LOGO

Gigabyte X79-UD3: Solusi 4 VGA Ekonomis untuk Sandy Bridge E

Part: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Komponen

Area socket terlihat dikelilingi oleh berbagai komponen yang essensial terhadap kinerja prosesor. Mulai dari barisan choke dan VRM yang tersembunyi di balik pendinginnya hingga kedua sisi socket yang dikelilingi oleh sepasang slot memory.

 

Jajaran solid capasitor, choke dan VRM (yang tersembunyi di balik pendingin) menempati posisi di sebelah atas socket.

Ruang "lowong" yang berada di antara slot memory dan backpanel digunakan Gigabyte untuk menempatkan berbagai macam komponen penting. Karena hanya menyediakan empat slot memory maka lebar board ini sedikit lebih kecil dari board Gigabyte lainnya. Ini membuat board ini dapat dihargai lebih murah dari kelas lainnya.

Seri Ultra Durable dari Gigabyte selalu menggunakan komponen yang berkualitas sehingga memiliki daya tahan yang lebih lama

Cooling Solution

  Solusi pendinginan dari motherboard ini diserahkan kepada pendingin pasif. Chipset dan VRM masing-masing didinginkan oleh heatsink pasif. Pemilihan sistem pendinginan yang pasif pada kedua komponen tersebut dirasa cukup untuk menjamin keduanya bekerja dalam kondisi optimal. Pilihan ini juga tentunya berkaitan dengan biaya, dengan pendingin maka harga motherboard ini bisa lebih murah.

Pendingin chipset pada board ini memiliki penampang yang cukup lebar. Ini dilakukan agar permukaan yang dapat didinginkan lebih banyak sehingga mendapatkan solusi pendingin yang optimal.

Heatsink yang digunakan untuk mendinginkan VRM board ini memiliki desain yang cukup menarik. Karena ruang yang cukup terbatas maka untuk mendapatkan permukaan yang optimal, pendingin yang digunakan dirancang sedikit lebih tinggi dari pendingin VRM biasanya. Secara keseluruhan merupakan solusi menarik untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Chipset dan Kontroller

Dual BIOS adalah salah satu fitur yang pasti hadir pada motherboard Gigabyte.

Kehadiran sebuah chip ICS ClockGen adalah keharusan pada motherboard dengan chipset enthusiast.

Chip ClockGen kedua juga hadir pada motherboard ini.

Chipset Fresco FL1009 dipercaya untuk menangani koneksi USB 3.0 yang hadir dibackplate

Header USB 3.0 dipercayakan kepada chip Fresco FL1009.

Koneksi networking motherboard ini menggunakan chipset dari Intel. Chip ini mampu menyediakan koneksi dengan kecepatan 10/100/1000 Mbit .

I/O Controller untuk motherboard ini menggunakan iTE IT8728. Salah satu controller terbaik di kelasnya.

Koneksi eSATA board ini menggunakan chipset Marvell dengan tipe 88SE9172

Tambahan konektor SATA atau yang diberi nama oleh Gigabyte sebagai GSATA juga menggunakan Marvell 88SE9172 sebagai kontroller nya.

Koneksi GSATA2 juga menggunakan chipset yang sama yaitu Marvell 88SE9172

Anda pasti sudah familiar dengan chipset sound yang digunakan oleh motherboard ini. Realtek ALC898 merupakan chip yang sering sekali ditemui di motherboard-motherboard masa kini.

Part: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Random Articles
Back to Top