Tes Perbandingan 5 SSD SandForce 2 Terkencang

Reading time:
February 1, 2012

Dan Pemenangnya adalah….

Tiga benchmark telah kami jalankan untuk lima buah SSD SandForce SF-2000 pada tes perbandingan kali ini. Dari setiap pengujian yang ada sebelumnya, kami telah menghitung pula siapa pemenangnya. Oleh karena itu, mari kita lihat grafik berikut ini.

Tes Perbandingan SSD Overall Score

Kami mendapati empat buah SSD yang memiliki kecepatan paling kencang dari pengujian yang telah dilakukan pada tes perbandingan SSD ini. Kingston HyperX, Corsair Force GT 3, OCZ Vertex 3, dan Team Xtreem S3 merupakan empat SSD yang memiliki kinerja yang mirip. Oleh karena memakai memori berjenis Asynchronous, Agility 3 harus berada pada urutan terakhir. Lalu bagaimana dengan perbandingan harga dan kinerjanya? Anda bisa melihatnya pada grafik di bawah ini.

Tes Perbandingan SSD Price per Performance Score

Dengan harga jual $188 pada saat artikel ini ditulis, membuat Team Xtreem S3 merupakan SSD SandForce 2 berkapasitas 120 GB paling terjangkau dengan kinerja yang tinggi pada tes perbandingan kali ini. Setelah itu Corsair Force GT 3 berada di urutan kedua dan OCZ Agility 3 yang menggunakan memori asynchronous ada di urutan ketiga.

Terbaik dari yang Terkencang

Berdasarkan pengujian kami selama ini, SSD yang menggunakan kontroler SandForce 2 dan konektivitas SATA III adalah SSD yang terkencang yang bisa Anda peroleh. Tentu saja, kami tidak memperhitungkan SSD berbasis PCIe. Meski, sebenarnya ada beberapa SSD berbasis PCIe yang kalah kencang dari SSD SATA III dengan SandForce 2. Jadi, pada akhirnya, yang kita lakukan saat ini adalah memilih SSD terbaik dari yang terkencang.

Performa

Dari 5 unit SSD SATA III berbasis kontroler SandForce 2 yang kami uji dalam tes perbandingan ini, ada 4 SSD yang memiliki performa tinggi. Bahkan, sama tingginya. Keempat SSD tersebut adalah:

Kingston HyperX

OCZ Vertex 3

Corsair Force GT 3

Team Xtreem S3

Memang, jika diperhatikan dengan seksama, akan tampil SSD yang lebih kencang. Akan tetapi, dengan perbedaan skor performa akhir yang hanya berkisar kurang dari 1%, rasanya aman untuk mengatakan bahwa Anda akan susah membedakan performanya dalam penggunaan sehari-hari.

Best Overall

Apabila dana tidak menjadi masalah, Kingston HyperX adalah pilihan kami. Paket SSD ini dilengkapi dengan bracket untuk PC desktop dan enclosure USB eksternal untuk kebutuhan upgrade notebook. Enclosure tersebut ditujukan sebagai tempat menampung harddisk dari notebook yang di-upgrade dengan SSD ini. Kingston bahkan melengkapi paket penjualannya dengan obeng dan baut-baut ekstra.

Kingston HyperX SSD 120GB External Enclosure Kingston HyperX SSD 120GB Bay Kingston HyperX SSD 120GB Obeng

Jika butuh justifikasi lebih lanjut, Kingston HyperX berhasil menampilkan performa PCMark7 terbaik. Mengapa ini penting? Karena, PCMark7 adalah benchmark yang lebih dekat mencerminkan efek peningkatan performa dalam penggunaan sehari-hari.

Best Value

Dana terbatas namun ingin menggunakan salah satu SSD terkencang? Saat tulisan ini dibuat, Team Xtreem S3 120 GB adalah pilihan paling tepat.

Team Xs3

Dengan harga hanya US$ 188, Team Xtreem S3 adalah SSD berbasis SandForce 2 termurah yang bisa Anda temukan di pasaran Indonesia. Bahkan, kemungkinan besar, ini adalah SSD 120GB SATA III termurah saat ini!

Kesimpulan

Keempat SSD dengan performa tertinggi pada pengujian ini adalah pilihan Anda untuk memperoleh performa sistem tertinggi . Harga SSD akan terus bergerak (semoga) turun. Jadi, pilihan Anda bisa berbeda dari pilihan kami saat ini. Akan tetapi, performa yang ditawarkan tidak akan jauh berbeda dan Anda tinggal menentukan pilihan berbasis hasil pengujian kami.

Saran kami, dengan harga yang sudah kian terjangkau, jangan lupakan SSD saat memutuskan untuk merakit PC. Terutama jika Anda memiliki dana untuk membeli prosesor kencang seperti Intel Core i7 atau AMD FX series. Sebab, tanpa performa storage yang mumpuni, performa keseluruhan sistem tidak akan terasa lebih nyaman. Kami bahkan merekomendasikan Anda untuk melakukan upgrade dari hard disk ke SSD untuk meningkatkan performa notebook secara signifikan.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…