindah sistem operasi terlebih dahulu. Walaupun begitu, jangan sampai Anda salah melakukan secure erase pada SSD yang telah terisi data penting Anda, karena semua data tersebut akan musnah setelah secure erase dilakukan.

Di Indonesia, SSD OCZ Vertex 3 dijual dengan harga $307 atau Rp2.793.700 pada kurs Rp9.100 per 1 dolar. Hal ini tentu saja membuat SSD yang satu ini paling mahal pada artikel tes perbandingan kali ini.  Untuk membelinya, Anda dapat langsung menghubungi Spectrum Utama pada nomor 021 612 5505

OCZ Agility 3

Kemasan Agility 3

Peserta kedua dari OCZ pada tes perbandingan kali ini adalah OCZ Agility 3. Untuk SSD yang satu ini, kami juga pernah melakukan pengujian tersendiri. Selain versi 120 GB, kami pun pernah pula melakukan pengujian terhadap versi dengan kapasitas 240 GB.

OCZ Agility 3 memiliki chipset yang sama dengan Vertex 3, namun memakai jenis teknologi yang berbeda. Jika Vertex 3 merupakan versi dengan memori synchronous, maka Agility 3 merupakan SSD dari OCZ yang memakai memori Asynchronous. Yap, benar, hal ini membuatnya memiliki kinerja yang paling rendah pada tes perbandingan kali ini, karena empat peserta lainnya menggunakan jenis memori yang Synchronous.

SSDDepan Agility3 SSDBelakang Agility3

SSD OCZ Agility 3 dijual dengan harga $227 atau Rp2.065.700 pada kurs Rp9.100 per 1 dolar. Hal ini tentu saja membuat SSD yang satu ini memiliki harga yang cukup rendah pada tes perbandingan kali ini.  Untuk membelinya, Anda dapat langsung menghubungi Spectrum Utama pada nomor 021 612 5505.

Team Xtreem S 3

Kemasan Team

Peserta terakhir pada tes perbandingan kali ini adalah SSD keluaran Team Group Inc. yang bernama Xtreem S3. Team datang dengan kemasan paket penjualan yang paling lebar pada tes perbandingan kali ini. Hal tersebut karena selain Team juga memberikan bracket 3.5″ pada paket penjualannya.

Saat pertama kali kami menguji SSD ini, kami sempat menemukan masalah dalam pengenalan drive pada BIOS. Kadang-kadang SSD ini tidak terdeteksi pada listing storage di BIOS AHCI. Akan tetapi, setelah melakukan upgrade firmware ke versi terakhir (tentu saja kami melakukannya saat drive terdeteksi oleh BIOS), masalah tersebut hilang tuntas dan membuatnya menjadi lebih kencang.

Team Xs3

Saat kami diberitahu mengenai harga jual dari Team Xtreem S3, kami sempat tidak percaya. Sang distributor memberikan harga hanya $188 atau sekitar Rp1.710.800 pada kurs Rp9.100 per satu dolar untuk SSD ini. Hal ini membuat Team Xtreem S3 memiliki harga jual paling murah di antara para peserta tes perbandingan kali ini. Untuk membelinya, silahkan langsung menghubungi sang distributor FoxHound di nomor 021 6230 4573.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…