in: News | March 6, 2012 | by: Deliusno

Android Market Naikkan Ukuran Maksimum Sebuah File Menjadi 4GB

Google memang membatasi ukuran maksimum sebuah aplikasi yang ada di Android Market sebesar 50MB saja. Namun, berdasarkan masukan dari beberapa developer Android yang ada, Google akhirnya mengubah batasan besaran ukuran maksimum yang telah mereka tetapkan tersebut. Kini, Google memperluas batasan maksimum sebuah aplikasi menjadi 4GB!

File APK aplikasi Android sebenarnya tetap akan dibatasi di ukuran 50MB. Namun, kini para developer dapat meng-attach dua buah expansion file, masing-masing berukuran 2GB. Untuk sebagian perangkat, semua file expansion tersebut akan didownload secara otomatis. Android Market akan menjadi host dari aplikasi tersebut, mengizinkan para developer untuk menghemat biaya penyimpanan file.

Pengguna Android juga akan dapat melihat besaran total dari aplikasi yang ingin didownload sebelum di-instal atau dibeli.

Apa yang membuat Google membatasi besaran maksimum aplikasi Android? Menurut Google, semakin kecil sebuah file, maka akan semakin besar minat pengguna untuk medownload aplikasi tersebut. Setiap megabyte yang ditambahkan akan mempersulit atau memberatkan pengguna.

Mengapa Google akhirnya menambah besaran maksimum aplikasi Android? Beberapa tipe aplikasi, seperti game dengan kualitas gambar 3D yang baik, biasanya membutuhkan kapasitas file yang besar. Keputusan menambah besaran maksimum aplikasi Android ini diambil untuk mengakomodir kebutuhan para developer tersebut.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES