in: Otomotif | February 22, 2012 | by: Lucky Natalia

Yamaha Moegi, Konsep Motor Hemat Bahan Bakar

Kenaikan bahan bakar minyak tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Berbagai pihak berlomba-lomba menciptakan kendaraan yang bisa berjalan dengan bahan bakar alternatif, seperti listrik, energi matahari, atau bahan bakar hibrid lainnya. Yamaha pun berusaha mencari solusi dari semakin mencekiknya harga bahan bakar, dengan menciptakan motor yang diklaim mampu mengonsumsi bahan bakar lebih sedikit daripada motor pada umumnya.

Motor berdesain kuno ini diberi nama Y125 Moegi. Desainnya yang kuno diambil dari desain motor pertama yang pernah diciptakan Yamaha di tahun 1955, YA-1. Namun, Y125 Moegi telah mendapatkan banyak modifikasi dan pengembangan, menjadikannya motor yang bisa bersaing dengan banyak motor yang beredar di pasaran saat ini. Motor ini memiliki “casing” yang sangat ringan dan juga dilengkapi dengan desain silinder terbaru yang membuatnya menjadi salah satu motor teringan dan irit BBM.

Motor ini dibuat dari 90 persen aluminium dengan bobot hanya 88 kilogram (25 kilogram lebih ringan daripada vespa generasi pertama). Yamaha membuat lapisan aluminium menggunakan proses die-casting “controlled-filling” yang dapat mengurangi gelembung udara sekitar 20 persen, membuat komponen motor ini lebih kuat dan tipis (30 persen lebih ringan).

Seperti produk orisinalnya, Yamaha Moegi berjalan dengan mesin 125cc bertekanan rendah. Para teknisi mengganti dua stroke yang ada di YA-1 dengan empat stroke minim gesekan. Mereka juga menambahkan motor ini dengan penemuan lainnya, yaitu silinder DiASil, silinder pertama di dunia yang keseluruhan bagiannya terbuat dari aluminium. Paduan abrasi DiASil dengan ketahanan aluminium berhasil membuang panas tiga kali lebih besar daripada baja. Ketika mesin tidak didinginkan oleh angin—ketika motor berada di dataran tinggi atau terjebak kemacetan, hanya akan ada sedikit daya yang terbuang karena meningkatnya suhu mesin.

Hingga saat ini, Yamaha belum mengumumkan kecepatan mesin Moegi. Namun, tenaga kuda 10—15 sudah cukup untuk menjalankan motor ringan ini hingga 50 mil per jam. Salah seorang teknisi Yamaha menyatakan bahwa Moegi dapat mencapai 188 mil per galon, yang membuatnya dapat mengirit bahan bakar empat kali lebih banyak dibandingkan motor sejenis.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES