in: Motherboard | March 18, 2012 | by: Bhisma Sidarto

Gigabyte X79-UD3: Solusi 4 VGA Ekonomis untuk Sandy Bridge E

The Board

  Secara penampilan, motherboard ini masih mengikuti formula yang dianut seri sebelumnya yang menggunakan chipset P67/Z68. Seluruh motherboard mulai dari PCB sampai dengan header disapu dengan sentuhan warna hitam. Pilihan warna ini khusus disediakan bagi seri motherboard Ultra Durable (UD) dari Gigabyte. Dengan color scheme ini kesan tangguh menguatkan image yang coba ditekankan Gigabyte pada kelas Ultra Durable.   Secara layout, motherboard ini terlihat tidak terlalu padat. Hal ini wajar mengingat board ini merupakan seri entry leveldari kelas Ultra Durable (UD). Walau begitu bukan berarti motherboard ini bisa dipandang sebelah mata. Jika diperhatikan secara dasar layout tidak berbeda dengan motherboard-motherboard kelas di atasnya. Secara kasat mata perbedaan yang mencolok jika dibandingkan dengan seri motherboard di atasnya adalah jumlah slot memory yang hanya empat buah. Walau begitu empat slot memory ini masih mampu menampung maksimal 32 GB, sebuah jumlah yang tak kecil.

Backpanel

  Port yang disediakan:

  • 1x PS/2 Keyboard/mouse combo port
  • 8x USB 2.0/1.1 Ports
  • 2x USB 3.0/2.0 Ports
  • 2x eSATA Ports
  • 1x RJ-45 Port (LAN)
  • 6x audio jacks
  • 1x Optical S/PDIF Port
  • 1 x Coaxial SPDIF Port

Pilihan port yang menyertai motherboard ini cukup untuk memuaskan kebutuhan rata-rata pengguna. Dengan disediakannya delapan buah port USB 2.0, kebutuhan koneksi peripheral Anda pasti akan terpenuhi. Ditambahkan dua buah eSATA yang dapat Anda gunakan untuk menghubungkan hard drive eksternal untuk keperluan storagetambahan.

PCI Express/PCI Slot

  PCI Slot yang disediakan:

  • 4x Slot PCI-Express X16
  • 2x Slot PCI-Express X1
  • 1x Slot PCI

Semua slot PCI Express telah menggunakan standard PCI Express 3.0 atau lebih dikenal dengan nama PCI Express Gen3. Slot ekspansi yang disediakan motherboard ini memungkinkan untuk menggunakan konfigurasi multi graphics card hingga empat buah. Menariknya Gigabyte memberikan fitur 4-way GPU pada sebuah motherboard entry level, biasanya fitur ini hanya tersedia pada motherboard-motherboard kelas mainstream dan premium. Sedikit catatan, board ini tidak memiliki konektor power tambahan untuk slot PCI-Express. Ini memang bukan keharusan tetapi ketika menggunakan fitur multi graphics card dengan tiga atau empat card lebih aman jika tersedia konektor power tambahan tersebut.

SATA

Motherboard ini menyediakan empat pasang port SATA di dalamnya. PCH X79 menyediakan dua buah koneksi SATAIII (putih), empat buah lainnya merupakan koneksi SATAII (hitam). Gigabyte menambahkan sepasang lagi koneksi SATAIII (abu-abu) dengan menggunakan chipset tambahan Marvell 88SE9172. Gigabyte juga menambahkan sepasang konektor SATAIII yang juga menggunakan chipset dari Marvell. Konektor SATA ini ditempatkan di jajaran header. Ini akan memudahkan pengaturan kabel terutama bagi casing yang menyediakan hard drive bay di bagian bawah.

Header

Header pada board ini diletakkan di bagian bawah motherboard. Header yang disediakan cukup untuk memenuhi kebutuhan I/O tambahan yang tidak terpenuhi di backpanel. Sedikit catatan, penempatan konektor front audio bagi casing yang diposisikan di sisi bawah paling jauh dari bagian depan casing. Ini dapat menyusahkan pemasangan konektor front audio bagi casing yang tidak menyediakan kabel yang cukup panjang untuk konektor tersebut Board ini juga menyediakan sebuah header tambahan untuk USB 3.0. Header ini diposisikan di dekat slot memory dan konektor daya utama. Posisi ini memudahkan cable management bagi mereka yang casing nya telah menyediakan koneksi USB 3.0 di bagian depan.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES